Gejala Seperti Ini, Tandanya Sering Ngorok Saat Tidur

SUARAMEDANNEWS.COM –  Mudah mengetahui bagi anda yang sering ngorok atau tidak saat tidur, bisa ditanyakan pada pasangan tidur. nah bagi anda yang masih lajang, bagaimana mengetahuinya ?

Jika ada yang ngorok lalu terbangun dari tidur, hal ini disebabkan oleh ‘arrousal trigger’ seperti gangguan pada saluran napas. Seringkali, ngorok disertai juga dengan henti napas atau sleep apnea yang membuat seseorang merasa tidak nyaman lalu terbangun untuk membetulkan posisi tidurnya.

Kebanyakan orang tidak menyadari jika dirinya ngorok saat tidur, Suara ngorok itu berisik, sehingga bisa mengganggu orang lain, tapi, jarang sekali orang yang ngorok itu terbangun akibat dengkurannya.

Nah bagaimana kita mengetahui bahwa kita, anda ngorok atau tidak ketika tidak saat tidur?

Sebenarnya terjadinya dengkuran atau ngorok saat tidur disebabkan pada saluran napas yang menyempit sehingga keluar masuknya udara tidak lancar. Sleep apnea adalah salah satu kondisi yang lebih mengkhawatirkan dan sering dialami orang-orang yang ngorok. Kondisi ini bisa diidentifikasi dari dampak buruk yang menyertainya.

Seseorang dengan sleep apnea akan mengalami rasa kantuk yang berlebih di siang hari. Saat bangun tidur akan terasa tidak bugar, bermasalah dengan ingatan maupun konsentrasi, dan bahkan bisa mengalami perubahan perilaku, dikutip dari WebMD.

Berkurangnya suplai oksigen akibat saluran napas yang tidak lancar juga berdampak pada sistem saraf. Keluhan sakit kepala pada pagi maupun malam hari sering ditemukan pada orang-orang dengan sleep apnea.

“Sekitar separuh orang dengan sleep apnea mengeluhkan sakit kepala,” demikian seperti dikutip dari WebMB, Minggu (14/5/2017).

Mulut kering ketika bangun tidur juga bisa dicurigai sebagai tanda-tanda seseorang ngorok sepanjang tidur. Ketika saluran napas tidak lancar, mulut cenderung akan terbuka untuk menangkap lebih banyak oksugen. Jika berlangsung semalaman maka mulut akan terasa kering.

(sumber : Detik/WebMB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *