Polresta Medan Naik Statusnya Menjadi Polrestabes Medan

SUARAMEDANNEWS.com, Medan-Upacara pelantikan Polresta Medan menjadi Polrestabes Medan dihadiri oleh unsur gabungan TNI, PNS dan jajaran Polsek sekota Medan di Lapangan Merdeka. senin (3/10)

6Upacara ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Ir.H.Tengku Erry Nuradi, M.Si, Walikota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S,M.Si, Komandan Kodim Kolonel M. Ridwan, dan Waka Polda Sumut Brigjend Pol Drs. Adhi Prawoto dalam hal ini mewakili Kapolda Sumut yang berhalangan hadir karena sedang menjalankan tugas ke Jakarta.

Dalam pidatonya Gubernur mengatakan “perubahan nama dari polresta medan menjadi Polrestabes medan tersebut berdasarkan keputusan Kapolri nomor Kep/960/IX/2016 tanggal 22 September tahun 2016 ditetapkan menjadi Polrestabes Medan”.

4Berdasarkan UU NO 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pengembangan kesatuan Polri mengikuti perkembangan wilayah sehingga keputusan Bapak Kapolri perlu dukungan seluruh wilayah Kepolisian di Kota Medan.

Beliau menambahkan “Polrestabes Medan saat ini memiliki 12 Polsek di wilayah kota Medan. Sementara wilayah hukum Polrestabes Medan makin bertambah besar menjadi 24 kecamatan dan 248 kelurahan dengan jumlah personil sebanyak  2371 personil, sementara jumlah penduduk di kota Medan 3.233.211 jiwa, rasio Polri dengan masyarakat adalah 1 banding 1360, sehingga pelayanan Polri masih belum ideal yang diharapkan untuk dapat menjangkau komunitas terkecil.”

2Dengan peningkatan status Polresta Medan menjadi Polrestabes Medan, maka selanjutnya akan dilakukan penyesuaian susunan organisasi, anggaran, sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personil secara bertahap dengan menurut skala prioritas yang sesuai dengan kebutuhan ideal yang diselaraskan dengan perkembangan kota Medan menuju kota Metropolitan. Gubernur juga berhararap kedepan sinergitas yang terbangun baik sampai saat ini dapatlah terus kita tingkatkan dalam rangka mewujudkan sitkamtibmas yang aman dan kondusif diwilayah hukum Polrestabes Medan, khususnya dalam memberantas curas, curat dan curanmor serta narkoba yang sangant meresahkan masyarakat Sumatra Utara.

3Seiring dengan peningkatan tipe Polresta Medan menjadi Polrestabes Medan ini diharapkan segenap anggota dapat meningkatkan pengabdiannya kepada masyarakat pada Bangsa dan Negara, dengan meningkatkan mobilitas dan frekuensi kinerja dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai mana kebijakan Kapolri agar segenap anggota Polri meningkatkan profesionalisme dan kepercayaan masyarakat guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berdasarkan gotong royong.

Penutup pidato Bapak Gubernur Sumetera Utara mengucapkan selamat atas kenaikan status dari Polresta Medan menjadi Polrestabes Medan, selamat bertugas semoga Allah SWT senantiasa memberikan perlindungan dan pertolongan kepada kita sekalian.(Sm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close