Kondisi Ekonomi Global Jauh Dari Harapan

SUARAMEDANNEWS.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) terus menyoroti perkembangan ekonomi global. Hingga kini, BI menyebut situasi kondisi ekonomi global masih jauh dari harapan.

Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara mengatakan, dalam melihat kondisi ekonomi, ada tiga hal yang diperhatikan BI. Ekonomi global dari sisi moneter termasuk hal yang terus dipantau BI.

“Kondisi global, dan kita tahu bahwa global ini belum sesuai harapan,” kata Mirza di Gedung BI, Kamis (6/10/2016).

Dia mengatakan, pertumbuhan ekonomi dunia terus mengalami koreksi. Mengingat pertumbuhan ekonomi negara-negara maju seperti di kawasan Eropa masih rendah.

“Dibanding estimasi awal tahun, proyeksi global terjadi revisi ke bawah, ekonomi AS ke bawah, Eropa dan Jepang belum jalan,” tambah dia.

Mantan Kepala LPS ini menuturkan, melambatnya ekonomi negara maju diperparah dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi China. Mirza menuturkan, ekonomi China yang hanya mampu tumbuh 6 persen berdampak pada ekonomi negara berkembang seperti Indonesia.

“China tidak melambat tapi masih lambat, kalau ketika booming (komoditas) 10-12 persen sekarang kalau bicara ekonomi China hanya 6,3-6,5 persen. Itu pengaruhi banyak hal di Indonesia terutama harga komoditi, tambang dan kebun,” tukas dia.

Sumber : ( Okezone)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *