KETUA KOMDA PROVSU AJAK PEMUDA BERWIRAUSAHA

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Ketua Komite Organisasi Mahasiswa Daerah (KOMDA) Provinsi Sumatera Utara mengajak, dan memberi dorongan serta motivasi kepada seluruh elemen pemuda indonesia khususnya pemuda Sumatera Utara agar memiliki semangat kewirausahaan.

Ketua Umum Komda Provsu, Zulchairi Fauzi pardede mengungkapkan, pemuda sebenarnya memiliki keinginan dan ide untuk berwirausaha, namun masih sangat disayangkan, sebab tidak semua pemuda memiliki keberanian dan mampu mengiplementasikan ide-ide serta gagasan yang ada pada dirinya.

“Saya yakin kawan-kawan punya ide dan gagasan untuk menjadi wirausaha, tetapi ide dan gagasan itu, tidak segera dilakukan. Baru sadar dan bahkan menyesal, setelah orang lain melaksanakan ide dan gagasannya, dan berhasil pula” Ujar pemuda yang akrab disapa Fauzi Pardede ini, Selasa, (31/10/17).

Fauzi Pardede mengajak, agar para lulusan sekolah dan perguruan tinggi sadar dan sejak saat ini untuk mengubah pola pikir, setelah lulus tidak mencari pekerjaan tetapi membuka lapangan pekerjaan.

“ Sebagai  generasi banggsa, cikal bakal penerima mandat kepemimpinan rakyat , Kita harus mengubah mindset atau pola pikir dari yang sebelumnya pencari kerja menjadi pencipta kerja. Bertambahnya wirausaha dari kalangan pemuda melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat diharapkan dapat memecahkan masalah ataupun mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan,” Tambahnya.

Data yang diperoleh dari Kemenkop UKM menunjukkan, saat ini jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 1,65 persen atau sekitar 3,7 juta. Padahal untuk menjadi negara maju, jumlah wirausahawan harus lebih banyak, minimal dua persen dari total penduduk. “Penduduk Indonesia 252 juta orang, maka dibutuhkan 4,8 juta wirausaha,” paparnya.

Fauzi Pardede, saat ini pihaknya melalui pengurus harian KOMDA PROVSU tengah fokus mendalami dunia kewirausahaan khusuunya UKM, sejalan dengan hal tersebut Komda Provsu menciptakan sebuah gerakan kewirausahaan yang diberi nama Badan Usaha Milik Komda atau yang disingkat BUMK. BUMK Komda Provsu yang telah terbentuk tersebut saat ini sudah mampu mendirikan sebuah usaha kreatif  perusahaan CV Alfatih Fauzi Compeny( AFC)   yaitu sebuah usaha papan bunga yang diberi nama “Flowers Compeny (FC)” yang beralamat di Jalan Bersama Tembung, dan menerima segala bentuk pesanan untuk wilayah Medan dan sekitarnya.

“Ya memang kami saat ini tengah fokus dengan usaha papan bunga itu, dan diharapkan kedepan bersama semangat para  pengurus kami berkomitmen akan mengembangkan beberapa Divisi usaha baru seperti , Baber Shop Company (BBC) . Dalam hal ini kami sangat membuka peluang  kepeda seluruh elemen pemuda dan mahasiswa guna membangun kemitraan sebagai upaya kemandirian seorang pemuda bangsa menuju persiapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)  yang hari ini juga  menjadi salah satu fokus pemerintahan bapak Presiden joko widodo” ungkapnya.

Ketika disinggung tentang keberadaan pemuda atau yang lebih dikenal dengan sebutan aktivis pemuda saat ini yang ada di lintas organisasi, dirinya berharap agar kedepan teman-teman yang tergabung diberbagai organisasi apapun, baik intra kampus, ekstra kampus, dan organisasi pemuda kedaerahan sekalipun. Harus segera merubah minsed atau cara berpikirnya. Sebab, tantangan globalisasi yang kian semakin ketat, kemajuan Iptek yang semakin pesat seperti di era milenial seperti ini mestinya pemuda yang menyatakan dirinya sebagai seorang aktivis harus mampu menjawab tantangan zaman tersebut. Salah satunya dengan memamfaatkan segala aspek yang ada pada dirinya dan juga lingkungan sekitarnya, untuk kedepan mampu menjadi seorang wirausahawan yang handal, mampu mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan. Apalagi dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Fauzi Pardede menegaskan suka atau tidak, masyarakat khususnya UKM harus berbenah diri. Banyak peluang bagi UKM meraih potensi pasar dan peluang investasi.

“Ini harus dapat dimanfaatkan dengan baik, Apalagi sekarang ini terjadi perubahan perilaku pasar. Ciri-cirinya, pasar dinamis, kompetitif dan kecenderungan organisasi membangun jejaring lewat pemanfaatan teknologi informasi (IT)”, ujar pemuda alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sumatera Utara ini menambahkan.

Selain itu, dirinya juga mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah melalui kementrian terkait, banyak memberikan bantuan peluang bagi pelaku dunia usaha, bahkan mendorong pemerataan ekonomi melalui Kredit Usaha Rakyat, program dana bergulir, dan juga wirausaha pemula.

Kedepan Komda Provsu membuka diri untuk seluruh lapisan pemuda maupun mahasiswa agar bergabung dengan badan usaha yang telah terbentuk tersebut, dan diharapkan mampu memberikan wadah kretifitas, inovatif, dan berpikir logis bagi pemuda untuk terus bersama-sama menumbuhkan jiwa kewirausahaannya, atau jiwa enterpreneshipnya, kata Fauzi Pardede.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *