arcandra tahar-liputan6

Resmi Arcandra Tahar Berstatus WNI

 

SUARAMEDANNEWS.com, JAKARTA – Arcandra Tahar Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  dipastikan Yasonna H Laoy Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tetap berstatus warga negara Indonesia dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi III DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Informasi yang beredar diketahui Arcandra memiliki kewarganegaraan Amerika Serikat karena memiliki pasport Amerika pada tahun 2012.

Indonesia tidak mengenal status dwi kewarganegaraan, maka status Arcandra sebagai WNI pun dianggap hilang.

Dengan alasan inilah Presiden Joko Widodo mencopot Arcandra pada 15 Agustus, saat ia 20 hari menjabat sebagai Menteri ESDM.

Yasonna mengatakan, dari hasil pemeriksaan, Arcandra sudah mengajukan pengunduran diri sebagai warga negara Amerika Serikat pada 12 Agustus dan disetujui pemerintah AS pada 15 Agustus, maka Kemenkumham tak jadi mencabut status Arcandra sebagai WNI.

 

Yasonna mengakui, pasal 23 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan menyebutkan, WNI kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri.

Namun ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara kehilangan kewarganegaraan itu diatur dalam pasal 30 UU yang sama.

“Benar dalam UU dia kehilangan kewarganegaraan, tapi ada tata cara,” disampaikan Yasonna.

Dipastikannya Arcandra Tahar resmi berstatus Warga Negara Indonesia yang disampaikan Yasonna Menteri Hukum dan HAM, akankan Presiden Republik Indonesia Jokowi kembali melantik dan memberikan amanah Menteri ESDM kepada Arcandra.

(Sumber : Kompas.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *