Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si

Profil Singkat Kapolda Sumut 2016 Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Selain posisi Kabaintelkam dan Wakabaintelkam, pergantian di tubuh Polri juga terjadi pada posisi beberapa Kapolda. Salah satunya posisi Kapolda Sumatera Utara.

Hal itu terutang dalam Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/2434/X/2016 tertanggal Jumat (5/10/2016). Kapolda Sumut Irjen Raden Budi Winarso dimutasi ke Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol.

Kapolda Sumut akan diisi oleh Irjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya menjabat Kepala STIK Lemdikpol. Sementara jabatan yang ditinggalkan Rycko akan diisi oleh Brigjen Remigus Sigid Tri Harjanto.

Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Ahmad Dofiri digeser menjadi Karosunluhkum Divkum Polri, yaitu posisi yang ditinggalkan Brigjen Remigus.

Sedangkan posisi Kapolda Banten akan diisi oleh Kombes Listyo Sigid Prabowo. Listyo sebelumnya Pamen Polri yang ditugaskan sebagai ajudan Presiden Joko Widodo.

Kapolda Bengkulu Brigjen M.Ghufron digeser ke Pati SSDM Polri untuk penugasan di Kemenko Polhukam. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh Brigjen Yovianes Mahar.

Yovianes Mahar sebelumnya menjabat Kapolda Kepulauan Bangka Belitung. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh Brigjen Anton Wahono.

Brigjen Anton Wahono sebelumnya menjabat sebagai Karo Paminal Div Propam Polri. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh Brigjen Martuani Sormin.

Sementara itu, Wakapolda DIY Kombes Abdul Hasyim Ghani dimutasi ke Pamen SSDM Polri penugasan Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Posisi yang ditinggalkannya akan diisi oleh Kombes Teguh Sarwono.

Berikut Profil Singkat Kapolda Sumut 2016 Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si

Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si
Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si

 

  1. Nama   : Irjen. Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si
  2. Lahir    : Bogor, Jawa Barat, 14 Agustus 1966
  3. Agama : Islam

Penghargaan

  • Adhi Makayasa (1988)

Pendidikan :

  • SDN (1979)
  • SMPN (1982)
  • SMAN (1985) di kota kecil Cibinong, Bogor
  • Kemudian melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang dan menjadi lulusan terbaik dengan predikat Adhi Makayasa, lalu kemudian dilantik oleh Presiden Soeharto di Istana Merdeka pada tanggal 23 Juli 1988.
  • lulusan Magister (S2) Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia pada tahun 2001
  • Doktoral (S3) pada Kajian Ilmu Kepolisian Universitas Indonesia pada tahun 2008 dengan predikat Cum Laude

Karier :

Penugasan pertama ia jalani di Polres Metro Jakarta Pusat sebagai Kepala Unit Kejahatan dengan Kekerasan, selanjutnya ditugaskan sebagai instruktur di Akademi Kepolisian Semarang. Tahun 1993 ia mengikuti pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) dan lulus dengan predikat terbaik, selanjutnya kembali bertugas di Polres Metro Jakarta Pusat, lalu Kasat Reserse Polres Jakarta Selatan, dan kemudian sebagai Wakasat Ekonomi Polda Metro Jaya. Tahun 2002 ia mengikuti pendidikan Sespimpol dan lulus dengan predikat terbaik untuk penulisan Naskah Strategis.

Ia tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting diantaranya Kapolres Jakarta Utara. Setelah itu, ia dipromosikan jadi ajudan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Ia kemudian menjabat Kepala Lembaga Kerjasama Pendidikan Dit PPITK PTIK, lembaga yang menginduk pada Lemdikpol, lalu sebagai Wakapolda Jabar dan kini menjadi Ketua STIK dulu dikenal sebagai PTIK.

Penangkapan Dr. Azhari

Rycko Amelza Dahniel termasuk perwira polisi yang mendapat kenaikan pangkat luar biasa saat tergabung dalam tim Badan Reserse Kriminal Polri (Bareskrim Polri) yang melumpuhkan teroris Dr. Azahari dan kelompoknya di kota Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November 2005

Kasus Menonjol yang Ditangani

  • Bom Bali II (2005)

Riwayat Jabatan :

  • Kapolres Sukabumi Kota
  • Kanit I Dit II/Eksus Bareskrim Polri
  • Kapolres Metro Jakarta Utara Polda Metro Jaya
  • Ajudan Presiden RI (2009-2012)
  • Kepala Lembaga Kerjasama Pendidikan Dit PPITK PTIK (2012-2013)
  • Wakapolda Jawa Barat (2013-2014)
  • Kepala STIK/PTIK (2014-sekarang)

(Red)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *