Salah Satu Toko Penjual Buah Kering/Manisan di Pasar Or Tor Kor

Pasar Buah Berastagi Potensi Yang Terabaikan

Belajar dari Pasar Or Tor Kor Bangkok 

Litna Nurjannah Ginting, Mahasiswa Pascasarjana Agribisnis – IPB

 

SUARAMEDANNEWS.com – Image pasar yang identik dengan kotor, bau, sempit dan pengap akan hilang ketika anda mendatangi salah satu pasar  buah di Thailand ini. Pasar ini biasa disebut Pasar or tor kor dan dinobatkan sebagai pasar bahan segar terbaik nomor 4 di dunia. Penyematan gelar ini dikarenakan pasar ini menyediakan buah dan bahan segar dengan kondisi pasar yang bersih dan nyaman. Ketika memasuki pasar tersebut anda akan disuguhi oleh berbagai buah-buahan segar khas Bangkok seperti mangga, durian, jambu dan berbagai buah-buahan unggul Bangkok lainnya yang tertata rapid an menarik. Selain buah, ada berbagai produk olahan daging, ikan, makanan ringan, dan berbagai manisan yang bisa dinikmati dan dijadikan buah tangan oleh wisatawan.

Pasar ini menjadi salah satu daftar tujuan wisata yang sering didatangi para wisatawan yang berkunjung ke Bangkok. Para wisatawan akan disuguhkan kenyaman dalam berbelanja berbagai jenis buah khas Bangkok. Selain itu, lokasi pasar juga cocok untuk dijadikan sebagai lokasi berfoto untuk mengabadikan momen liburan mereka. Ditengah pasar akan tersedia kursi panjang yang nyaman untuk pengunjung yang ingin menikmati buah sambil duduk santai atau pengunjung yang lelah setelah berbelanja.

Pemerintah Thailand sangat peduli dalam membangun pariwisatanya sehingga menjadikan Thailand menjadi salah satu daerah tujuan wisatawan mancanegara. Keseriusan ini dibuktikan pemerintah Thailand dengan terus membangun citra pariwisata Thailand baik melalui daerah pariwisata maupun melalui kulinernya sehingga mereka menobatkan diri sebagai dapur dunia. Pemerintah memanfaatkan keunggulan mereka dalam memproduksi hasil pertanian unggulan untuk mengembangkan pariwisata mereka. Sehingga menjadikan produk buah-buahan bertitle Bangkok menjadi sangat diminati oleh para konsumen internasional.

Salah satu pasar buah yang terkenal di Sumatera Utara adalah pasar buah berastagi. Pasar buah berastagi yang terletak didaerah pariwisata ini memang sering dikunjungi oleh para wisatawan baik asing maupun lokal untuk sekedar berbelanja buah. Sehingga pasar ini memiliki prospek yang cerah untuk meniru keberhasilan Thailand dalam mengelola pasar or tor kor sehingga mampu menarik para wisatawan domestik maupun Internasional dan menjadi salah satu tujuan utama wisatawan ketika berkunjung ke Berastagi.

Berastagi yang terkenal dengan produk hasil pertaniannya menghasilkan produk buah dan sayur yang segar dan unggulan. Potensi ini seharusnya didukung oleh pasar yang mampu mengangkat nilai dari produk pertanian yang dihasilkan. Hanya saja saat ini, lokasi pasar yang tidak nyaman, bau bahkan becek ketika hujan membuat pasar ini tidak nyaman dikunjungi oleh wisatawan. Pembenahan infrastruktur dan lokasi pasar agar lebih nyaman bagi pengunjung merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain itu penyajian buah yang rapi, menarik dan tertata akan menjadikan pasar ini lebih menarik.

Potensi pasar buah berastagi ini jika dikembangkan akan mampu menyaingi pasar buah or tor kor Bangkok. Dalam hal inilah diperlukan peran pemerintah daerah maupun pusat untuk mengembangkan potensi ini, khususnya untuk daerah-daerah yang memiliki potensi pariwisata seperti daerah Berastagi. Konsistensi dalam membangun pariwisata berbasis pertanian di Berastagi sangat diperlukan sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat daerah. Hal ini juga tidak dapat dilakukan hanya oleh pemerintah saja namun masyarakat setempat juga harus turut andil dalam memajukan daerah berastagi sehingga menjadi daerah kunjungan wisatawan mancanegara yang nyaman dan aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *