MASYARAKAT HARUS PROAKTIF DALAM MENGAWAL PILKADA ACEH 2017

SUARAMEDANNEWS.com, Aceh – Dalam menyambut proses pelaksanaan pilkada Provinsi Aceh 2017, pentingnya kesadaran masyarakat Aceh dalam menentukan sosok pemimpin yang ideal terhadap kemajuan dan pembangunan  Aceh  dimasa mendatang, dalam hal ini publik memiliki peran penting  dalam menentukan siapa yang akan memimpin Aceh kedepan,  diperlukan upaya-upaya serius oleh semua kalangan masyarakat aceh dalam menyambut Pilkada 2017 dengan berperan aktif dalam menjaga keamanan secara bertahap serta terus mengawal tahapan pelaksanaan pilkada dengan semua aturan yang telah ditentukan oleh badan penyelenggara Pilkada. .

Menyikapi pemasalahan yang kerap terjadi menjelang pelaksanaan Pilkada di Provinsi Aceh 2017, Ajmir Akmal Sp. Peneliti Bidang Analisis Sosial dan Politik Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Aceh-LEMKASPA, mengajak seluruh elemen masyarakat Aceh untuk proaktif menjaga kondisi keamanan menjelang pemungutan suara yang akan berlangsung pada 15 Februari 2017 mendatang. Keterlibatan masyarakat Aceh dalam hal pengawasan pemilihan masing-masing Kepala daerah pada tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota 2017 sangat menentukan kelangsungan dan kenyaman publik dalam memilih pemimpin Aceh kedepan.  Masyarakat harus berperan aktif dan  berpartisipasi dalam menjaga seluruh rangkai dan tahapan Pilkada,  seluruh elemen masyarakat baik di tingkat desa atau kecamatan harus saling kerjama samanya yang baik dalam hal menjaga stabiltas keamanan dari para oknum-oknum yang mencoba melangggar aturan dalam proses Pilkada yang telah diatur. Selain itu masyarakat juga harus mampu melihat secara konfrensif setiap gejolak yang terjadi.

Alumni Unimal ini juga menambahkan bahwa perlu adanya penguatan dari seluruh stakeholders dan seluruh elemen masyarakat dalam mengawal proses demokrasi yang sedang berlangsung di Aceh hal ini memberikan dampak terhadap hasil akhir pada proses pemilihan kepala daerah di tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota, dengan demikian keterlibatan elemen masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif disetiap Kabupaten Kota akan memberikan suatu pemahaman mengenai sistem demokrasi yang baik, dan peran penting masyarakat dalam mensukseskan Pilkada Aceh 2017.

Upaya ini dapat diartikan sebagai salah satu langkah konkret dalam pembelajaran dan pencerdasan serta pemahaman mengenai politik bagi masyarakat, dengan adanya keterlibatan elemen masyarakat yang mengawal proses Pilkada Aceh secara bersama-sama serta terjalin kerjasama Parpol maka akan melahirkan pelopor demokrasi/agen demokrasi di Provinsi Aceh dan pada tahapan berikutnya dapat membantu pihak penyelenggara Pilkada Aceh disetiap Kabupaten Kota, serta dengan ada partisipasi masyarakat juga akan memberikan pendidikan politik kepada regenerasi berikutnya untuk memaknai demokrasi yang berakar pada pemahaman dan kesadaran politik.

Terselenggaranya Pilkada Aceh 2017 secara demokratis menjadi harapan publik Aceh dalam proses pemeretaan pembangunan. Pelaksanaan Pilkada Aceh dikatakan berjalan secara demokratis apabila setiap warga Aceh yang mempunyai hak pilih dapat menyalurkan pilihannya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil. Setiap pemilih hanya menggunakan hak pilihnya satu kali dan mempunyai nilai yang sama, yaitu satu suara.

 

Pengirim Rilis

Ajmir Akmal

Peneliti Bidang Analisis Sosial dan Politik.

Lembaga Kajian Strategis dan Pembangunan Aceh

LEMKASPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close