Citra Tubuh dan Bulan Ramadhan

SUARAMEDANNEWS.com, Syiah Kuala – Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci dan berkah dinantikan oleh seluruh umat islam dibelahan dunia ini, tahun masehi bertepatan pada tanggal 27 mei 2017. Pada bulan ramadhan ini banyak orang berbondong-bondong merayakan menyambut bulan suci ramadhan terlebih masyarakat aceh yang sangat antusias dikarenakan sebagian besar mayoritas muslim berpusat di Aceh dapat dilihat dari banyaknya pedagang-pedagang daging saat hari meugang, harga kebutuhan pokok yang mulai melonjak tinggi dipasaran tetapi mereka tetap membeli demi menyambut datangnya bulan ramadhan ini dan banyaknya jamaah sholat terawih dihari pertama bulan suci ramadhan disetiap mesjid-mesjid yang ada di Aceh .

Saat  bulan ramadhan banyak diantara mereka menahan rasa lapar dan haus, hawa nafsu dan pandangan dari hal-hal yang dapat membatalkan ibadah puasa. disamping mengharapkan pahala dari Allah SWT, sebagian mereka mengharapkan berat badan yang berkurang agar terlihat langsing dan ideal  saat idul fitri tiba, mereka percaya hal tersebut dapat meningkatkan rasa harga diri pada diri mereka saat tampil cantik dihadapan keluarga dan orang banyak saat  idul fitri. Dalam psikologi istilah body image lebih dikenal dengan isilah  citra tubuh . Menurut Davison & McCabe istilah body image mempunyai pengertian yaitu persepsi dan sikap seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Hal yang sama juga dinyatakan Papalia, Olds, dan Feldman yaitu body image sebagai suatu gambaran dan evaluasi mengenai penampilan dirinya sendiri. Terdapat dua pandangan citra tubuh pada diri individu yaitu pandangan positif dan pandangan negatif hal inilah yang berdampak pada aspek psikologis individu.

Banyak peneliti yang berpendapat bahwa faktor masyarakat dan budaya memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk, mengembangkan, dan mempertahankan masalah citra tubuh pada masyarakat. Teori sosiokultural menyebutkan bahwa masyarakatlah yang menentukan standar sosial mengenai apa yang cantik dan apa yang menarik. Seorang ahli juga berpendapat bahwa norma budaya memiliki peranan dalam mempengaruhi perkembangan tingkah laku dan sikap yang berhubungan dengan citra tubuh.

Teori ini menekankan pentingnya peran media dalam menyampaikan pesan-pesan yang berkaitan dengan harapan tentang fisik ideal. Media menyediakan informasi yang sangat banyak tentang cara memperoleh tubuh ideal, contohnya : melalui diet, olahraga dan pemakaian suplemen. Akibatnya, banyak individu yang keliru karena meyakini bahwa tubuh ideal yang ditampilkan tersebut mudah diperoleh dan hal itu mempengaruhi sikap mereka terhadap tubuhnya.

Menurut Keaton mengatakan body image memiliki dua komponen yaitu  Komponen persepsi, meliputi bagaimana individu menggambarkan kondisi fisiknya dengan mengukur tingkat keakuratan persepsi seseorang dalam mengestimasi ukuran tubuh . Bila ada gangguan pada komponen persepsi, maka gangguan body image yang dialami adalah distorsi body image. Apabila individu mengalami distorsi body image maka ia tidak mampu memperkirakan ukuran tubuhnya secara tepat.

Komponen sikap, yaitu berhubungan dengan kepuasan dan ketidakpuasan individu terhadap bagian-bagian tubuh tertentu. Bila ada gangguan pada komponen sikap, maka gangguan body image yang dialami adalah ketidakpuasan tubuh (body image dissatisfaction), ketidakpuasan body image dapat dilihat dari bagaimana individu menilai tubuhnya. Bila individu menilai penampilan tidak sesuai dengan standar pribadinya, maka ia akan menilai rendah tubuhnya. Ketidakpuasan individu terhadap tubuhnya dapat menyebabkan individu mempunyai harga diri yang rendah atau bahkan depresi, kecemasan sosial dan menarik diri dari situasi sosial Jadi ketidakpuasan akan bentuk tubuh muncul jika ada gangguan pada komponen sikap. Selain memperhatikan kebutuhan akan citra tubuh agar terlihat cantik saat saat idul fitri tiba, tetaplah saat bulan Ramadhan ini terus beribadah kepada allah SWT dengan mengharapkan Ridho-Nya .

 

Nisa Suyanto

Mahasiswi Psikologi Universitas Syiah Kuala

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *