Ombudsman Minta Walikota Medan Tindaklanjuti Hasil Pemeriksaan Pungutan Sejumlah Sekolah

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Kepala Perwakilan Ombudsman Sumut, Abyadi Siregar didampingi sejumlah pengurus lainnya menyerahkan hasil pemeriksaan terkait sejumlah pengutipan di sekolah Kota Medan yang meresahkan orang tua dan wali siswa kepada Walikota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si di Balai Kota Medan, Senin (7/11/2016).

Hasil pemeriksaan yang mereka serahkan itu setelah menerima keluhan orang tua maupun wali siswa terkait pengutipan yang dilakukan sejumlah sekolah, termasuk soal penerimaan siswa baru. Ombudsman meminta kepada Eldin segera menindaklanjuti hasil pemeriksaan dan rekomendasi yang mereka sampaikan tersebut, kata Abyadi.

Menurut Abyadi, pemeriksaan yang mereka lakukan ada dua cara, pertama memanggil orang tua maupun wali murid yang menyampaikan keluhan terkait pungutan yang dilakukan pihak sekolah, sedangkan yang kedua dengan langsung mendatangi sekolah bersangkutan guna mendapatkan data maupun informasi lebih lanjut.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah kami lakukan, pengutipan yang dilakukan tidak sesuai dengan peraturan maupun ketentuan berlaku sehingga tidak diperkenankan. Untuk itulah hasil pemeriksaan kita sampaikan kepada Bapak Walikota untuk segera ditindaklanjuti. Apalagi dalam hasil pemeriksaan yang disampaikan kepada Pak Wali, kita juga menyampaikan rekomendasi untuk ditindaklanjuti,” kata Abyadi.

Walikota Medan yang diampingi Kepala Inspektorat Kota Medan, Farid Wajedi, mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman Sumut yang sudah menindaklanjuti keluhan maupun pengaduan yang telah disampaikan orang tua maupun wali siswa terkait pengutipan yang dilakukan sejumlah sekolah.

Eldin yakin tujuan Ombudsman ini untuk menciptakan dunia pendidikan di Kota Medan lebih baik lagi. “Saya mengucapkan terima kasih kepada Ombudsman Perwakilan Sumut yang memberikan hasil pemeriksaannya dan beri apresiasi,¬† untuk Inspektorat Kota Medan agar secepatnya menindaklanjutinya hasil pemeriksaan tersebut. Sebab, sudah menjadi komitmen kita dalam meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Medan. Untuk mewujudkan keinginan itu, kita minta dukungan semua pihak, termasuk Ombudsman perwakilan Sumut.”

Eldin mengajak Ombudsman untuk menciptakan formulasi, dalam mengatasi dan mengantisipasi terjadinya kembali pengutipan oleh pihak sekolah. “Saya tidak ingin adalagi sekolah yang melakukan pengutipan-pengutipan. Untuk itu saya minta kepada Kepala Inspektorat segera berkoordinasi dengan Ombudsman Perwakilan Sumut untuk membuat formulasi tersebut,” ucapya.

Walikota Medan, Eldin mengajak seluruh masyarakat agar tidak mau memberikan uang yang diminta pihak sekolah di luar ketentuan berlaku. Artinya, masyarakat harus berani mengatakan tidak kepada pihak sekolah sehingga pungutan diluar ketentuan yang berlaku dapat diatasi.

“Jika masyarakat tidak mau memberi, insya Allah pengutipan-pengutipan yang meresahkan itu dapat diatasi. Disamping itu saya juga minta kepada masyarakat untuk secepatnya melaporkan apabila pihak sekolah melakukan pengutipan yang meresahkan. Saya pastikan laporan itu segera kita tindaklanjuti. Saya tegaskan kepada pihak sekolah, terutama negeri, kalau ingin kaya jangan jadi pendidik tetapi menjadi pedagang,” ungkapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *