Polresta Medan Berubah Polrestabes, Polisi Diharapkan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Kepolisian Resort Kota (Polresta) Medan, merupaksan satu di antara 500 Polres lainnya di Indonesia yang dtingkatkan menjadi Polres Kota Besar (Polrestabes) atau Polres Metro. Peningkatan level dari Polresta ke Polrestabes ini sejak 23 September 2016 lalu.

Terkait perubahan tersebut, pengamat hukum, Teguh Syuhada Lubis mengingatkan, agar polisi harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya, Polresta Medan sudah naik menjadi Polrestabes. Selain itu, tindak kriminalitas juga harus berkurang. “Peningkatan status ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan. Sebab, Kota Medan ini penuh dengan kompleksitas masalah, baik tingkat kriminal jalanan dan lainnya. Jangan hanya perubahan status tapi tak dibarengi dengan memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat,” ujar Teguh.

Polisi sebagai pelindung dan penganyom masyarakat. Lebih jauh, Teguh berpesan, agar Kapolda Sumut Irjen Pol Raden Budi Winarso dapat menempatkan pejabat yang memahami Kota Medan. Dengan jabatan Kasat akan dirubah menjadi AKBP. Otomatis, ada perubahan yang selama ini dijabat oleh Kompol.

“Jangan sampai terkesan, perubahan status tak dibarengi dengan pejabat yang mengerti dan faham Kota Medan. Harusnya, di tempatkan pejabat yang paham dan mengerti Kota Medan, untuk para Kasat yang nantinya berpangkat AKBP. Sebab, masyarakat Kota Medan ini beragam,” ujar dosen Fakultas Hukum UMSU ini.

Teguh juga menilai, peningkatan level ke Polrestabes ini, harus dibarengi dengan penyesuai polsek-polsek. Artinya, masih ada 1 Polsek yang memegang dua kecamatan, belum menunjukkan kinerja yang maksimal. Masih banyak tunggakan kasus dan tidak sesuainya luas wilayah yang dipegang.

Misalnya, Polsek Percut Seituan yang memegang dua kecamatan, Medan Tembung dan Percut Seituan. Sementara, luas wilayah Kecamatan Percut Seituan itu diduga tak terjangkau hingga ke wilayah pesisir sana.Selain Polsek Percut Seituan, ada Polsek Sunggal. Kemudian Polsek Pancurbatu yang wilayah hukumnya hingga ke Sibolangit.

“Dengan ditingkatkan Polresta Medan ke Polrestabes Medan, perlu kiranya ada pembahasan dan perhatian serius untuk polsek yang memegang dua kecamatan. Apakah itu masih pantas digabung,” pungkas alumni Magister Hukum Pidana UMSU ini. (Sm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close