Jabbar Ali Panggabean : PRESTASI UNTUK INSPIRASI

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Pendidikan dan prestasi merupakan dua modal awal seseorang dalam mencapai cita-cita. Ilmu yang didapat dalam pendidikan memiliki tanggung jawab sosial tersendiri bagi seorang Jabbar Ali Panggabean. Pria yang kerap disapa Jabbar ini merupakan penyandang gelar Mahasiswa Berprestasi Utama di Universitas Sumatera Utara dan merupakan ‘TOP 10” Mahasiswa Berprestasi Nasional dan satu-satunya yang berasal dari luar Pulau Jawa.

Jabbar Ali Panggabean adalah seorang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Fasilkom – TI) Universitas Sumatera Utara stambuk 2012. Mawapres merupakan salah satu dari prestasi kebanggaannya. Namun, ternyata Jabbar juga memiliki segudang prestasi lainnya yang mendukung title-nya sebagai Juara 1 Mawapres USU 2016. Prestasi-prestasi yang diraihnya merupakan hasil kerja kerasnya selama menduduki bangku perkuliahan.

Salah satu prestasi internasionalnya adalah Gelar Microsoft Technology Associate Microsoft Corporation, USA pada tahun 2016 silam. Microsoft Technology Associate merupakan sertifikasi Microsoft level dasar baru yang memvalidasi pengetahuan teknologi mendasar antara siswa yang ingin membangun karir di bidang teknologi. Artinya, jika Jabbar ingin bekerja di bidang IT dan memiliki sertifikasi tersebut, dirinya akan dipertimbangkan lebih jauh. Gelar ini sangat penting untuk mahasiswa IT dan tidak mudah untuk mendapatkannya. Jabbar mengikuti serangkaian ujian praktik dan ujian tertulis hingga akhirnya ia berhasil mendapatkan gelar MTA.

Prestasi nasional yang diraih salah satunya adalah Best Prototype Karya Inovasi Nasional UCC UNEJ, Universitas Negeri Jember tahun 2016. Jabbar mengirimkan karya inovasinya, kemudian terpilih menjadi finalis 10 besar Unej Creative Competition, dipresentasikan dan produk inovasinya dipamerkan di Universitas Negeri Jember. Mengetahui ia masuk sebagai finalis UCC, Jabbar sangat senang bercampur senang karena ia bisa membawa nama USU hingga ke nasional karena hasil pemikirannya.

Melihat prestasi-prestasi yang dimiliki Jabbar, tentu membuat banyak mahasiswa terinspirasi untuk mengikuti jejaknya. Namun, prestasi yang dimilikinya tentu tidak hanya menginspirasi mahasiswa USU, tetapi seluruh mahasiswa dari berbagai kampus yang mengenalnya, serta masyarakat di sekitar lingkungannya. Jabbar berharap bahwa suatu hari akan ada seseorang yang mengikuti langkahnya dan menjadi orang yang lebih hebat di masa depan. Karena di atas langit, masih ada langit, jangan pernah sombong terhadap prestasimu tetapi berbagi lah untuk orang-orang yang akan melanjutkannya.

Untuk saat ini Jabbar sering dipanggil sebagai pengisi acara dalam acara-acara talkshow inspiratif yang sering digelar di kampus-kampus di Sumatera Utara. Bukan untuk unjuk gigi, tetapi kembali kepada niat awalnya yang luar bisa yaitu untuk menginspirasi pemuda Indonesia untuk tetap terus berkarya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *