Suasana Rakernas II MUI (Haris Fadhil/detikcom)

Ma’ruf Amin : Tolak Isu Upaya Makar, Mari Wujudkan Kebhinekaan Tunggal Ika

SUARAMEDANNEWS.com,Jakarta – Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Ballroom Pulau Pelangi, Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (23/11/2016). Ketua MUI KH Ma’ruf Amin menyampaikan, Rakernas II MUI ini merupakan agenda yang sangat penting untuk menguatkan peran MUI. Khususnya dalam peran MUI melayani dan melindungi umat Islam.

Ada beberapa hal penting dalam Rakernas MUI II ini, yaitu, meneguhkan kembali komitmen MUI terhadap bangsa dan negara. “Saya minta nanti di komisi khusus ini dirumuskan, peneguhan kembali. Kemajemukan bangsa kita yang merupakan wujud daripada kebhinekaan tunggal ika adalah suatu keniscayaan yang harus kita pertahankan,” ucap Ma’ruf.

Ma’ruf mengajak MUI untuk menolak gerakan yang berupaya menjatuhkan pemerintahan yang sah. Terkait isu soal pihak-pihak yang ingin menggulingkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Dalam Rakernas ini akan kita nyatakan sikap Majelis Ulama bahwa Majelis Ulama akan menentang, menolak dan tidak akan mentolerir adanya upaya untuk mengganti kekuasaan dengan cara yang tidak konstitusional. Ini saya kira menjadi penting karena dalam sistem kenegaraan kita sudah ada aturan dan ketentuan yang diatur sehingga kita harus menjaga stabilitas dan kontinitas kekuasaan sesuai dengan aturan,” Ucapnya.

MUI harus menjadi inisiator dialog nasional antar elemen bangsa. “Ini supaya menyatukan kembali, supaya bangsa ini tidak terpecah-pecah, tidak saling mencurigai. Kepada bapak Menteri Agama tolong diberitahu kepada bapak Presiden, MUI siap menginisiasi lahirnya dialog nasional,” katanya disambut tepuk tangan riuh para peserta Rakernas. “Saya tanya, siap enggak kita menjadi inisiator dialog nasional?” tanya Ma’ruf. “Siap!” jawab para peserta Rakernas II MUI kompak. “Ini karena kita sangat menyayangi dan mencintai bangsa ini,” jelas Ma’ruf.

(Dtk/Smn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *