SMP Swasta AL-Hidayah Medan Tembung Melakukan Pengutipan Uang Ujian Nasional (UN) Sebesar 300 rb

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Sejumlah orang tua siswa di SMP Swasta Al-Hidayah Jl. Letda Sujono Gg.Perguruan No. 04 Kec. Medan Tembung mengeluhkan adanya pungutan yang dilakukan pihak sekolah sebesar Rp.780 ribu, rincian biaya itu antara lain, untuk buku LKS Rp.120 rb, Les di sekolah sampai tamat Rp.110 rb, kisi-kisi soal Rp.110 rb, foto Rp.30 rb, perpisahan Rp.120 rb dan uang ujian nasiongal (UN) Rp.300 rb. Padahal Negara telah menjamin biaya pendidikan melalui alokasi APBN seberar 20 persen, seperti surat edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan No.5 tahun 2015, BAB VII Pasal 25 ayat 1-2 dan pasal 26, sudah jelas menegaskan tidak ada pengutiapan untuk peserta didik yang mengikuti UN.

1Salah satu orangtua siswa yang enggan disebutkan namanya mengatakan jika anaknya diminta Wakil Kepala Sekolah (Wakepsek) yang mendatangi seluruh Kelas IX tentang adanya biaya UN. Hal itu menjadi tanda tanya besar baginya yang heran dengan adanya kutipan biaya UN yang jelas-jelas biayanya di tanggung pemerintah.

” Anak saya kemarin di suruh mencatat apa-apa saja yang harus di bayar untuk menjelang ujian nanti, agar semua biaya itu bisa di cicil, yang buat saya mangkin heran kenapa pula uang ujian nasional (UN) di pungut biaya yang jumlahnya sangat besar.” terangnya

Dia juga menambahkan kalau ada uang kegiatan seperti perpisahan seharusnya orang tua di ajak rapat bersama komite sekolah, bukan sekolah mengambil kebijakan sendiri seperti itu.

“Setahu saya yang namanya untuk uang seperti perpisahankan seharusnya kami selaku orang tua siswa di ajak rapat bersama komite sekolah, ini sama sekali tidak ada bang.” tambahnya

Kepala sekolah SMP AL-Hidayah saat di hubungi wartawan melalui no telpon 08129469XXXX mengatakan tidak ada pembayaran uang ujian nasiolan di sini semua itu bohong.

“ tidak ada kami meminta uang ujian nasional kepada siswa, bohong itu.” Terangnya.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *