Ekonomi Islam Solusi dari Perekonomian Dunia

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Dema FEBI UIN SU sukses menggelar Shariah Economic Festival (SEF) Tahun 2017 di Aula UIN SU. Penutupan Kegiatan ini diadakan Seminar Nasional “Ekonomi Islam Solusi dari Perekonomian Dunia” Hadir Sebagai Narasumber 1 Dr.  Marliyah Suryadi (Ketua Jurusan Ekonomi Islam ), dan Narasumber 2 Sunarji Harahap,  MM. (Pengamat Ekonomi Syariah), (30/12/2017).

 

Adapun Narasumber 1 Dr. Marliyah Suryadi dalam materinya menyampaikan bahwa ekonomi islam bisa maju dengan adanya kesadaran kita untuk berubah ke prinsip ekonomi islam tersebut terhindar dari riba,  dimana  terdapat pada Perbankan Syariah terdapat beberapa prinsip keadilan,  mudharabah,  dll yang menjadi pilar ekonomi bagi ummat. Pada ekonomi islam terdapat zakat yang tentunya merupakan salah satu sarana dalam mengentaskan kemiskinan,  dan juga Waqaf juga tentunya menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari ekonomi islam yang saat ini bukan hanya dalam bentuk tanah,  tapi wakaf tunai, ujar Dr. Marliyah Suryadi.

 

Narasumber 2 Sunarji Harahap,  M.M. menyampaikan bahwa Ekonomi Islam ini menjadi Ekonomi yang menjadi barometer dunia,  hal ini dapat kita lihat ketahanan ekonomi syariah dalam menghadapi krisis ekonomi dunia pada tahun 1998, 2008 dan 2011. Hal ini dapat kita rasakan bagaimana guncangan krisis yang terjadi pada tahun 2008 dan 2011 Negara Amerika Serikat selaku Negara super power mengalami krisis yang tentunya juga berdampak pada perekonomian indonesia dan negara lainnya, banyak perbankan konvensional yang ada di Amerika mengalami kebangkrutan, bahkan 10 sampai 20 tahun lagi biar  normal kembali.

 

Ekonomi Islam yang pada umumnya masih diidentikkan dengan perbankan syariah tentunya menjadi perhatian besar bagi Masyarakat Muslim Indonesia untuk bersatu padu dan membumikan kebersamaaan dalam memajukan ekonomi syariah.

 

Ekonomi islam ini tentunya sudah membooming di negara lain selain Indonesia,  contoh di Denmark sudah Berdiri Islamic Economic Development. Indonesia perbankan syariah dapat kita lihat dimulai berdirinya Bank Muamalat pada 1 November 1991, dan Mulai Beroperasional 1 Mei 1992  menjadi langkah awal dan menjadi berdirinya bank syariah lainnya.  Dimana seiring dengan perkembangan perbankan saat ini, bank syarih terus mengalami kemajuan,  ada beberapa bank syariah yang yang mendapat award terbaik dari IAEI pada saat launching komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) diantaranya BSM,  BRI Syariah dan BNI Syariah dan juga dimana UIN SU  juga mendapat Award Sebagai Kampus Ekonomi Islam Terdepan Se Indonesia, yang diterima Rektor Prof.

 

Dr.  KH. Saidurrahman,  MA di Jakarta, ujar Sunarji Harahap, MM.  Sunarji Harahap Menambahkan bahwa Indonesia sebagai Negara yang mayoritas tentunya sudah seharusnya Indonesia menjadi Kiblat Ekonomi Islam, Indonesia Global Player Ekonomi Syariah menjadikan Spirit bagi kita semua untuk bersama Untuk membangkitkan Ekonomi Islam khususnya perbankan syariah, untuk segera menabung di Bank Syariah.. Jaya Terus Ekonomi Islam Untuk Ummat..,  ujar Sunarji Harahap, MM

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *