Mubes Punguan Manik Raja dohot Boruna Se Indonesia Putuskan Bangun Tugu di Sioma

SUARAMEDANNEWS.com, Ambarita – Musyawarah Besar (Mubes) Punguan Manik Raja dohot Boruna Se Indonesia ke-I Minggu (23/4/2017) yang dilaksanakan di Hotel Rogate Beach, Unjur Ambarita, Kabupaten Samosir sukses digelar.

Rangkaian acara dimulai dengan kebaktian minggu bersama dengan pengkhotbah Pendeta Hertha E Manik SPd yang diambil dari 1 Korintus 1 : 10, Tetapi aku menasethakan kamu, saudara-sauadara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikiran.

Dalam khotbahnya, Pendeta Hertha mengatakan bahwa Tuhan meminta kepada kita agar satu hati, satu pikiran untuk memuji namaNya melalui punguan ini.

“Hertha menyampaikan, kita harus bangga menjadi marga Manik dan boru Manik dan diharapkan dengan kehadiran Punguan Manik Raja ini dapat dirasakan marga Manik dan masyarakat sekitar dan jangan ada lagi pengkotak-kotakan dalam punguan ini,” katanya.

Mubes pertama ini dibuka oleh Ketua Umum Punguan Manik Raja dohot Boruna Se Indonesia, Brigjend (TNI) Deliaman Thoni Manik SIP MSi didampingi para penasehat dan natua-tua punguan.

“Dalam sambutannya, Ketua Umum menyampaikan bahwa kita yang datang dimubes ini dengan satu tekad, hati, pikiran agar marga Manik Raja/Damanik Raja dan boruna semakin bersatu dan semakin maju kedepan,” imbuhnya

Kita satu keturunan Op. Manik Raja yang baik, hebat dan rukun, sesuai visi dari punguan yaitu membangun dan meningkatkan persaudaraan yang solid, sumber daya manusia berbasis budaya batak dan rasa cinta tanah air.

“Kita harus satu pemahaman terhadap hal–hal prinsip tentang Op. Manik Raja dan semoga mubes ini menghasilkan keputusan bersama yang dapat dirasakan oleh semua turunan Manik Raja dimanapun berada,” tegasnya.

Mubes dibagi menjadi tiga sidang pleno, pleno pertama tentang penetapan agenda acara, tata tertib dan pemilihan pimpinan sidang tetap. Sidang pleno kedua penetapan komisi-komisi diantaranya komisi organisasi dan anggaran dasar anggaran rumahtangga, komisi program kerja dan komisi sejarah dan tarombo.

Sidang pleno ketiga penetapan hasil-hasil sidang komisi yang dituangkan dalam SK nomor 004/PAN-MUBES-1/IV/2017, diantaranya pembangunan tugu Ompu Manik Raja dan pemeliharaan situs-situs peninggalan ompu Silauraja dan Ompu Manik Raja di Sioma.

Mubes juga memutuskan dan memilih Drs Alimukdin Damanik MPd sebagai ketua pembangunan tugu dan Drs Joni Walker Manik MM sebagai wakil ketua pembangunan tugu.

Alimukdin yang sebelumnya sempat menolak dicalonkan sebagai ketua panitia pembangunan tugu karena kesibukan pekerjaan, namun akhirnya diterima atas permintaan peserta mubes dan pengurus pusat.

“Dia meminta ini semua adalah tanggungjawab kita bersama, saya akan bekerja bila kita semua turunan Manik Raja bisa sehati dan bersatu untuk membangun tugu Ompu Manik Raja demi persatuan turunannya,” ucapnya. 

Hal senada disampaikan Joni Walker Manik, secara pribadi saya siap dipilih sebagai wakil ketua pembangunan tugu Ompu Manik Raja dan membantu agar pembangunan tugu ini sukses.

“Yang jelas, kita harus mulai dengan peletakan batu pertama sebagai tanda awal pembangunan tugu, jangan ditunda lagi karena ini sudah merupakan keputusan mubes,” pintah putra asal Sosor Bagot Sihusapi ini dan juga merupakan Kadis Pendidikan Serdang Bedagei.

Mubes dihadiri ratusan peserta dari berbagai daerah, Papua, Kalimantan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bandung, Lampung, Jambi, Pekanbaru, Labuhan Batu, Sibolga, Siantar Simalungun, Dairi, Tanah Karo, Sergei, Medan, Samosir.

Puncak acara, dilakukan pelantikan pengurus DPP Punguan Manik Raja dohot Boruna Se Indonesia dan Kordinator Wilayah (Korwil) oleh Penasehat dan natua-tua.

Hari ini (24/4/2017) Pengurus Pusat beserta Ketua Panitia Pembangunan Tugu Ompu Manik Raja dan peserta Mubes melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan tugu Ompu Manik Raja di Sioma.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *