Jangan Lakukan Hal Hal Ini Pada Bayi Anda

SUARAMEDANNEWS.com – Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya dengan cara melempar-lemparkan ke udara lantas menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh dan bahunya keras sambil berekspresi gemas. Bila anda lakukan demikianlah, jadi berhentilah selekasnya. Jika saksikan orang lain berbuat demikian pada bayi mereka, cegahlah, lantaran sangat beresiko untuk badan bayi.

Tahukah Anda? Satu tahun lebih yang lalu nih sahabat, ahli kedokteran mengidentifikasi satu jenis penyakit yang serius pada bayi, namanya “Sindrom Kematian Mendadak” Satu diantara pemicunya ini yakni guncangan pada badan bayi. Sangat mengagetkan kan..

Di Jerman, rata-rata sekitaran 100 bayi setiap th. alami rusaknya parah di otak karena mereka diguncang-guncang pengasuhnya. Laporan mengenai angka itu berdasarkan pada sensus dari unit penyakit langka anak-anak di Jerman. Asosiasi Dokter Anak di Jerman memprediksi angka bayi yang alami trauma dikarenakan diguncang-guncang, sesungguhnya lebih tinggi lagi.

“Guncangan keras sepanjang lima detik saja sudah cukup untuk menyebabkan rusaknya beberapa fungsi otak, ” kata profesor Hans-Juergen Nentwich, anggota dewan direktur asosiasi itu. ”

Kenapa guncangan pada bayi bisa bermuara pada kematian? Menurut pakar kedokteran tadi, ini dikarenakan bayi yang masih sangatlah muda belum dapat menahan kepalanya sendiri karena otot lehernya yang lemah. Mengakibatkan, jika bayi terguncang badannya, kepalanya bakal bergoyang ke depan serta belakang.

Goyangan ini yang menyebabkan kerusakan otak dan pendarahan didalam otak serta pada permukaan otak, sehingga bisa menyebabkan masalah serius pada otak sang bayi, serta bisa menyebabkan masalah yang berlangsung permanen, seperti :

1. Kerusakan otak
2. Cerebral palsy
3. Kebutaan
4. epilator * dan
5. Kesulitan berbicara
6. Kesulitan belajar
7. Kesulitan koordinasi
8. Serangan jantung
9. Keterbelakangan mental

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dihindari beserta tips pencegahan :

– Janganlah pernah mengguncang tubuh bayi dibawah usia 3 th., dengan alasan apa pun juga.

– Waktu Anda menggendong bayi anda, janganlah lupa untuk selalu menyangga kepala bayi anda dengan tangan.

– Beritahukan pentingnya melindungi kepala bayi Anda pada pengasuh bayi anda.

– Pastikan semua orang yang dekat serta sering menggendong bayi anda ketahui benar bahayanya seseorang bayi jika diguncang-guncang atau digoyang.

Pada beberapa orang anak bahkan juga bisa menimbulkan kematian. Ini di kenal dengan shaken-baby-syndrome. Kenapa beresiko?

Bayi mempunyai kepala lebih besar dibanding dengan anggota tubuh yang lain, serta otot lehernya masih tetap lemah. Jika diguncang, kepalanya bakal tersentak ke depan serta ke belakang. Hentakan-hentakan itu bakal mengguncang otak serta merusaknya. Pembuluh darah kecilnya bakal ikut rusak, menimbulkan pendarahan di otak serta sekitarnya, serta di mata bayi.

Resiko terbesar yaitu pada bayi di bawah satu tahun, namun tak menutup kemungkinan bisa berlangsung di umur yang lebih besar. Yang harus diwaspadai yaitu guncangan-guncangan ini bisa berlangsung justru ketika kita asyik bermain dengan sang bayi. Karenanya ada beberapa permainan dan aktivitas yang butuh dijauhi untuk mencegahnya, salah satunya :

1. Melempar bayi ke udara.
2. Lari-lari sembari membawa bayi di punggung atau di kepala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik ke punggung, naik ke kaki dan digoyang-goyang).
4. Memutar bayi.

Jangan sampai lupa mengingatkan beberapa orang di sekitaran Anda ya, berbagi informasi ini hingga terbaca oleh saudara, pengasuh, kakek-neneknya, juga tetangga untuk tidak mengguncang bayi.

 

sumber : (Bozp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close