Ilustrasi minum air putih

8 Manfaat Minum Air Putih Di Pagi Hari

SUARAMEDANNEWS.com –  Untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima minumlah segelas air putih hangat jika perut masih kosong, bukan air dingin atau es di pagi hari. ini saran dari Stella Metsovas, clinical nutritionist and media health expert in Food and Nutrition Sciences.

Untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan gerakan usus, minumlah air hangat. Berikut 7 manfaat yang akan dialami tubuh saat minum air hangat di pagi hari seperti yang dilansir dari lifehack.org, Sabtu (29/10/2016).

 

1. Mencegah penuaan dini

Tak seorang pun ingin melalui penuaan dini, namun, kehadiran racun dalam tubuh kenyataannya dapat membuat proses penuaan lebih cepat. Ketika tubuh kita menumpuk racun, tubuh pun jadi rentan penyakit dan penuaan.

Air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, asupan air hangat dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi dan membantu meningkatan elastisitas kulit Anda.

 

2. Mengurangi rasa sakit

Air putih hangat dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dari kram saat menstruasi. Air hangat dapat melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu untuk mengendurkan otot-otot dalam tubuh.

 

3. Membantu menurunkan berat badan

Air hangat akan meningkatkan suhu tubuh Anda, dan dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan aktivitas metabolik memberikan tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Jika Anda memulai hari Anda dengan minum segelas air hangat dengan lemon, Anda akan membantu tubuh Anda memecah jaringan adiposa (atau lemak tubuh) dalam tubuh Anda. Air hangat dengan campuran lemon juga dapat mengontrol keinginan untuk menyantap makanan secara berlebihan karena lemon dapat mengandung serat pektin.

 

4. Memperbaiki pencernaan

Jika Anda minum segelas air hangat di pagi hari Anda akan merangsang sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Minum air dingin setelah makan dapat menjadi kontraproduktif. Air dingin akan membekukan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja Anda makan. Hal ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan lebih sulit. Anda lebih baik mengganti segelas air dingin dengan yang hangat.

 

5. Meningkatkan sirkulasi darah

Endapan terakumulasi dalam sistem saraf dan endapan lemak dalam tubuh dapat dieliminasi dengan asupan air hangat. Proses ini membantu membersihkan racun yang ada di seluruh tubuh, dan membantu sirkulasi darah.

 

6. Membantu menghilangkan sembelit

Banyak dari Anda jengkel dengan permasalahan sembelit. Masalah yang satu ini umum terjadi ketika seseorang memiliki sedikit atau tidak memiliki gerakan usus. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan air dalam tubuh.

Jika Anda memulai pagi Anda dengan minum air putih hangat sebelum Anda makan apa-apa, hal ini dapat membantu meningkatkan gerakan usus Anda, dan meredakan konstipasi.

 

7. Tidur Nyenyak

Ketika Anda minum air hangat saat makan, terutama selama makan malam dan sebelum Anda pergi tidur, hal ini dapat membantu tubuh dan syaraf Anda terasa rileks dan menenangkan saraf Anda.

 

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air putih saat perut kong membantu dalam menggelontorkan dan menyeimbangkan sistem limpatik, yang meningkatkan kadar imunitas, mencegah dari serangan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *