Tasbih-Asmaulhusna

Berzikir Dan Manfaatnya Bagi Manusia

SUARAMEDANNEWS.com – Zikir adalah suatu ucapan dan amalan yang di miliki oleh agama Islam dan dilaksankan oleh penganutnya. zikir berbeda dengan doa-doa lainnya, dzikir menfokuskan ucapan dan amalan yang menuju kepada Allah. Zikir ini sendiri mempunyai tujuan untuk mengingat Tuhan. Di dalam ayat Al Quran sendiri terdapat banyak sekali ayat yang menyuruh umatnya untuk mengingat selalu Asmanya termasuk ayat 9 surat Al Munafiqun.

Mengingat Allah dalam Islam sangat di anjurkan oleh para guru muslim dan zikir tersebut adalah bentuk nyata dan akan mengingat Allah dan jika melakukan zikir mendapat ridha akherat dan duniawi dari Allah. Jika muslim lalai dan lupa akan berzikir, Allah tidak mengatakan hal tersebut dosa namun mereka itulah yang merugi.

Pengamalan Zikir itu sendiri tidak terbatas dari bacaan doa dan amalan berbahasa apa saja, namun harus lebih masuk ke dalam lagi pada relung perasaan zikir. manusia tempat khilaf, lupa dan banyak mengalami permasalahan, dalam pikiran dan perasaan, untuk itu jangan dikosong dengan zikir dan kebesaran Allah. Dengan demikian manusia dapat merasakan kehadirannya. Kesimpulannya adalah zikir harus di lakukan secara ikhlas dan jujur dari dalam hati untuk Allah. Manfaat zikir ayat ayat Allah tentu memiliki segudang manfaat bagi kita, apa saja ?

Seperti yang sudah di ketahui dzikir mempunyai manfaat secara tidak langsung maupun langsung. Berikut adalah berbagai manfaat yang didapatkan setelah berdzikir”.

  1. Menenangkan hati dan pikiran

Membuat hati dan pikiran kosong dan memfokuskan Kepada Allah tentu akan melegakan kinerja otak walaupun sebentar, cukup untuk membuat otak dan perasaan.

  1. Kemenangan dan kekuatan

Dengan mengingat nama Allah dan meminta pertolongannya secara tidak sadar kemampuan seseorang menjadi naik mungkin hal yang tidak mungkin terjadi namun seperti pepatah Islam berkata apa yang terjadi maka terjadilah hal tersebut secara logika tidak mungkin terjadi tapi bila Allah berkehendak maka terjadilah. Hal ini sering di lakukan oleh Ali Bin api Thalib sahabat Rasulullah SWT selalu berdzikir sebelum perang walaupun tentaranya sedikit dan tidak cukup kuat namun seperti Anda tahu Kerjaan Islam sendiri dahulunya sampai ke tanah Eropa.

  1. Menjauhkan dari siksa api neraka

Dengan berdzikir membuat manusia selalu  ingat akan Allah. Kemudian tentu manusia akan mengingat apa yang menjadi larangan-larangan Allah maka hal tersebut harus di jauhi. Menjadi watak bagi para manusia yang lebih mengingat Allah saat  dalam kondisi susah dan lupa jika kondisi senang. Hal ini menjadi ujian tersendiri bagi tiap diri masing-masing para muslim agar dapat selalu ingat Asmanya dan Karanganyar agar tidak terjerumus di siksa api neraka. Berdzikir ini juga dapat untuk mengakui dosa kepada Allah dan juga sebagai tempat minta maaf bagi Allah.

  1. Ketenangan Jiwa

Manusia biasanya terfokus akan hal duniawi dan terlalu melupakan kehidupan setelahnya. Manusia selalu terburu-buru dan menggebu-gebu akan hal duniawi. Dengan berdzikir akan membuat hal tersebut lama-lama hilang karena di Islam duniawi bukanlah satu-satunya hal yang harus di prioritaskan untuk di kejar. Pikiran dan jiwa tentu akan menjadi tidak akan menjadi serakah seperti tersebut.

Rasulallah SWt sendiri juga mengajarkan dzikir selalu untuk Allah kepada para umatnya karena dia tahu betul luar biasanya apa yang di dapatkan dari berdzikir. Berdzikir sendiri lebih cocoknya di lakukan saat menjelang magrib ke isya ataupun setelah isya. Kita tidak perlu menyangkal bahwa kehidupan dunia itu juga penting oleh maka itu kegiatan untuk akherat dan duniawi harus di lakukan secara seimbang. (Manfaat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close