Aksi Aliansi Mahasiswa Sumut

Aliansi Mahasiswa Sumut, Stop Kriminalisasi Gerakan Mahasiswa

Terkait DO Mahasiswa UMSU dan Skorsing Mahasiswa FIS UNIMED

SUARAMEDANNEWS.com, Medan -Seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Sumatera Utara, melakukan aksi unjukrasa di Jalan Dr Mansyur dan Setia Budi Medan Medan, Rabu (27/3/2016), Akibatnya, jalan Setia Budi Medan mengalami macet.

Aksi Aliansi Mahasiswa Sumut

Hak Demokrasi mahasiswa kembali di kekang, dengan tindakan pihak Rektorat UMSU yang mengeluarkan dan memberhentikan mahasiswa terkait aksi di dalam lingkungan kampusnya. “Tindakan DO yang dikeluarkan pihak Rektorat UMSU ini tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun, karena aksi massa merupakan tindakan legal yang dijamin oleh Negara melalui banyak instrumen perundang-undangan, UUD  1945 Pasal 28 dan UU No.9 Tahun 1998, ucap orator aksi.

 

Aliansi Mahasiwa Sumatera Utara yang melakukan aksi ini menyampaikan pernyataan, cabut putusan Rektor UMSU tentang DO 24 Mahasiswa UMSU, cabut putusan Dekan FIS UNIMED tentang skorsing Mahasiswa, buka ruang demokrasi, berpendapat, berekpresi, dan mimbar akademis seluas luasnya bagi mahasiswa, tolak komesialisasi dan liberalisasi dunia pendidikan, wujudkan pendidikan gratis, ilmiah, objektif, dan bervisi kerakyatan, cabut undang undang Dikti serta hentikan segala bentuk komersialisasi pendidikan lainnya sebagai dalang utama berbagai permasalahan kampus, Ucap Boy Sitanggang.

 

Mahasiwa melakukan aksi ini agar pihak Rektorat UMSU, Dekanat FIS Unimed dan Kampus lainnya membatalkan Pemberhentian, Skorsing dan pengekangan demokrasi mahasiswa baik didalam dan diluar lingkungan kampus. Dalam aksinya, para mahasiswa ini membawa spanduk “Hentikan Pembungkaman Hak Demokrasi Mahasiswa Di Sumut”.

 

Menurut mahasiswa, Pembungkaman hak demokrasi masiswa sangat berdampak terhadap tujuan mahasiswa sebagai agen perubahan dan kontrol sosial baik di kampus maupun diluar kampus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close