Pelaksanaan UM PTKIN 2017

Hari Ini, 113.779 Peserta Laksanakan UM PTKIN 2017

Peserta Didominasi Kaum Hawa

SUARAMEDANNEWS.com, JAKARTA – Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) digelar serentak hari ini di seluruh Indonesia. Berdasarkan data Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), total calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur ini mencapai 113.779 orang.

Kasi Penelitian Diktis, Anis Masykur mengatakan, dari seluruh jumlah peserta yang pendaftar UM PTKIN 2017, lebih didominasi kaum hawa (perempuan) yakni sebesar 68,9 persen.

“Data ini menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan yang signifikan akan kesadaran pendidikan di kalangan kaum perempuan (muslimah) di Indonesia. Hal ini tentu menjadi berbeda dengan seleksi jalur lain,” ujarnya di Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Menurut Nur Fitriyatin Yamin, aktivis jender sekaligus dosen pada UIN Sunan Ampel, gejala ini bisa juga menjadi variabel bagi orang tua bahwa keberadaan perguruan tinggi Islam dianggap lebih membawa keamanan tersendiri bagi putrinya.

Untuk menjadi mahasiswa pada PTKIN, ada tiga jalur pendaftaran. Pertama, jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) PTKIN. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai lebih dari 130 ribu pendaftar.

Kedua, jalur UM PTKIN. Jumlah pendaftar mencapai 113.779 calon mahasiswa. Dan ketiga, jalur mandiri. Jalur ini akan dibuka setelah proses UM PTKIN selesai. Dari data yang ada, diketahui bahwa alumni jenjang SLTA yang mendaftar UM PTKIN lebih didominasi lulusan SMU/SMK.

Data UM PTKIN menginformasikan bahwa hanya 27.097 pendaftar lulusan MA baik Negeri maupun Swasta. Sisanya dari SMU/SMK. PTKIN ini perlu kerja keras agar outputnya mempunyai kapasitas keagamaan yang diharapkan. (FAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *