Jalin Silaturrahmi Ke Pengurus Pesantren, Kapolda Sumut Sambangi Pondok Pesantren Usman Syarif

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Usman Syarif, Jalan Sei Asahan/Karya Baru Nomor 7, Kelurahan Sei Sikambing B , Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Jumat (18/11) dalam rangka mengikat tali silahturahmi dengan Pengurus Pesantren.

Dalam kunjungannya ke Ponpes Usman Syarif ini, Kapolda Sumut turut didampingi para pejabat utama Polda Sumut diantaranya Kombes Pol Heri Subiansauri (Dir Pam Obvit), Kombes Pol Nur Fallah (Dir Krimum Polda Sumut), Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting (Kabid Humas Polda Sumut), serta Kombes Pol Zulfikar (Kasat Brimob Polda Sumut), serta Wadir Intelkam Polda Sumut.

Rombongan Kapolda Sumut yang tiba di komplek Yayasan Pesantren Usman Syarif, langsung disambut hangat para pimpinan dan pengurus Pesantren Usman Syarif yang berdiri sejak tahun 1992 oleh pendirinya Buya H Raja Usman Dalimunthe.

Dalam pertemuan tersebut Kapolda Sumut menyampaikan ucapan terimakasihnya atas sambutan hangat yang diberikan oleh Pengurus Pesantren. Kapolda Sumut mengaku merasa bangga terhadap pendidikan yang diajarkan dalam Ponpes.

“Melalui pendidikan di Pesantren, para santri selain diajarkan pendidikan formal, juga diajarkan pendidikan akhlak dan moral. Karena kepintaran harus didukung dengan moralitas yang baik.” ujar Kapolda Sumut menyampaikan kebanggaannya.

Usai bercengkarama, Kapolda Sumut bersama rombongan didampingi para pimpinan dan pengurus Ponpes Usman Syarif melaksanakan Sholat Jumat di Mesjid yang berada di lingkungan Yayasan Pesantren Usman Syarif.

Kapolda sempat memberikan tausiah berupa pesan-pesan kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) kepada para santri dan masyarakat sekitar usai menunaikan Sholat Jumat di Mesjid tersebut.

Dalam tausiahnya, Kapolda Sumut mengucapkan terima kasih kepada pimpinan Ponpes yang sudah menerima beliau dengan beberapa pejabat utama Polda Sumut. Kapolda Sumut juga mengucapkan terima kasih kepada para jamaah yang sabar menunggu untuk duduk sebentar mendengarkan sepatah kata dari Kapolda Sumut.

“Saya datang ke sini sebagai orang baru ingin bersilaturahmi, berkenalan dan bertemu dengan saudara-saudara saya umat Muslim, karena silaturahmi akan menambah rezeki dan kesehatan. Rezeki yang paling hakiki sendiri adalah kesehatan,” ujar Kapolda dalam tausiahnya.

Setelah silaturahmi, lanjut Kapolda Sumut, dirinya ingin menyampaikan bahwa apa yang terjadi di Jakarta terkait kasus dugaan penistaan agama yang menyentuh hati seluruh umat Muslim di Nusantara sudah diproses secara hukum.

“Oleh sebab itu, saya menghimbau agar diserahkan pada penegak hukum, jangan mudah terprovokasi dan mengikuti jalan lain yang belum tentu sesuai dengan ajaran agama kita,” himbau Kapolda Sumut.

Menurut Kapolda Sumut, belajar dari unjukrasa 4 Nopember 2016 lalu, di Medan massa cukup besar namun dapat berjalan dengan damai, aman berkat umat Muslim yang masih menghargai alam semesta.

“Mari kita berikan contoh kepada anak anak kita. Rasulullah mengajarkan kepada kita bagaimana menyelesaikan masalah di mesjid, jadi mesjid bukan hanya sebagai tempat sholat tapi juga digunakan untuk menyelesaikan masalah,” jelasnya.

Kapolda Sumut juga menjelaskan tentang keberadaan Polri dibutuhkan oleh masyarakat untuk menjaga ketertiban , menjaga keteraturan, menjaga keamanan, membangun serta menyelesaikan konflik, serta menjadi wasit yang adil. Sehingga, masyarakat tidak ada rasa ketakutan melaksanakan aktifitas sehari-hari, produktifitasnya meningkat serta kualitas hidup masyarakat meningkat.

Usai memberikan tausiah, Kapolda Sumut memohon pamit untuk melaksanakan kegiatan selanjutnya. Pimpinan Ponpes Usman Syarif dan Jamaah merasa senang atas kehadiran Bapak Kapolda Sumut, yang sangat bersahaja dan penuh kekeluargaan.

Diakhir kegiatan kunjungannya, Kapolda Sumut, Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi beserta rombongan foto bersama dengan Pimpinan dan Pengurus Pondok Pesantren Usman Syarif beserta jemaah. (FAS/tnps)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *