Pelantikan 3 Direksi BUMD Pemko Medan Ditunda

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Tim Seleksi (Timsel) Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang berasal dari Universitas Sumatera Utara (USU) mengumumkan 12 nama terpilih dari 100 peserta untuk menempati jabatan direksi di 3 BUMD milik Pemko Medan yakni Perusahaan Daerah (PD) Pasar, PD Pembangunan dan PD Rumah Potong Hewan (RPH) di Ruang Rapat II Balai Kota Medan, Kamis (24/11).

Hasil seleksi tim USU ini diumumkan Prof Budiman Ginting, mewakili  Tim Seleksi Direksi BUMD. Turut hadir dalam pengumuman itu Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution. Asisten Umum Ikhwan Habibi, Kabag Hukum Sulaiman Harahap dan anggota tim seleksi  Prof Lian Dalimunthe, Prof Syafruddin Kaloh SH MH. Setelah  hasil seleksi ini diumumkan, ke-12 nama itu segera dilantik untuk menjalankan tugasnya masing-masing.

Adapun 12 nama yang dinyatakan tim seleksi terbaik dari 110 peserta yang mengikuti seleksi yakni Drs Rusdi Sinuraya sebagai Dirut PD Pasar, Yohny Anwar sebagai Direktur Operasional PD Pasar, Drs Putrama Alhairi (Dirut PD Pembangunan), Sugito SE MSi (Direktur Umum dan Keuangan SDM PD Pembangunan), Arifin Rambe SKom (Direktur Pengembangan dan SDM PD Pasar),

Selanjutnya, Osman Manalu SP MSi (Direktur ADM dan Keuangan PD Pasar), Abdullah Amra ST MHB (Direktur Pengembangan PD Pembangunan), Ir Dasril MM (Direktur Operasional PD Pembangunan), Ainal Mardiah SPd sebagai Direktur Umum dan Keuangan/SDM PD Rumah Potong Hewan(RPH).

Menyusul Drh Manaon Nasution  (Direktur Operasional PD RPHotong Hewan, Isfan F Fachruddin SE MM Direktur Utama PD RPH dan Tonnes Gultom SE Direktur Pengembangan PD RPH.

Dijelaskan Budiman, 100 nama ini mereka seleksi setelah Tim Pansel pemko Medan menyatakan mereka lolos seleksi adminstrasi. Selanjutnya  mereka melakukan seleksi dengan menggunakan 3 metode tes yakni tes akademik dengan bobot 35 %, tes psikologi 30 % dan tes wawancara 35 %. Seteleh melakukan ketiga metode tes ini, Budiman mengatakan  mereka akhirnya menetapkan 12 nama terbaik dan dinilai sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Diakui Budiman, dari hasil tes yang dilakukan, nilai tertinggi yang diperoleh peserta adalah 137. Budiman menilai, 137 itu kalau dirata-ratakan sudah nilai 80. Dimana kalau di Perguruan Tinggi, nilai 80 itu sudah masuk A. Artinya, nilai A itu merupakan skor yang tertinggi.

“Jadi berdasarkan hasil penilaian ini, kami yakin terhadap mereka (12 nama). Namun dalam dunia seleksi dan praktek di lapangan itu bisa berkembang lagi. Itu yang harus diantisipasi ke depan,a rtinya kalau dia punya visi yang baik ke depan, saya yakin mereka bisamebawa ketiga perusahan daerah tersebut meraup keuntungan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Medan, Ir Akyar Nasution MSi mengucapkan terima maksih kepada tim dari USU atas kejasamanya melaksanakan seleksi untuk menetapkan orang-orang yang layak menduduki jabatan direksi di 3 BUMD milik Pemko Medan.

Akyar menilai seleksi yang dilakukan sangat independen dan tim yang melakukan seleksi cukup kompeten. “Hasil seleksi yang dilakukan tim darui USU ini kita terima.

“Hasil seleksi tim dari USU ini kita terima. Selanjutnya, 12 nama hasil seleksi ini akan segera kita lakukan. Insya Allah kita lakukan hari ini (sore). Untuk itu saya minta kepada pihak terkait yang menyangkut dengan pelantikan ini, segera mempersiapkan pelantikan,” kata Akhyar.

Setelah Wakil Walikota menerima hasil seleksi, pelantikan 12 nama itu diputuskan jam 14.30 WIB. Namun, dari 12 nama yang dinyatakan lulus seleksi, hanya 6 orang saja yang datang. Sampai jam 16.00 WIB, ternyata 6 orang lagi tak kunjung hadir sehingga pelantikan pun terpaksa ditunda. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *