Gedung DPRD Kota Medan

DPRD Medan Kecewa Ditundanya Pembahasan Propemperda

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Sejumlah anggota DPRD Kota Medan mengaku kecewa ditundanya Rapat Paripurna dengan agenda pembahasan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) dengan alasan Pemerintah Kota (Pemko) Medan belum menetapkan dan melantik sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) baru.

“Harusnya pembahasan Propemperda Kota Medan ini segera dikebut sehingga semuanya dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan,” ungkap Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Medan, Herri Zulkarnain Hutajulu, Senin (16/1).

Menurut Herri, Propemperda merupakan pedoman pengendali penyusunan peraturan daerah yang mengikat antara Pemerintah Daerah (Pemda) dan DPRD untuk membentuk Peraturan Daerah (Perda).

“Propemperda ini dapat membantu meminimalisir persoalan yang dinilai tumpang tindih, saling bertentangan antara Perda yang satu dan lainnya. Serta antara peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dan menciptakan efesiensi dalam pembentukan peraturan daerah,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, pembahasan dan penetapan Propemperda menurut Herri, memliki peranan yang sangat penting dalam penyelenggaraan Pemerintahan di daerah.

Hal senada juga disampaikan anggota Fraksi PKS DPRD Medan, Rajuddin Sagala yang menyesalkan tertundanya rapat paripurna Propemperda yang semula dijadwalkan pada Senin (16/1).

“Propemperda harusnya segera dibahas, ini malah ditunda segala. Kalau sudah seperti ini, jelas semua program dan kegiatan sudah pasti stagnan,” tegasnya.

Menurut Rajudin, sejatinya Perda merupakan jenis peraturan perundang-undangan tingkat daerah yang memiliki peran sebagai tugas pembantuan dalam melaksanakan otonomi daerah.

“Perda itu adalah amanat UUD 1945 di dalam Pasal 18 ayat (6), serta sebagai penjabaran lebih lanjut dari peraturan perundang-undangan lebih tinggi yang dibentuk dengan memperhatikan kondisi daerah. Perda juga bertujuan mensejahterakan serta memberi perlindungan hukum bagi masyarakat di daerah,” pungkasnya. (FAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close