Gubernur Sumut, Ir H Tengku Erry Nuradi MSi memberikan kata sambutan di Rakernis fungsi Binmas 2017 sejajaran Polda di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (5/4/2017).

Gubernur Sumut Tekankan Kamtibmas Tanggungjawab Bersama

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Ir H Tengku Erry Nuradi MSi menghadiri Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) 2017 Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sumut di Aula Tribrata Markas Polda (Mapolda) Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (5/4/2017). Kegiatan tersebut merupakan bagian agenda kerja dari sinergi Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah Sumut.

Pantauan di lapangan, kegiatan tersebut dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut Brigjen Pol Andi Ludiyanto, Kapusham Universitas Negeri Medan (Unimed) Majda El Muhtaj SH MH, Kakesbanglinmas Provinsi Sumut Suryadi Bahar SH MH, dan perwakilan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut Dr Pangeran Harahap MA serta seluruh Pejabat Utama dan seluruh personil Binmas jajaran Polda Sumut.

Gubernur Sumut dan rombongan tamu undangan disambut Kepala Polda (Kapolda) Sumut, Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi selaku tuan rumah acara tersebut.

Baca juga: Kapolda Sumut Perintahkan Bhabinkamtibmas Pakai Kearifan Lokal Selesaikan Masalah

Gubernur Sumut dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya acara yang penting tersebut. Dirinya menyadari bahwa untuk menjamin kelangsungan aktivitas masyarakat dan mendorong pembangunan nasional, maka stabilitas kamtibmas mutlak diwujudkan.

“Dalam memelihara kamtibmas, Polri merupakan garda terdepan. Dan sebagai aparat penegak hukum melaksanakan upaya upaya maupun tindakan yang diwujudkan dalam kegiatan operasi kepolisian baik yang sifatnya rutin maupun khusus,” ujarnya.

Gubernur Sumut menekankan bahwa kamtibmas merupakan tanggungjawab bersama Pemerintah Daerah (Pemda), Polri serta TNI dan seluruh lapisan masyarakat.

“Untuk itu, dalam mengemban tanggungjawab ini dibutuhkan komunikasi, koordinasi dan sinergitas sehingga situasi yang kondusif dapat terwujud,” jelasnya.

Gubernur Sumut juga menyebutkan kembali terkait poin pertama dari 9 Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara.

“Untuk itu dalam memelihara kamtibmas mempunyai tantangan yang besar terutama dalam era masyarakat demokrasi saat ini. Sehingga dibutuhkan komunikasi, kerjasama dan koordinasi yang terpadu. Pemprov Sumut tidak dapat berbuat banyak untuk menciptakan situasi yang kondusif tanpa peran serta Polri dalam hal ini Bhabinkamtibmas sebagai garda terdepan” terangnya.

Untuk itu Pemprov Sumut siap meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang sudah terbangun selama ini dan mendukung tugas dan peran Kepolisian khususnya Bhabinkamtibmas dalam memelihara kamtibmas di Sumut.

“Saya mengharapkan kepada seluruh personil selalu meningkatkan kemampuan dan soliditas, profesional, modern dan terpercaya.” pungkasnya.

Acara tersebut tampak berjalan lancar, usai pelaksanaan sinergitas 3 pilar dan pembukaan Rakernis, acara dilanjutkan dengan kegiatan Rakernis. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close