Buat Orang Tua : Beri Gadget Pada Anak Pakai Aturan

SUARAMEDANNEWS.com – Orang Tua selalu memberikan Handphone ataupun lebih kerennya sekarang ini gadget untuk membuat anaknya tenang dan tidak rewel.

Bukan berarti si anak tidak diperbolehkan menggunakan gadget. Hanya saja, peraturan dalam pemakaian gadget, seharusnya diberikan sejak pertama kali.

“Kalau sejak awal dikenalkan dengan kondisi tertentu, misalnya sudah ada aturan mengenai apa saja yang boleh diakses, permainan yang diunduh, dan pembatasan waktu memakainya, gadget akan berdampak baik untuk anak,” ujar Psikolog Anak, Retno Dewanti, dalam Kampanye ‘brightFuture’, di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016.

Retno mengatakan, memang menjadi tantangan terbesar bagi para orangtua di jaman sekarang untuk membatasi pemakaian gadget. Terlebih, kebanyakan orangtua juga cenderung menunjukkan pemakaian gadget yang terlalu lama di depan anak.

“Anak itu kan menyerap sesuatu dengan cara dilihat lalu ditiru. Nah, dengan mengurangi penggunaan gadget di depan anak, ia juga bisa menirunya,” jelas Retno yang bekerja di SAUH Psychological Service.

Oleh sebab itu, dengan mengajarkan pemakaian gadget secara positif, akan memberi manfaat yang besar pada anak. Terlebih, pemahaman akan gadget yang memberi dampak buruk, sudah harus dihapuskan.

“Bukan gadget-nya yang memberi dampak buruk, tapi sistemnya. Gadget itu barang netral. Dengan memberi pengaruh yang positif, maka dapat berfungsi positif, begitu juga sebaliknya mengenai hal yang negatif akibat gadget,” kata dia.

Sumber : (Viva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close