KPU SUMUT : VIDEO HOAK YANG VIRAL DI MEDSOS, SURAT SUARA TERCOBLOS 01 DI MEDAN

SUARAMEDANNEWS.COM, Jakarta – video Viral yang beredar di media sosial dengan keterangan ada surat suara yang sudah tercoblos nomor urut 01 di Kota Medan.

Yulhasni Ketua KPU Sumut menjelaskan bahwa video itu terjadi pada tahun 2018 pada saat Pilkada Kabupaten Tapanuli Utara. Saat itu menurut Yulhasni ada massa yang tidak puas dengan hasil rekapitulasi dan mendatangi KPU Tapanuli Utara, terang Yulhasni di KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).

“Jadi peristiwa itu sama sekali bukan peristiwa yang ada di kota Medan. Dan kami pastikan sampai saat ini KPU Kota Medan itu belum menerima surat suara presiden dan wakil presiden sampai sekarang,” ucap Yulhasni.

“Kami jelaskan bahwa itu adalah informasi bohong dan hoax,” ucap Yulhasni.

Dalam video yang beredar tersebut, terlihat sekelompok orang mendatangi suatu lokasi. Kemudian, terlihat orang mengacungkan amplop serta memprotes KPU. Dalam keterangan video yang beredar di media sosial disebutkan bila peristiwa dalam video itu terjadi di KPU Kota Medan disertai keterangan bahwa surat suara telah tercoblos untuk nomor urut 01. 

Apabila rekan-rekan mendengar suara teriakan 01 01 karena sebenarnya 01 itu yang mereka protes. Karena memang petahana (di Pilkada Kabupaten Tapanuli Utara) kemarin yang dianggap melakukan kecurangan dan KPU dianggap terlibat,” sebut Yulhasni.

“Jadi, amplop yang diangkat-angkat itu sebenarnya adalah berisi surat C1 scan yang akan diunggah. Jadi, bukan C1 yang sudah tercoblos untuk pasangan nomor urut tertentu,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close