Kiat Terhindar Dari Stres

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Setiap orang pasti memiliki perasaan cemas, gelisah, tegang, dan stres yang bisa menghinggapi setiap saat. Namun semuanya harus diatasi karena jika dibiarkan akan menjadi stres berkepanjangan dan menjadi penyebab depresi.

Seperti melansir dari kidshealth.org/Liputan6.com, Rabu (12/10/2016) ada beberapa cara untuk mengelola rasa gelisah dengan lima cara mudah ini;

  1. Relaksasi

Sebagian kita menganggap relaksasi adalah bersantai. Bersantai di depan televisi menyaksikan acara favorit atau melihat komputer untuk main game. Kenyataan hal ini bukanlah relaksasi. Sama halnya dengan alkohol dan narkoba, beberapa orang memilih cara ini untuk rileks tapi kenyataannya salah besar.

Mungkin beberapa hal di atas dapat mengatasi stres dan cemas namun hanya sementara. Rileksasi yang sebenarnya adalah kegiatan seperti tai chi, yoga, dan pernafsan dalam serta kegiatan fisik lainnya yang bermanfaat untuk ketenangan pikiran. Contohnya saat kita mengambil nafas dalam-dalam itu akan membantu saraf utama yang membentang dari diafragma ke otak menjadi lebih longgar sehingga otak dapat memgirimkan pesan ke seluruh tubuh untuk lebih santai.

 

  1. Tidur dan makan yang cukup serta olahraga

Untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks, cukupi kebutuhan tidur dan makan serta olahragalah secara teratur. Jangan makan dan tidur terlalu banyak atau pun terlalu sedikit. Pilihlah makanan yang baik dan sehat, jangan mengandung gula dan kafein yang berlebihan. Dan jangan lupa luangkan waktu untuk olahraga.

 

  1. Terhubung dengan orang lain

Luangkan waktu dengan keluarga atau teman. Lakukan kegiatan-kegiatan yang semakin mendekatkan keakraban misalnya ngobrol atau diskusi hal-hal menarik lainnya. Hal ini akan membantu kita untuk merasa aman dan merasakan dukungan mereka.

Jika kita merasa khawatir atau gugup tentang sesuatu, bicarakan hal itu dengan seseorang yang dekat yang membuat kita merasa lebih dipahami dan mampu mengatasinya.

 

  1. Hubungkan dengan alam

Tetap terhubung dengan alam di sela-sela kesibukan juga cara yang ampuh mengatasi rasa cemas dan gelisah. Cobalah untuk naik sepeda keliling kompleks atau mendaki gunung. Selain bisa menenangkan pikiran, kegiatan ini juga menyehatkan. Ajaklah keluarga atau teman untuk melakukannya, selain terhubung dengan alam, kita dapat menjaga hubungan sosial.

 

  1. Fokus pada hal-hal yang positif

Cara paling baik agar terhindar dari rasa gelisah dan stres adalah selalu positive thinking. Fokus pada hal-hal yang baik, menghargai hal-hal kecil, dan mensyukuri segala hal. Fokuslah pada mimpi dan keinginan yang ingin kita wujudkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close