HTI di Bubarkan Pemerintah

SUARAMEDANNEWS.com, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto memutus nasib organisasi kemasyarakatan (ormas) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Wiranto mengatakan, pemerintah membubarkan ormas ini setelah melalui berbagai pertimbangan.

Wiranto mendapatkan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo untuk menindaklanjuti ormas yang berlawanan dengan Pancasila dan Undang-undang 1945. Pengkajian mendalam dilakukan dengan memanggil Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Setelah mempelajari ribuan ormas yang terdaftar, Pemerintah pun memutuskan untuk membubarkan satu ormas yang dinilai tak sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945.

“Pemerintah mengambil langkah tegas dengan membubarkan HTI,” kata Wiranto saat konferensi pers di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, (Senin 8 /05/ 2017)

Pemerintah melihat HTI sebagai organisasi berbadan hukum tak melaksanakan peran positif dalam proses pembangunan untuk mencapai tujuan nasional. HTI dinilai terindikasi kuat bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, khususnya Undang-undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan.

Aktivitas HTI juga dinilai memicu benturan di masyarakat. Benturan ini ditakutkan akan membahayakan kehidupan bermasyarakat dan keutuhan NKRI di masa depan.

Wiranto meminta masyarakat tak salah paham dengan keputusan pembubaran ini. Menurut Wiranto, keputusan ini diambil demi menjaga keutuhan pancasila dan konstitusi negara.

“Keputusan ini diambil bukan berarti pemerintah anti ormas Islam. Tapi semata-mata untuk menjaga dan merawat keutuhan NKRI yang berdasarkan pancasila dan UUD 1945,” ucapnya.

Wiranto menegaskan, Pemerintah tak akan berhenti pada langkah pembubaran ormas. Proses peradilan pun akan ditempuh nantinya. “Pemerintah tidak sewenang-wenang, tetapi tetap bertumpu pada hukum yang berlaku di Indonesia,” tegas Wiranto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *