Kapolda Sumut, Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi meberikan kata sambutan di Rakernis fungsi Binmas 2017 sejajaran Polda di Aula Tribrata Mapolda Sumut Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (5/4/2017).

Kapolda Sumut Perintahkan Bhabinkamtibmas Pakai Kearifan Lokal Selesaikan Masalah

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut), Irjen Pol Dr H Rycko Amelza Dahniel MSi membuka Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Fungsi Pembinaan Masyarakat (Binmas) 2017 Jajaran Polda Sumut di Aula Tribrata Markas Polda (Mapolda) Sumut, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (5/4/2017).

Kegiatan Rakernis tersebut bertemakan ‘Fungsi Binmas Jajaran Polda Sumut Siap Mewujudkan Polisi yang Profesional Modern dan Terpercaya’.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Dra Rina Sari Ginting mengatakan Rakernis tersebut merupakan sebagai sarana untuk mengoptimalkan dan memastikan kesiapan fungsi Binmas dan jajaran dalam mendukung kebijakan Pemerintah dan kebijakan Pimpinan Polri.

“Sehingga dapat menjabarkan kebijakan Kapolri dan Commander Wish dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas). Fungsi Binmas lebih siap dalam mewujudkan penyelenggaraan harkamtibmas.” kata Kombes Rina.

Baca JugaGubernur Sumut Tekankan Kamtibmas Tanggungjawab Bersama

Kapolda Sumut dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kesediaan Gubernur Sumut menghadiri Rakernis tersebut. “Terimakasih dan penghargaan yang tinggi saya sampaikan kepada Gubernur atas dukungan dan kerjasama yang sinergis bersama Polda Sumut dan jajaran,” ujarnya.

Sementara Kapolda Sumut dalam arahannya berharap melalui rakernis ini fungsi Bhabinkamtibmas dapat melakukan tindak pencegahan terhadap kriminalitas dan bermitra dengan Babinsa, Kepala Desa (Kades) maupun lurah serta tokoh masyarakat. Pencegahan tersebut dengan mengedepankan kegiatan pembinaan dan penyuluhan, door to door system serta sambang desa dan lain-lain.

“Bhabinkamtibmas juga harus memiliki fungsi deteksi dini untuk mencari potensi timbulnya gangguan kamtibmas dan melaporkan kepada pimpinannya,” jelasnya.

Kapolda Sumut juga memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk menjadi problem solving dalam menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan kearifan lokal.

Polda Sumut juga telah meluncurkan aplikasi ‘Polisi Kita Sumut’ untuk mendekatkan polisi kepada masyarakat dan memudahkan pelayanan masyarakat berbasis TI serta meningkatkan partisipasi publik dalam pemeliharaan kamtibmas.

Diakhir sambutannya, Kapolda Sumut meminta kepada para peserta rakernis agar dapat mengikuti rakernis ini dengan sungguh sungguh dan dapat memberikan feedback atas materi yang disampaikan.

“Kepada narasumber juga agar menyampaikan materi yang terkini, secara dinamis dan dialogis sehingga peserta dapat memberikan feedback atas materi yang disampaikan.” pungkasnya.

Pantauan wartawan, pertemuan tersebut dihadiri Gubernur Sumut Ir H Tengku Erry Nuradi MSi, Kepala (Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sumut Brigjen Pol Andi Ludiyanto, Kapusham Universitas Negeri Medan (Unimed) Majda El Muhtaj SH MH, Kakesbanglinmas Provinsi Sumut Suryadi Bahar SH MH, dan perwakilan MUI Sumut Dr Pangeran Harahap MA serta seluruh Pejabat Utama dan seluruh personil Binmas jajaran Polda Sumut. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close