Terkait Dugaan Dwell Time 2 Oknum Petugas Ditangkap di Pelabuhan Belawan

SUARAMEDANNEWS.com, Jakarta – Dwell time di pelabuhan selalu menjadi sorotan Presiden Jokowi. Rupanya ada dugaan oknum petugas yang membuat proses itu berjalan lama, dan ada yang yang sudah ditangkap.
“Sudah di Sumatera Utara, di Belawan. Ada yang sudah kita tangkap kalau enggak adalah pemerasan. Pelaku lain menyusul kalau enggak salah 2 orang ditangkap, tapi terus berkembang,” kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Gedung Setneg, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2016).

Modus yang dilakukan 2 oknum petugas ini adalah meminta uang agar barang bisa keluar pelabuhan. Hal ini membuat dwell time menjadi lama.

Kedua oknum tersebut ditangkap oleh Polda Sumut. Tito belum bisa memberi tahu identitas pelaku yang ditangkap.
“Yang jelas dari oknum petugas yang melibatkan juga calo,” kata Tito.

Uang dari pemerasan kedua oknum ini disebut Tito tak terlalu besar. “Enggak banyak, hanya berapa juta. Tapi kalau berlangsung sekian tahun dan frekuensinya banyak kan cukup banyak kalo diakumulasi,” imbuhnya

Keterangan : Dwell time adalah ukuran waktu yang dibutuhkan kontainer impor, sejak kontainer dibongkar dari kapal (berthing) sampai dengan keluar dari kawasan pelabuhan (gate out). Hatta khawatir atas tren peningkatan dwelling time yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok beberapa tahun terakhir.

Sumber : (Detik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close