Kontroversial, 7 manfaat lain air mani (Sperma) selain untuk berkembangbiak

SUARAMEDANNEWS.com –Hakikatnya sperma dan cairan semen adalah cairan yang dihasilkan tubuh untuk proses perkembangbiakan. Fungsinya adalah membuahi sel telur agar bisa membelah diri menjadi embrio. Baik sperma maupun cairan semen diperkaya dengan banyak nutrisi untuk memastikan keberhasilan pembuahan. Namun belakangan nutrisi di dalam cairan tubuh pria ini mulai dilirik untuk kegunaan lain. Apa saja kegunaan sampingannya?

Mulai dari bahan masakan, masker wajah, hingga tinta glow in the dark untuk pesan rahasia pada masa Perang Dunia, berikut ini kegunaan mengejutkan sperma dan cairan semen yang mungkin tidak pernah kamu duga.

1. Sebagai bahan campuran makanan

Masakan yang terbuat dari sperma ini diperkenalkan oleh Paul ‘Fotie’ Photenhauer dan sempat menimbulkan kehebohan pada tahun 2008 lalu. Fotie menerbitkan kumpulan resep makanan yang dibuat dengan campuran sperma yang berjudul Natural Harvest: A Collection of Semen-based Recipes.

Nama resep masakan di dalam buku itu mungkin bakal membuat dahi berkerut, antara lain Man Made Oysters, Creamy Cum Crepes, dan Roasted Lamb With Good Gravy. Dalam buku itu, Fotie juga memberikan tips untuk ‘menyiapkan’ dan menyimpan sperma sebelum dimasak. Untuk setiap resep, biasanya hanya digunakan satu atau dua sendok makan sperma. Tetapi tampaknya jumlah segitu saja sudah cukup untuk membuat banyak orang bergidik.

2. Sebagai bahan campuran minuman

Kalau ada makanan dan hidangan penutup yang dibuat dengan campuran sperma, tentu tak mengherankan lagi kalau cairan yang sama menjadi bahan racikan minuman. Dalam buku resepnya, Natural Harvest: A Collection of Semen-based Recipes, Fotie memperkenalkan beberapa resep minuman dengan bahan tambahan berupa cairan sperma, antara lain Macho Mojito, Cum Creme Caramel, Strawberry Splasharita, Cappucino de Semi, dan High Protein Smoothie.

Setelah Natural Harvest, dia kembali menerbitkan kumpulan resep. Kali ini berjudul Semenology: The Semen Bartender’s Handbook pada tahun 2013. Buku ini berisi kumpulan resep cocktail dengan tambahan cairan sperma. Ada-ada saja, ya?

3. Masker wajah

Boleh percaya atau tidak, tetapi beberapa beauty enthusiast asal Inggris sempat kepincut dengan masker wajah yang terbuat dari sperma manusia. Salah satunya adalah terapis seks kondang, Stella Ralfini. Kepada The Huffington Post, dia mengaku sudah menjalani perawatan ini selama lebih dari 30 tahun. Resep masker yang tak lazim ini dia temukan di India.

Penggunaan sperma sebagai perawatan wajah tergolong kontroversial. Sejumlah penelitian menyebutkan jika sperma kaya akan protein dan antioksidan yang baik untuk kulit agar awet muda. Namun sebagian penelitian lagi menyebutkan jika kadar nutrisi dari sperma manusia tidak sepadan dengan risiko infeksi penyakit yang bisa saja terjadi. Apalagi sperma juga mengandung banyak testosteron yang bisa memicu jerawat dalam jumlah berlebih.

4. Lukisan

Belakangan ini patung dari permen karet bekas kunyah, fotografi darah menstruasi, dan lukisan dari air liur sudah bukan hal aneh. Jadi tak begitu mengherankan kalau ada lukisan yang dibuat dari sperma. Lukisan seperti ini dibuat oleh Martin Von Ostrowski, seorang seniman asal Jerman.

Von Ostrowski dikenal sebagai seniman yang kontroversial. Dia memamerkan lukisan dengan cat spermanya sendiri di Gay Museum, Berlin, Jerman pada tahun 2008. Untuk membuat satu lukisan, dia perlu ejakulasi sebanyak 40 kali. Bayangkan berapa kali ejakulasi yang harus dia capai untuk seluruh lukisan yang diperlukan dalam pameran.

Sebelum lukisan dari sperma, Von Ostrowski membuat kehebohan dengan membuat lukisan yang menggunakan cat dari tinjanya sendiri.

5. Tinta tak kasat mata

Pada masa Perang Dunia I, badan intelejen Inggris, MI6 menemukan fakta bahwa air mani bisa difungsikan sebagai tinta tak terlihat yang efektif untuk menuliskan pesan rahasia.

Hal ini terungkap dari catatan Walter Kirke yang ditulis pada bulan Juni tahun 1915. Konon cairan sperma bisa dipakai untuk menuliskan pesan tak kasat mata yang sulit dideteksi dengan metode pemeriksaan yang biasa diterapkan pada masa itu. Namun tampaknya praktik ini tak berlangsung lama.

6. Penyubur rambut

Sejumlah penderita alopecia (kebotakan) di forum Regrowth mengatakan kalau mereka mendapatkan hasil yang baik dari penggunaan topikal sperma milik mereka sendiri pada bagian kepala yang tak lagi ditumbuhi rambut. Menurut beberapa user, rambut mereka mulai tumbuh kembali dalam waktu satu atau dua bulan.

Menurut hasil penelitian, sperma memang mengandung spermidine yang merupakan kunci dari kesuburan rambut. Kandungan ini juga ditemukan dalam kedelai, durian, teh, dan jamur, tetapi dalam jumlah kecil.

Beberapa waktu lalu, ada pula perusahaan yang meluncurkan produk sampo dengan campuran sperma untuk perawatan rambut rontok.

7. Perawatan kulit

Tahukah kamu, ada beberapa produsen kosmetik dan perawatan kecantikan yang memasukkan sperma sebagai salah satu bahan? Dua di antaranya adalah perusahaan Skandinavia bernama Skinscience dan Cmen Beauty.

Sama seperti plasenta, protein dan antioksidan di dalam sperma dianggap bisa menjadikan kulit lembut dan awet muda. Namun produk seperti ini masih dianggap kontroversial, karena pada dasarnya masih banyak bahan lain dengan kandungan nutrisi anti-aging yang lebih baik dan lebih lazim digunakan.

Sumber: io9, Frisky

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *