Daun Sirsak

15 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan

Suaramedannews.com – Sirsak adalah salah satu buah yang kerap diolah menjadi minuman segar. Rasanya yang asam, buah sirsak dapat diolah menjadi minuman yang dapat membantu memberikan kesegaran dan menghilangkan dahaga. Perlu Anda ketahui bahwa ternyata tidak hanya daging buah sirsak saja yang bisa dikonsumsi, tetapi manfaat daun sirsak juga tidak boleh dianggap sepele, berikut manfaat daun Sirsak.

1. Mengobati diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh masyarakat Indonesia. Penyakit ini disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi gula terlalu berlebih sehingga menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat.

Diabetes menjadi salah satu penyakit yang berbahaya. Pasalnya, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menderita diabetes sebaiknya harus segera disembuhkan.

Bisa juga dengan acara alternatif yakni mengonsumsi ramuan herbal. Anda bisa mencoba mengonsumsi air rebusan daun sirsak yang dipercaya mampu menstabilkan gula darah. Khasiat daun sirsak untuk kesehatan berkat kandungan antioksidan yang tinggi seperti polifenol, saponin, dan bioflavonoid.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika sistem kekebalan tubuh Anda menurun, maka kemungkinan besar Anda akan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, Anda diharuskan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi tinggi agar bisa terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

Manfaat daun sirsak diyakini memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Anda hanya perlu merebus 4 hingga 5 lembar daun sirsak, lalu meminum air rebusan tersebut secara rutin.

3. Menyembuhkan asam urat

Manfaat rebusan daun sirsak mampu menyembuhkan asam urat. Hal ini dikarenakan kandungan acetogenin, asam gentisic, caclourin, annocatalin, dan asam linoleat yang terdapat di dalam daun sirsak ternyata tidak hanya bisa menyembuhkan kanker, melainkan juga dapat menyembuhkan asam urat.

Caranya, Anda hanya perlu merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air. Rebus hingga air tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air rebusan tersebut sampai habis.

4. Mencegah penuaan dini

Bagi Anda yang mulai khawatir akan penuaan sel-sel tubuh, manfaat daun sirsak yang satu ini akan menolong Anda “menunda” penuaan. Kandungan antioksidan memainkan peranan penting untuk mencegah penuaan dini.

Antioksida melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi sebab penuaan dini sehingga tubuh tetap awet muda.

5. Membuang racun dari dalam tubuh

Tidak perlu repot membeli produk anti-toksik karena salah satu khasiat daun sirsak adalah membuang racun dari dalam tubuh manusia. Mengonsumsi air rebusan daun sirsak secara teratur dapat dijadikan terapi toksik.

6. Manfaat daun sirsak sebagai anti kanker

Menurut beberapa penelitian, kanker dapat disembuhkan dengan campuran daun sirsak dan buahnya. Hal ini dikarenakan efek zat penyembuhan kanker akan bekerja lebih efektif dengan adanya daun sirsak.

7. Mengobati eksim dan rematik

Penyakit rematik biasanya terjadi pada orang tua, menyebabkan rasa sakit yang hebat. Sebagai solusianya, manfaat daun sirsak dapat mengobati nyeri radang sendi. Anda cukup menumbuk daun sirsak sampai menjadi halus dan oleskan pada area tubuh yang mengalami rasa sakit akibat radang sendi dan eksim. Lakukan cara ini secara teratur dua kali sehari.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Kandungan nutrisi dari daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi dalam tubuh.

Rebuslah 4 atau 5 daun sirsak dalam 4 gelas air sampai tersisa satu gelas air. Saringlah setelah didinginkan, dan minum ramuan ini sekali sehari untuk mendapatkan manfaatnya.

9. Mengobati eksim

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan dapat mengobati Eksim secara alami. Anda bisa menumbuk beberapa daun sirsak dan mengoleskannya pada bagian tubuh yang mengalami dua kali sehari secara teratur. Selain mengobati, cara ini juga akan membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh eksim.

10. Mengobati bisul

Bisul adalah kelainan kulit yang ditandai dengan rasa sakit luar biasa dan bahkan memiliki risiko terkena infeksi. Bisul dapat terjadi pada tubuh atau wajah, sehingga dapat mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Khasiat daun sirsak untuk kesehatan dapat menyembuhkan bisul. Anda bisa memetik beberapa daun sirsak muda dan menempelkannya pada bisul.

11. Melindungi kesehatan jantung

Kadar kalium tinggi dan senyawa aktif dalam teh daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah dalam jumlah yang signifikan. Untuk penderita Hipertensi, ini adalah cara terbaik untuk menurunkan tekanan pada jantung dan mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

12. Bantu menyehatkan pencernaan

Keseimbangan vitamin dan mineral yang baik, serta senyawa anti-inflamasi, dapat membantu sistem pencernaan dan mencegah sembelit, gangguan pencernaan, kram, kembung, dan diare.

Kandungan kalsium dalam daun sirsak juga membantu tubuh menyerap zat besi lebih efektif, sementara efek antimikroba dari teh daun sirsak dapat membantu menyeimbangkan lingkungan mikroflora usus.

Namun, mengonsumsi teh ini secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan perut dan masalah pencernaan lainnya.

13. Meningkatkan sistem peredaran darah

Berkat tingginya kandungan kadar zat besi, manfaat daun sirsak untuk kesehatan dapat membantu merangsang sistem peredaran darah dan meningkatkan energi ke seluruh tubuh.

Zat besi adalah komponen kunci sel darah merah, yang membawa energi ke sistem dan jaringan organ, mempercepat perbaikan dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme.

14. Menurunkan berat badan

Teh daun sirsak yang kuat ini mengandung sejumlah vitamin B, banyak di antaranya terlibat dalam mengoptimalkan metabolisme. Hal ini dapat menyebabkan pembakaran lemak pasif lebih tinggi dan memberi tubuh lebih banyak energi, yang mengarah pada keberhasilan yang lebih besar dalam upaya penurunan berat badan.

15. Manfaat lainnya

Selain khasiat daun sirsak untuk kesehatan yang disebutkan di atas, daun sirsak sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor.

Sifat penyembuhannya membuat daun sirsak mampu digunakan sebagai obat anti-kejang. Obat alami ini juga mampu mengurangi demam, menurunkan tekanan darah tinggi, membantu mengobati peradangan, kaki bengkak, membantu pencernaan, meningkatkan nafsu makan.

Mengonsumsi daun sirsak secara teratur membantu meningkatkan stamina dan membantu pemulihan yang cepat dari penyakit. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close