Jelang Libur Imlek, PT KAI Divre I Sumut Siapkan 7 Gerbong Tambahan

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Menjelang libur Tahun Baru Imlek pada Sabtu (28/1) besok, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) sebagai penyedia jasa layanan transportasi kereta api mengoperasikan tujuh gerbong tambahan. Manager Humas PT KAI Joni Martinus SSos MSi mengatakan hal itu kepada wartawan di kantornya Jumat (27/1).

Joni menjelaskan tujuh gerbong itu terdiri dari dua gerbong ekonomi yang ditambahkan pada rangkaian KA Putri Deli jurusan Medan–Tanjung Balai pp sehingga stamformasi atau rangkaian baku KA Putri Deli pada awal nya berjumlah 5 gerbong ekonomi tiap rangkaian KA dengan kapasitas tempat duduk 530 seats menjadi 6 gerbong ekonomi dengan kapasitas tempat duduk 636 seats.

Kemudian 5 gerbong kelas bisnis yang di tambahkan pada rangkaian KA Sribilah jurusan Medan–Rantau Prapat yang pada awalnya membawa rangkaian 2 gerbong eksekutif + 4 gerbong bisnis dengan kapasitas tempat duduk 356 seats tiap rangkaian KA menjadi 2 gerbong eksekutif + 6 gerbong bisnis di tiap KA dengan kapasitas tempat duduk bertambah mnjadi 484 seats.

“Penambahan gerbong ini dimaksudkan untuk mengakomodir tingginya permintaan masyarakat yang ingin menggunakan moda angkutan KA dan peningkatan pelayanan yang makin baik serta memaksimalkan potensi angkutan,” kata Joni.

Menurutnya, rute yang paling diminati masyarakat yakni jurusan Medan–Tanjung Balai, ketersediaan tiket pada jurusan tersebut mulai tanggal 26-29 Januari 2017 sudah habis terjual. Bahkan, untuk tanggal 30 Januari 2017 pada jadwal keberangkatan pagi dan sore hari pun sudah habis terjual.

Sedangkan untuk jurusan Medan-Siantar untuk keberangkatan sampai tangg 29 Januari juga sudah habis terjual. Untuk jurusan Rantau Prapat sudah terjual rata-rata 75 persen dari ketersediaan tiket yang ada. “Kalau pada hari-hari biasa tingkat pencapaian volume penumpang KA rata-rata 70 persen, maka untuk masa liburan Imlek ini diperediksi mengalami kenaikan 25 persen,” bebernya.

Selain itu, lanjut Joni, PT KAI juga mengadakan promosi ‘rame-rame lebih seru’ berupa potongan sebesar 20 persen bagi tiket rombongan untuk KA komersial jarak jauh dan menengah yaitu KA Sribilah.

Untuk periode pemesanan tanggal 27 Januari sampai 10 Maret 2017 dan periode keberangkatan tanggal 1 Februari sampai 30 Maret 2017 khusus pada hari Selasa, Rabu dan Kamis kecuali tanggal 28 Maret 2017. Jumlah pemesanan minimal 20 tiket dewasa pada kereta api yang sama (nama KA dan tanggal), diberikan diskon 20 persen untuk tiket rombongan tersebut. (FAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *