Duta Lingkungan Hidup Kota Medan bersama YBHI Menanam Untuk Kotaku

suaramedannews.com – Medan – Dalam rangka meriahnya HUT RI ke 72 Yayasan Budaya Hiijau Indonesia (YBHI) dan Duta Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan lakukan penanam pohon di bantaran sungai Deli  yang membelah kota Medan(20/Agust/2017). Ketua YHBI  Bung  Bathara Surya Yusuf dan Bung Abdul Latif (Abdi) selaku ketua DLH saat ditemui tim suaramedannews.com di lokasi kegiatan menjelaskan beliau  Bersama dengan masyarakat Kota medan penuh semangat dan antusias  melibatkan 24 komunitas  anak muda pecinta lingkungan diseluruh Sumatera Utara berpartisipasi dalam kegiatan ini sekaligus memperkenalkan bagaimana sebenarnya Sungai Deli itu, dan  keprihatinan kita terhadap kondisi sungai Deli. Lokasi yang menjadi tempat penanaman pohon adalah Bantaran sungai Deli tepatnya di  kawasan Go River, Taman edukasi Avros  Jl. Avros Kecamatan Medan Maimun.  “Yang menjadi keprihatinan kita adalah daerah sempadan sungai 12 sampai dengan  15 meter yang menjadi hak sungai digarap oleh orang-orang atau pengusaha-pengusaha,  mereka membeton sampai ke bibir sungai membuat kita merasa prihatin sementara sempadan adalah hak-hak sungai  Deli yang dulu pernang menjadi legenda putri  hijau” ungkap bung bathara . Penanaman pohon dilakukan para relawan dengan menggunakan tumbuhan jenis  nyamplung dan ketapang yang akan membuat air sungai Deli lebih bersih.

Salah satu dari rangkaian kegiatan lanjutan yang sudah dilakukan di Kota Medan. Aksi menanam pohon dengan tema “Menanam Untuk Kotaku”  dalam rangka memperbanyak ruang terbuka hijau di Kota Medan, tim relawan dari 24 komunitas dan adik-adik pramuka kota Medan  mencapai  seribu  relawan  turun ke bantaran sungai melakukan penanaman 1000 pohon terdiri dari pohon ketapang,  trembisei dan pohon-pohon keras lainnya. Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan kak H. Muhammad Husni, SE. M.Si turut hadir sekaligus

H. Muhammad Husni, SE. M.Si selaku Ka Kwarcab Kota Medan Menyerahkan Bibit Pohon Kepada Tim Relawan DLH dan YHBI

menyerahkan secara simbolis bibit pohon kepada Tim relawan sebagai bagian dari support dan rasa kebersamaannya dalam membangun alam kota medan yang indah dan asri.  Lebih lanjut bung Abdi menjelaskan bahwa DLH punya harapan  agar pohon-pohon yang ditanam dapat sama-sama dijaga oleh masyarakat kota Medan terutama masyarakat yang berada di kawasan avros sehinga kelak anak cucu kita sama-sama menikmati keindahan dan kesegaran alam kota Medan. DLH  melakukan pergerakan terus menerus di kawasan lain Kota medan secara bertahap dan merata.

Komunitas dan tim relawan yang berpartisivasi dalam kegiatan ini adalah adik-adik Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Medan, Ontel mesac, univ Panca Budi, Osis SMK/SMA Methodist  Tanjung Morawa, Detasemen POM I/BBTaman Baca Mendai Secanggang Kab Langkat, Komunitas Musafir, Phanter Mania Sumat

proses penanaman pohon

era Utara (PMSU), MAXI, PP Bikers  mitra POLRI, SMPN 38, Markas Medan Mania (M-Three), Medan Adalah Kita, Kampung Dongeng, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Prop Su, BPDAS Sei Ular, UNU SU, Komunitas Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup BIO PALAS USU, KORPA Deli Serdang, dan  Komunitas lainnya. ternyata selain penanaman pohon para relawan juga menampilkan kebolehan mereka  kreativitas masing-masing lewat Puisi tentang alam, kampung dongeng dengan khas dongengnya, atraksi ular dan  joget ria ala pramuka   (Sd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *