BNN Gagalkan Penyelundupan Narkoba Jaringan Internasional Malaysia-Aceh, Paket Seperti Kemasan Teh

SUARAMEDANNEWS.com –Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan berbagai jenis narkoba yang melibatkan sindikat internasional Malaysia-Aceh.

Dari penangkapan yang dilakukan pada 18 Oktober 2016 di Medan, Sumatera Utara, BNN menyita 38.999 gram sabu, 98.690 butir ekstasi, dan 50.000 butir H5 (Happy Five).

Menurut Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso (Buwas), narkoba berbagai jenis itu rencananya akan diedarkan melalui jalur darat dari Aceh kepada pemesan di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Pekanbaru, Lampung, Banjarmasin, Palu, Surabaya, dan Jakarta. Namun petugas berhasil mengendus sepak terjang jaringan tersebut dan terus membuntuti pelaku.

“Narkotika itu sebelumnya dikirim dari Malaysia melalui jalur laut dengan menggunakan speedboat. Narkotika disamarkan dengan dibungkus seperti kemasan teh,” kata Komjen Pol Budi Waseso di Kantor BNN Jakarta, Jumat (28/10).

Kemudian, BNN berhasil menangkap dua tersangka, yakni IW (33 tahun) dan AM (54). Sementara satu tersangka lain, J, terpaksa dilumpuhkan dengan ditembak karena melakukan perlawanan dan dinilai membahayakan petugas. Tersangka J akhirnya tewas.

Para tersangka yang berhasil ditangkap terancam Pasal 114 ayat 2, 112 ayat 2 Jo Pasal 132 ayat 1, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal pidana mati. (Ril/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close