Hari Pertama Ramadhan, Ada Fenomena Matahari Di Atas Ka’bah

SUARAMEDANNEWS.com, KAIRO – Institut Penelitian Astronomi Nasional dan Geofisika di Mesir, mengumumkan bahwa pada hari pertama bulan Ramadhan tahun 2017 ini, akan ditandai dengan hadirnya fenomena alam yang unik.

Fenomena tersebut yakni ketika matahari berada tegak lurus di atas Ka’bah sekira pukul 12:18 waktu setempat di Mekah, atau waktu sholat Zhuhur di kota suci tersebut.

Fenomena ini benar-benar unik, karena pada hari Sabtu (27/5/2017) sekira jam 12:18 waktu setempat, bayang-bayang Ka’bah akan hilang. Arah bayangan yang dihasilkan matahari pada titik manapun di dunia akan mengarah tepat ke kiblat.

Departemen yang bertugas untuk meneliti kegiatan matahari di lembaga tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan di akun Twitter resminya bahwa sudut elevasi matahari pada saat sholat Zhuhur akan mencapai 89,93 derajat di atas Ka’bah. Sudut ini jauhnya hanya 0,07 derajat dari sudut tegak lurus 90 derajat.

Fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun. Yang pertama akan berlangsung pada tanggal 27 Mei 2017 dan yang kedua pada tanggal 15 Juli 2017.

Namun, khusus untuk tahun ini akan bertepatan dengan sholat Zhuhur pertama di bulan Ramadhan, demikian lansir al Arabiya. (FAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *