PEDULI EKONOMI UMAT, LEMI MEDAN ADAKAN DISKUSI KEUMATAN

SUARAMEDANNEWS.COM, Medan – Diskusi Keummatan yang laksanakan oleh Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI cabang Medan berjalan dengan baik di Gedung Insan cita HMI cabang Medan, Sabtu 15/09/2018.

Diskusi Keummatan yang  diadakan oleh Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam HMI cabang Medan mengangkat Tema “Hijrah pemuda Muslim bermindset pekerja menjadi pengusaha sebagai ikhtiar dalam gerakan ekonomi Keummatan”.
Dalam kegiatan ini pengurus mengundang narasumber yang luar biasa diantaranya Bapak Dr.M.Ridha Haykal Amal,S.Sos.SH.M.Si dari dinas koperasi dan UMKM pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Kakanda Ahsanul Fuad Saragih,MA seorang Praktisi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Sumatera Utara, Kakanda M.Fajeri Siregar,SE sebagai Pengusaha UMKM.
Pada acara pembukaan, Taufik Kurniawan sebagai Direktur Eksekutif Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam menyampaikan harapan nya agar “diskusi ini sebagai langkah awal dalam menunjang gerakan ekonomi keumatan, kini HMI harus bergerak nyata dimulai dengan mendudukkan inti permasalahan terkait dengan kondisi umat negeri ini. Dengan demikian bisa mengetahui apa yang harus dilakukan seperti mendirikan koperasi usaha, pengembangan UMKM dan program membangkitkan ekonomi umat lainnya.”

Sesuai Tema yang diangkat, kakanda Ahsanul Fuad siragih,MA menurut beliau” Hijrah Pemuda Muslim bermindset pekerja: Talenta yang kita miliki harus diwadahi. Membangun jejaring bisnis. Dalam persoalan hijrah kita harus pahami juga persoalan Keummatan,Kita lihat produk yang kita konsumsi saat ini bukan punya orang Islam, maka dari itu kita perlu ciptakan sesuatu yang bisa membangun ekonomi kerakyatan”. Ujar beliau
Sementara Hijrah yang awal nya memiliki mindset pekerja menjadi pengusahamenurut narasumber bapak Dr.Ridha Haykal Amal.S.Sos .SH.Msi “Dari segi sektor ekonomi semua itu tergantung kepada niat kita, harus memiliki tekad dari awal,karena kita bisa lihat dari lingkungan aktivis saat ini sangat sedikit yang pengusaha,maka dari itu umat Islam yang Mahasiswa apalagi kader HMI harus bijak dan produktif dibandingkan umat Islam yang tidak berstatus mahasiswa”.

Narasumber selanjutnya dari pengusaha UMKM oleh kakanda M. Fajeri Siregar ,SE, Ak, M.Si “untuk memulai usaha harus dimulai dengan tekad yg kuat dan serius dalam menjalankannya, memanfaatkan waktu untuk bertukar pikiran dengan para pengusaha-pengusaha lainnya, agar merndapatkan referensi ide yg cerdik yg bisa dikembangkan bagi adik-adik kader HMI yg mau berwirausaha.
Satu hal yang sangat penting saya sampaikan, jangan pernah menyerah dalam berusaha sebelum berbuat.”Harapan dari semua pengurus Lembaga Ekonomi Mahasiswa Islam (LEMI) HMI cabang Medan semoga  bisa menjadi wadah kreasi bagi mahasiswa ekonomi dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu ekonomi nya sehingga bisa terwujud Masyarakat yang adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT. (Sgt)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close