KESDM Sosialisasikan Konservasi Energi Sejak Dini Kepada 1.000 Murid Sekolah Dasar di Medan

SUARAMEDANNEWS.com, MEDAN – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (SDM) menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Program Konservasi Energi 2017 di Sekolah Dasar (SD) Pancabudi, Jalan Gatot Subroto dengan peserta perwakilan 30 SD di Medan, Rabu (6/9/2017).

Medan jadi kota terakhir kegiatan Sosialisasi Konservasi Energi di tingkat SD Tahun 2017 yang sebelumnya telah dilaksanakan di Surabaya, Denpasar dan Makassar, rangkaian acara sosialisasi di Medan juga dirancang sesuai dengan karakteristik anak-anak yang dinamis, ceria, dan penuh rasa ingin tahu.

Peserta perwakilan 30 SD di Medan terdiri dari  1000 siswa yang mengikuti sosialisasi hemat energi, peserta lomba menggambar, rangking 1, pidato, dengan tema hemat energi, kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai acara sulap, drama, tarian, story telling.

Kepala Sub Direktorat Bimbingan Teknis dan Kerjasama Konservasi Energi, Gita Lestari mengharapkan, dengan model sosialisasi seperti ini anak-anak memahami betapa pentingnya hemat energi.

Membangun generasi hemat energi juga tentu harus didukung penuh oleh guru-guru.

“Melalui kegiatan ini kami berharap, agar generasi sejak dini paham arti penting hemat energi. Adik-adik, sosialisasikanlahl hemat energi ini kepada teman-temanmu. Sebelum pergi, matikan kipas angin, AC, dan pakailah seperlunya,” sebutnya.

Kepada siswa-siswi SD, dijelaskannya kalau penggunaan energi di Indonesia saat ini masih tergolong boros. Hal itu disebabkan perilaku penggunaan energi yang tidak efisien dan tidak sesuai kebutuhan.

Oleh karenanya, perlu ada tindakan untuk melakukan paradigma baru untuk menghemat energi yang efektif. Caranya mengajak para siswa memahami dan membiasakan perilaku hemat energi.

Walikota Medan yang diwakilkan Kadis Pendidikan Kota Medan Drs Hasan Basri menyampaikan Pemko Medan sangat mengapresiasi kegiatan yang positif ini, apalagi kegiatan tersebut melibatkan 1.000 siswa dari Sekolah dasar yang ada di Kota Medan.

Menurut Hasan Basri, melalui kegiatan ini para siswa akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru tentang konservasi energi dan penghematan energi, nantinya pengetahuan ini dapat diaplikasikan di sekolah dan lingkungan rumah mereka. Minimal mereka dapat disipilin dengan membuang sampah pada tempatnya.

“Pemko Medan mendukung dan mengapresiasi sosialisasi ini, apalagi kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan yang dapat menambah kreatifitas siswa sekolah dasar,” kata Hasan.

Kepala SD Pancabudi, Rony Irwanto kepada siswa-siswa agar dapat menerapkan hemat energi di rumah masing-masing.

Dia juga mengingatkan, kepada guru-guru agar tidak sekedar mengikutsertakan siswa untuk lomba, namun lebih menanamkan bagaimana pentingnya hemat energi. SALAM HEMAT ENERGI.

Lomba Rangking 1 Sosialisasi Konservasi Energi

 

Lomba Pidato Sosialisasi Konservasi Energi

 

Sambutan Kadis Pendidikan Medan Drs Hasan Basri di Acara Sosialisasi Konservasi Energi

 

Sosialisasi Konservasi Hemat Energi 10% ESDM Ibu Gita Lestari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *