Rektor Universitas Teuku Umar Ucapkan Selamat Kepada Dr Muhammad Rizal MSi

SUARAMEDANNEWS.com – Muhammad Rizal (Dosen Universitas Teuku Umar) telah mengikuti Sidang Promosi Doktor (S3) bidang ilmu Teknologi Perikanan Laut, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor, pada hari rabu  (1/02/2017).

Sidang promosi doktor Muhammad Rizal  digelar secara terbuka diruang sidang senat Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan IPB. Pada sidang terbuka promosi doktor tersebut, Muhammad Rijan yang juga Dosen Universitas Teuku Umar mempresentasikan disertasi dengan Judul. “Pola Pengembangan KUB Gill-Net di Wilayah Barat Selatan Provinsi Aceh”

Muhammad Rizal menyatakan bahwa pengelolaan sektor perikanan yang berbasis Kelompok Usaha Bersama (KUB) merupakan suatu konsep atau model pengembangan sektor perikanan secara terpadu dalam sektor pengelolaan perikanan yang ada diwilayah barat selatan Aceh. Dengan konsep dan desain yang di paparkan oleh Muhammad Rizal, mampu merumuskan suatu kebijakan dalam sistem pengelolaan sektor-sektor perikanan secara terpadu dalam menunjang perekonomian masyarakat yang ada di wilayah Pantai Barat ProvinsiAceh, sehingga hasil tangkapan para nelayan untuk dipasarkan secara merata dan terdapat nilai jual yang tinggi.

 

Pada sidang promosi Doktor Muhammad Rizal juga dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf SE. MBA sertat Wakil Rektor I dan juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan Universitas Teuku Umar. Dalam kesempatanya Rektor UTU menyampaikan selamat kepada Suadara Muhammad Rizal yang telah sukses mengraih gelar doktornya dibidang ilmu perikanan dan kelautan, dan dapat mengaplikasi ilmunya untuk membangun generasi Aceh yang lebih maju dalam pengelolaan sektor perikanan dan kelautan secara terpadu dan berkelanjutan.

Prof. Dr. Jasman J Ma’ruf SE. MBA Rektor UTU juga menambahkan bahwa untuk  mengelola sektor-sektor perikanan Aceh diperlukan sumberdaya manusia yang benar-benar memahami akan keberlangsungan sumberdaya alam secara terpadu, hal ini sangat diperlukan mengingat sektor perikanan merupakan salah satu sektor yang menggerakan perekonomian masyarakat yang berada dikawasan pesisir barat selatan Aceh.

Dengan ada sumberdaya manusia yang mampu mengelola sumberdaya alam dengan baik, maka dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khusus masyarakat nelayan yang menjadi tujuan utamanya.

Dengan bertambah tenaga pengajar yang sudah bergelar Doktor di Universitas Teuku Umar Aceh Barat, maka dapat meningkatkan peran UTU dalam membangun wilayah Barat Provinsi Aceh kearah yang lebih  baik, dengan menerapkan model-model pengelolaan sektor perikanan secara baik dan berkelanjutan di wilayah pantai barat Aceh.

 

Pengirim redaksi

Samsul Bahri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close