Manfaat Sholat Dan Gerakannya Bagi Kesehatan

Shalat merupakan salah satu Rukun Islam dalam ajaran Islam dan setiap muslim diseluruh dunia diwajibkan untuk menunaikan atau mengerjakan Shalat karena Shalat merupakan kewajiban, Adapun Shalat sendiri terdiri 5 Waktu Shalat Wajib yang antara lain Shalat Maghrib, Shalat Isya, Shalat Subuh, Shalat Djuhur dan Shalat Ashar. Ke 5 (Lima) Shalat Wajib tersebut mempunyai beberapa manfaat dan keutamaan bagi para muslim seperti yang telah di janjikan oleh Allah Swt.

Shalat 5 Waktu merupakan ibadah yang Allah Ta’ala syariatkan kepada Nabi Muhammad Saw secara langsung tanpa adanya perantara malaikat, berbeda halnya dengan kewajiiban lainnya yang diwajibkan melalui perantara Malaikat sehingga kita bisa mengambil kesimpulan sendiri bahwa memang Shalat merupakan hal yang sangat penting sampai Allah Swt menyampaikan sendiri kepada Nabi Muhammad Saw.

Adapun Manfaat Shalat Fardhu secara umum mempunyai keutamaan untuk menghapus semua dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat, seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ” Tidaklah seorang muslim didatangi Shalat Fardhu lalu dia membaguskan wudhu’-nya dan khusyu dalam shalat-nya, melainkan itu menjadi penebus dosa – dosa terdahulu, selama dia tidak melakukan dosa besar dan itu berlaku pada sepanjang zaman”

Dalam Sholat ada gerakan sholat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan setiap gerakannya dapat menimbulkan atau merangsang jaringan sel dan peredaran di dalam tubuh untuk bekerja lebih optimal. Kondisi tubuh lebih sehat dan segar karena aliran darah lancar, alias tidak ada yang tersumbat.

Bahkan, beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti asing juga sudah membuktikan, beberapa gerakan sholat memang berpengaruh pada bagian tubuh tertentu. Asalkan gerakan tersebut dilakukan dengan benar dan dalam jangka waktu tertentu. Berikut ini beberapa diantaranya :

  1. Gerakan Takbiratul Ihram

Gerakan ini dilakukan pada permulaan sholat, yaitu dengan berdiri tegap, mengangkat kedua tangan, lalu di sedekapkan di depan dada. Gerakan ini akan mambuat pernapasan menjadi lancar dan teratur. Selain itu, otot kedua tangan serta bahu akan berkontraksi, sehingga lebih kuat dan kencang.

  1. Gerakan Rukuk

Gerakan ini dilakukan dengan membengkokkan badan ke arah depan, sehingga kedua tangan bertumpu pada tumit. Saat gerakan rukuk dilakukan, otot di sekitar punggung hingga pantat akan mengalami kontraksi. Sementara itu, aliran darah terutama pada bagian tubuh atas akan lebih terasa lancar. Kedua tangan yang memegang tumit juga akan tertarik, sehingga lebih kencang.

  1. Gerakan Sujud

Gerakan ini dilakukan dengan cara meletakkan bagian kepala ke alas lantai, hingga dahi dan ujung hidung menyentuh alas lantai. Sementara itu, jari-jari kaki dibengkokkan dan kedua telapak tangan juga menyentuh alas lantai. Sehingga aliran darah ke kepala akan mengalir dengan optimal.

  1. Memaksimalkan Fungsi Otak

eberapa penelitian menyimpulkan gerakan sujud ini dapat memaksimalkan fungsi kedua otak manusia, yaitu otak kanan dan otak kiri. Dengan begitu, seseorang yang bersujud dengan benar dan relatif lama dengan teratur tidak menutup kemungkinan bisa lebih cerdas dan kreatif. Gerakan sujud juga membuat otot dari leher hingga kaki akan bereaksi dan berkontraksi, sehingga akan lebih kuat dan kencang.

Sementara itu, pernapasan akan lebih teratur. Tidak sedikit orang yang melakukan sujud dengan waktu cukup lama untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala yang dideritanya.

  1. Gerakan Duduk

Setelah gerakan sujud, dilanjutkan dengan gerakan duduk di mana pantat dan paha bertumpu pada bagian kaki bawah. Hal ini akan menyebabkan otot kaki menekan sehingga peredaran darah akan terpompa lebih maksimal. Jika dilakukan secara teratur, gerakan duduk dalam sholat ini dapat mencegah penyakit linu atau nyeri pada bagian kaki.

  1. Gerakan Salam

Gerakan sholat yang terakhir dilakukan, yaitu salam. Gerakan ini dilakukan dengan sederhana, yaitu hanya memutar kepala ke kanan dan ke kiri hingga melihat ke belakang, sekali saja. Namun demikian, jika dilakukan dengan benar akan membuat otot di bagian leher akan lebih terlatih dan kencang dan peredaran darahnya juga akan lancar.

Gerakan salam akan menghindarkan tubuh menderita pegal-pegal pada bagian leher.

Gerakan sholat tidak akan bermanfaat bagi tubuh jika dilakukan secara sembarangan dan cepat. Oleh karena itu, manfaat agama terutama bagi yang beragama Islam yang menunaikan sholat setiap hari, lakukanlah gerakan sholat dengan baik dan benar. Lakukanlah sholat sesuai aturan yang diajarkan, sehingga dapat memetik manfaat gerakan sholat ini.

  1. Manfaat dan Keutamaan Shalat Maghrib

Shalat Maghrib itu adalah saat di mana taubat Nabi Adam As diterima dan Seorang Mukmin jika mengerjakan suatu Shalat Maghrib yang dilakukan dengan benar – benar ikhlas maka memintalah sesuatu  kepada Allah, Maka Allah akan memperkenankan atau mengabulkan-Nya.

  1. Manfaat dan Keutamaan Shalat Isya

Sesuai dengan Sabda Nabi Muhammad Saw yg berbunyi : ” Shalat Isya (Atamah) katakan kubur itu adalah sangat gelap dan begitu juga pada hari kiamat, maka seorang mukmin yang berjalan dalam malam yang gelap untuk pergi menunaikan shalat Isya berjamaah, maka Allah Swt haramkan dirinya daripada terkena nyala api neraka dan diberikann kepadanya cahaya untuk menyeberangi  Titian Sirath “

  1. Manfaat Dan Keutamaan Shalat Subuh

Adapun manfaat Shalat Subuh, dilapangkannya Rejeki, menjaga diri seorang muslim, Sholat subuh sama dengan sholat semalam suntuk, Sholat subuh adalah tolok ukur keimanan, Sholat subuh adalah penyelamat dari neraka, Sholat subuh adalah salah satu penyebab seseorang masuk surga, Sholat subuh akan mendatangkan nikmat berupa melihat wajah Allah yang mulia,Sholat subuh adalah suatu syahadah, khususnya bagi yang konsisten memeliharanya, Sholat subuh adalah kunci kemenangan, Sholat subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Sabda Nabi Muhammad Saw tentang manfaat shalat subuh yang berbunyi : ” Jika seseorang mukmin yang mengerjakan shalat subuh selama 40 hari secara berjamaah, diberikan kepadanya oleh Allah Swt kebebasan yaitu Dibebaskan daripada api neraka dan dibebaskan dari nifaq.”

  1. Manfaat dan Keutamaan Shalat Dhuhur

Saat Menyalanya Neraka Jahannam, maka tidak seorang mukmin yg melakukan Shalat itu melainkan diharamkan atasnya uap neraka jahannam itu pada hari kiamat.

  1. Manfaat dan Keutamaan Shalat Ashar

Sabda Nabi Muhammad Saw lagi yang berbunyi :” Manakala Shalat Ashar adalah saat dimana Nabi Adam A.s memakan buah khuldi, Orang-orang mukmin yang mengerjakan Shalat Ashar akan diampunkan dosanya seperti bayi yang baru lahir”.

Nabi Muhammad Saw bersabda lagi : ” tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya matahari”. Kemudian Allah Berfirman yang berbunyi : ” Menjaga Shalat Subuh dan Ashar merupakan sebab terbesar masuk surga dan selamat dari neraka”.

Demikian lah penjelasan darii kami terkait Manfaat Shalat Wajib 5 Waktu yang sudah kami tulis secara lengkap dan jelas, semoga artikel dan wacana ini dpt berguna dan bermanfaat bagi anda semua.

Sumber :(Manfaat,MasukIslam,RukunIslam,MB/Red)

photo-semua-gerakan-sholat

About Suaramedannews.com

Check Also

AMIR : Pemerintah, DPR, KPU, dan Bawaslu Harus Bertanggung Jawab Apabila Penyebaran Covid-19 Semakin Meluas

Suaramedannews.com – Permintaan dan tuntuan berbagai elemen masyarakat kepada Pemerintah untuk menunda pelaksanaan Pilkada Serentak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *