ISIS Mangkin Terdesak, Pasukan Irak dan Hashd Shaabi Merangsek Masuk ke Mosul

SUARAMEDANNEWS.com, Irak – Sejak Sabtu pagi, kendaraan lapis baja militer dan Hashd Shaabi menyerbu Kabupaten as-Salam setelah pertempuran sengit dengan kelompok Takfiri bersenjata berat. Sedikitnya 30 elemen ISIS tewas dan satu mobil penuh bahan peledak dihancurkan, kata Letnan Jenderal Abdul-Amir Yarallah dari Komando Operasi Gabungan, pada Minggu,(13/11/16.)

Pasukan keamanan Irak dan Hashd Shaabi terus memperluas wilayah di Mosul, setelah pertempuran sengit dengan kelompok Takfiri ISIS di beberapa kabupaten di timur kota tersebut. Pasukan dan Hashd Shaabi terus masuk ke dalam kota Mosul yang mendapat perlawanan sengit dari elemen-elemen ISIS yang menggunakan warga biasa sebagai tameng hidup.

Sejak Sabtu pagi, kendaraan lapis baja militer dan Hashd Shaabi menyerbu Kabupaten as-Salam setelah pertempuran sengit dengan kelompok Takfiri bersenjata berat. Sedikitnya 30 elemen ISIS tewas dan satu mobil penuh bahan peledak dihancurkan, kata Letnan Jenderal Abdul-Amir Yarallah dari Komando Operasi Gabungan, pada Ahad, 13/11/16.

Personel Komando Lembaga Kontra-Terorisme (CTS) merebut Kabupaten Arbajiyah setelah pertempurang sengit dengan elemen ISIS pada pagi hari, dan membersihkan Kabupaten Qadsiyah, yang berdekatan. Tentara dan Hashd Shaabi juga menyerbu Kabupaten Baker, yang berdekatan, sehari sebelumnya, menewaskan puluhan elemen ISIS, lanjut Yarallah tanpa memberi perincian lebih lanjut.

Pada awal November, ratusan personel komando CTS, Angkatan Darat Irak dan Hashd Shaabi membuat kemajuan besar dari tiga arah sisi timur Mosul di Tepi Sungai Tigris. Mereka merebut kembali beberapa dari 60 kabupaten di kedua sisi kota itu.

Mosul, sekitar 400 kilometer di sebelah utara Ibu Kota Irak, Baghdad, dikuasai kelompok Takfiri ISIS sejak Juni 2014, ketika pasukan Pemerintah Irak sengaja meletakkan senjata mereka sehingga ISIS dengan mudah menguasai beberapa Bagian Irak Barat dan Utara.

Sumber : Islam Times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *