Tujuan Wisata Di Medan Dan Sumatera Utara Yang Sering Dikunjungi

SUARAMEDANNEWS.com –  Tujuan Wisata Di Medan Dan Sumatera Utara Yang Sering Dikunjungi masyarakat lokal, Nasional maupun Internasional di KOta Medan dan Sumatera Utara akan dipaparkan dan disajikan. Keindahan kota Medan dengan beberapa tempat yang sering dikunjungi seperti Istan Maimun, Mesjid Raya, Museum Galery Rahmadsyah, Taman Budaya, dan masih banyak yang lainnya, maupun keindahan alam Sumatera Utara, sudah tentu tidak diragukan lagi, bagi para wisatawan yang sudah pernah mengunjungi wisata alam di Sumut. Nah kali ini kita akan jalan-jalan keliling obyek wisata di Medan dan Sumatera Utara.

Tempat wisata di Medan Sumatera Utara apa saja kah? Berikut ulasannya.

 

1. Tangkahan

Tangkahan karena keindahannya terkenal sebagai surga tersembunyi di Leuser. Terletak di Desa Namo Sialang, Batang Serangan Langkat Sumatera Utara dengan luas sekitar 17.000 hektar. Keberadaan Patroli Partisipatif menggunakan gajah, menjadikan Tangkahan sebagai tujuan wisata yang digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Antara tahun 1980 sampai 1990-an, masyarakat di sekitar Tangkahan dulunya giat membalak kayu hutan yang berasal dari Taman Nasional Gunung Leuser. Namun seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat kemudian sadar akan kerusakan dan kesalahan yang telah mereka lakukan. Atas kesepakatan bersama masyarakat di Tangkahan kemudian memutuskan untuk menghentikan pembalakan kayu ilegal dari dalam kawasan Leuser dan mengembangkan kawasan ekowisata Tangkahan. Pada tahun 2001, masyarakat Tangkahan berkumpul dan menyepakati peraturan desa yang melarang segala aktivitas ilegal dan mendirikan Lembaga Pariwisata Tangkahan.

Fasilitas di Tangkahan meliputi sarana penginapan Bamboo River Lodge, memiliki enam kamar double dilengkapi dengan kamar mandi. Tarif berkisar antara Rp. 75.000 sampai dengan Rp. 100.000 per malam. Adapula penginapan lain dengan harga mulai dari Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 150.000 per malam. Fasilitas lainnya yang tersedia adalah visitor centre, camping ground, dan warung makan tradisional milik masyarakat setempat. Para pemuda lokal banyak yang bekerja sebagai pemandu di lokasi wisata Tangkahan. Mereka tergabung dalam suatu wadah yang disebut Lembaga Pariwisata Tangkahan (LPT).

2. Taman Nasional Gunung Leuser

wisata-sumatera-utara-taman-nasional-gunung-leuserJika Anda sudah khatam dengan taman nasional gunung di Pulau Jawa, mungkin saatnya Anda menjajaki Pulau Sumatera. Salah satunya adalah Taman Nasional Gunung Leuser ini. Di sini, Anda bisa menikmati wisata alam khas Sumatera Utara dengan mendaki gunung atau sekedar trekking atau lintas alam. Kawasan taman nasional ini melintasi dua provinsi, yakni provinsi Sumatera Utara dan Nangroe Aceh Darussalam. Pemandangan alam yang indah dan menyejukkan hati ini semakin lengkap dengan berbagai jenis flora serta fauna yang menjadikan Taman Nasional Gunung Leuser sebagai habitatnya.

3. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

wisata-sumatera-utara-salju-panas-dolok-tinggi-rajaIni merupakan sebuah obyek wisata di Sumatera Utara, tepatnya di desa Dolok Tinggi Raja yang sangat menarik. Jika biasanya salju memiliki suhu yang dingin, lain halnya dengan di Sumatera Utara yang memiliki salju panas. Kok bisa? Sebenarnya ‘salju’ ini adalah tanah pada kawasan Salju Panas Dolok Tinggi Raja yang bewarna putih, sehngga seperti salju. Selain kawasan bertanah putih ini, Anda juga dapat menjumpai sebuah danau air panas yang memiliki warna biru kehijau-hijauan di sini. Maka itu, tempat ini dinamakan salju panas. Namun ternyata, obyek wisata ini belum terlalu terkenal dan masih memiliki sistem wisata yang buruk. Hati-hati terhadap warga sekitar sana yang kerap meminta sejumlah uang.

4. Bukit Lawang

Bukit Lawang
Bukit Lawang

Bukit Lawang lokasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik penduduk lokal maupun luar negeri. Jika menempuh perjalanan dari Kota Medan, kita akan menghabiskan waktu selama 3 jam untuk sampai ke sini. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi anda yang suka menjelajah hutan serta melihat kehidupan satwa liar secara langsung. Bukit Lawang merupakan sejenis hutan tropis yang ada di pintu masuk Taman Nasional Gunung Leuser. Aktivitas lain yang bisa dilakukan keik berada di Bukit Lawang dalah trekking dan rafting. Alamat : Kecamatan Bohorok, Kabupaten Langkat.

 


Baca Juga : Salah Satu Tempat Wisata Sumatra Utara Yang Harus Kamu Kunjungi


5. Danau Toba

Danau Toba
Danau Toba

Danau Toba merupakan salah satu wisata alam andalan dan terpopuler di Sumatera Utara. Danau Toba mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Di tengah Danau Toba ada sebuah pulau kecil bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi.

Tempat wisata di medan yang pertama adalah danau toba. Nama Danau vulkanis yang paling besar dan luas di dunia ini sudah sampai ke mancanegara. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang teramat besar. Letusan tersebut membentuk kawah yang besar dan lama-kelamaan akan terisi air.

Untuk menikmati indahnya danau, anda dapat berkeliling menggunakan sepeda yang dapat disewa. Keliling di sepanjang tepi danau, kegiatan yang sungguh menyenangkan. Aktivitas lain yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Danau Toba antara lain adalah olahraga air, berenang, dan menyewa boat untuk jelajah danau. Oh, ya, bagi anda yang ingin tinggal lebih lama di Danau Toba, dapat menyewa penginapan atau hotel yang tersedia di sekitar obyek wisata eksotis ini. Alamat : Parapat, Sumatera Utara.

6. Air Terjun Telaga Sibolangit

Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna

Bagi anda yang menyukai wisata alam, tempat ini tak boleh dilewatkan. Namanya Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit atau Air Terjun Sibolangit. Jika ditempuh dari Kota Medan, butuh waktu 2 jam perjalanan.

Sibolangit adalah pegunungan dengan hawa yang segar dan keindahan alam sangat eksotis. Air terjunnya ada dalam hutan Sibolangit. Sesuai namanya, air terjun ini memang mempunyai dua warna yaitu putih untuk air hangat dan biru untuk air dingin. Jika anda berada di Sibolangit dan ingin mencapai lokasi air terjun, dapat menempuh perjalanan selama 3 jam. Oh, ya, kalau anda suka camping, bisa dilakukan di sini juga lho. Menyenangkan, bukan?. Alamat : Durin Sirugun, Kec. Sibolangit, Deli Serdang.

7. Air Terjun Sipiso -Piso

Air Terjun Sipiso - Piso
Air Terjun Sipiso – Piso

Obyek wisata alam lain yang terkenal adalah Air Terjun Sipiso-piso. Magnet dari air terjun ini yaitu letaknya yang begitu dekat dengan Gunung Sipiso-piso, tinggi air terjun sampai dengan 120 meter.

Di samping itu, kita pun dapat menyaksikan panorama alam cantik Danau Toba dari lokasi air terjun. Apabila anda ingin menikmati air terjun dari bawah, anda harus menuruni 1000 anak tangga berliku lebih dahulu. Alamat : Desa Tongging, Kabupaten Karo.

 

8. Air Terjun Sigura-gura

Air Terjun Sigura - Gura
Air Terjun Sigura – Gura

Air terjun paling tinggi di Indonesia dengan suara air yang dapat terdengar sampai jauh dan aliran yang deras. Ketinggiannya mencapai 250 meter dan letaknya dekat dengan Danau Toba. Memiliki hawa sejuk dan menyegarkan.

Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan di sini adalah berkemah, rafting, mengambil foto dengan latar belakang keindahan air terjun, dan sebagainya. Alamat : Kabupaten Toba Samosir.

9. Air Terjun Satu Hati

Kawasan Sibolangit kaya akan tempat wisata pemandian. Selain Air Terjun Dua Warna, ada juga Air Terjun Satu Hati yang Berada di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara yang memiliki daya pikat ketinggian air terjun dan pohon tua yang bersandar pada tebing air terjun tersebut.

Sebelum membicarakan keindahan air terjunnya, keindahan alam untuk menuju kawasan tersebut juga tidak kalah menakjubkan.

Traveler ditawarkan pengalaman berada di hutan rimba yang memiliki tebing yang curam, dan memiliki pohon-pohon besar yang sudah berusia puluhan tahun.

Traveller juga harus menuruni tebing-tebing untuk sampai ke bawah menuju Air Terjun dengan menggunakan alat bantu tali tambang.

Perjalanan menuju Air Terjun menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan berjalan kaki dengan melewati perkebunan kopi penduduk dan hutan belantara.

Tapi, ada juga pondok dari bambu dan tanaman bunga serta hiasan batang pohon yang dijadikan tempat duduk untuk wisatawan beristirahat jika lelah.

Traveller akan mudah untuk menemukan lokasi tersebut karena persimpangannya tidak jauh dari Bumi Perkemahan (BumPer) Sibolangit, maka setelah melewati Bumper perhatikan simpang sebelah kiri, disitu akan terlihat Papan petunjuk arah menuju Air terjun Satu Hati.

Hanya sekitar 1 Km untuk sampai ke Posko Air terjun Satu Hati dari simpang Bumi Perkemahan Sibolangit.

Biaya retribusi menuju Air terjun Satu Hati yaitu Rp 15 ribu perorang, itu sudah termasuk pemandu yang mengantarkan menuju Air Terjun tersebut dan uang parkir di halaman penduduk.

Air Terjun Satu Hati memiliki ketinggian sekitar 25 meter dengan debit air yang jatuh cukup deras.

Pada Air Terjun terdapat sebuah batang pohon besar yang secara tidak sengaja berdiri miring menyandar ke air Terjun tersebut selama hampir 20 tahun.

Sehingga sepintas mirip Air Terjun Tongkat yang ada di Kabupaten Langkat, mungkin pohon tumbang karena angin dan hujan deras.

Jika sedang musim hujan, maka aliran air terjun akan banyak sampah. Tumpukan sampah di sekitar air Terjun bukan dari wisatawan, melainkan dari aliran sungai yang mengirim banjir ke sini dan membawa sampah.

Jika rombongan yang ingin ke Air Terjun Satu Hati sebenarnya gratis alias tidak dipungut biaya jika ada satu di antara rombongan pernah dan tahu akses ke sana.

Penduduk mempersilahkan wisatawan datang jika memang sudah tahu aksesnya, tapi jika belum ada yang pernah, ada baiknya menggunakan pemandu dan membayar jasa pemandu, karena kawasan satu hati berada di tengah hutan yang curam.

Ada adegan tarik-tarikan dengan tali tambang sangkin licinnya tanah di tebing jika sedang musim hujan. Ada area kebun kopi penduduk yang banyak belokan bisa membingungkan pengunjung. Jadi for saving ajak yang sudah berpengalaman ke sana.

10. Pulau Samosir

Samosir
Samosir

Pulau Samosir dengan Danau Toba menjadi satu dan tak terpisahkan karena letak pulau yang berada di tengah danau. Pesona alam yang masih alami dari Pulau Samosir menjadi daya tarik utama obyek wisata alam yang satu ini. Pulau ini memiliki tinggi 1000 meter di atas permukaan air laut.

Apa saja sih yang ada di Pulau Samosir? Di sini kita dapat belajar sejarah Suku Batak, terdapat pula baju, aksesoris, sampai dengan kain tradisional Batak yang dijual untuk wisatawan/umum. Tempat yang wajib dikunjungi tatkala berlibur di Samosir adalah Tuktuk. Tuktuk merupakan tempat persinggungan antara dua pulau yaitu Sumatera da Samosir.

Apabila kita dari Parapat, dapat naik kapal feri untuk mencapainya. Cara terbaik menikmati panorama alam eksotis Samosir adalah dengan jelajah perbukitan hijau seraya menatap pemandangan danau biru yang jernih. Alamat : Kabupaten Samosir.

11. Air Terjun Janji

Air Terjun Janji
Air Terjun Janji

Keindahan alam Danau Toba sudah tidak diragukan lagi. Tak heran kalau namanya begitu terkenal sampai mancanegara. Ketika liburan ke Danau Toba, tak hanya wisata ini yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi obyek wisata di tepi danau juga tidak kalah indah, salah satunya adalah Air Terjun Janji.

Tempat wisata di Medan yang satu ini menjadi salah satu tempat yang indah untuk dikunjungi. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk cukup menjadi alasan mengapa para pengunjung akan terus kembali ke tempat ini. Selain tempatnya yang berada tak jauh dari danau toba, Air terjun janjipun tak sepi pengunjung.

Alamat : Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan.

12. Sipinsur

Sipinsur
Sipinsur

Obyek wisata yang terkenal di Kabupaten Humbang, salah satunya adalah Sipinsur. Berdiri di atas lahan seluas 2 hektar dengan tinggi sekitar 1.213 meter di atas permukaan air laut, mempunyai pemandangan yang indah.

Salah satunya adalah panorama Danau Toba dan Pulau Samosir. Di bawah lokasi Sipinsur juga tampak Pulau Sibandang dan Kota Muara. Para pengunjung akan melihat keindahan alam mulai dari laut, bukit dan pegunungan di waktu bersamaan karena dapat di lihat dari ketinggian. Hal ini lah yang membuat wisata sipinsur menjadi wisata favorit keluarga untuk di kunjungi. Tak hanya itu, wisata ini banyak dijadikan tempat untuk fotografi bagi para photographer andal.

13. Danau Linting

Danau Linting
Danau Linting

Di Sumatera Utara ternyata tak hanya obyek wisata Danau Toba yang memiliki keindahan alam nan eksotis. Bergeser sedikit dari lokasi Danau Toba, kita akan jumpai sebuah danau dengan warna hijau kebiruan dan alam sekitar yang asri sejuk bernama Danau Linting.

Bagi anda yang ingin relaksasi sambil bersantai memanjakan mata, sangat tepat memilih destinasi wisata ini. Keindahan alam di Danau Linting cukup berbeda dengan danau lainnya, karena air yang sedikit berwarna hijau toska ini cukup menarik perhatian para pengunjung.

 

14. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Pemandian Air Panas Lau Sidebuk
Pemandian Air Panas Lau Sidebuk

Pemandian air panas ini merupakan pemandian yang mengandung belerang dan banyak memiliki kolam. Dipercaya dapat menyembuhkan aneka macam sakit kulit. Pemandian Air Panas Lau Sidebuk terletak di Desa Douluh, 3 menit dari Penatapan.

Tempat wisata di Medan yang satu ini cukup terkenal, banyak para pengunjung yang berulang kali datang ke tempat ini bahkan untuk  melakukan terapi berendam di kolam air belerang. Tak hanya itu, tempat ini juga menyuguhkan makanan khas medan yang cukup menggugah selera.

15. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya
Maha Vihara Adhi Maitreya

Obyek wisata religi yang dapat anda kunjungi tatkala liburan ke Medan adalah Maha Vihara Adhi Maitreya. Nama lain dari obyek wisata ini yaitu Vihara Cemara Asri. Ya, orang-orang menyebutnya demikian karena lokasi vihara memang berada di kompleks Perumahan Cemara Asri.

Datang ke tempat ibadah agama budha ini, tidak perlu membayar atau gratis. Akan tetapi perlu diperhatikan untuk tetap menjaga ketenangan. Suasana vihara begitu tenang, damai, asri, rapi. Vihara ini adalah yang terbesar di Indonesia dan berdiri di lahan seluas 4,5 hektar.

Di dalam vihara terdapat 3 buah patung suci, yaitu Patung Budha, Hakim Bao, serta Dewi Kwan Im. Aktivitas yang dapat dilakukan di sini selain beribadah bagi umat budha adalah mengambil foto, karena lokasinya yang indah dan menarik sebagai obyek. Alamat : Jalan Cemara Boulevard Utara No. 8.

16. Kebun Binatang Medan (Medan Zoo)

Salah satu tempat wisata di SUmatera Utara yang wajib anda kunjungi adalah Medan Zoo. Kebun Binatang ini dikelola oleh Pemerintah kota Medan dimana terdapat berbagai koleksi hewan tropis, hewan mamalia seperti Harimau, Gajah, Singa, Beruang. Medan Zoo terletak di jalan Pintu Air IV Kelurahan Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan berjarak sekitar 10 Km dari pusat kota. Tarif Masuk ke tempat wisata ini terbilang murah, cukup dengan Rp. 7.000,- dan buka setiap hari pukul 09.00 s/d 17.00 WIB.

 

 

17. Taman Buaya Medan

Taman ini telah dihuni kurang lebih 2600 ekor buaya yang pemeliharaan dimulai sejak tahun 1959. Taman Buaya ini terletak di kelurahan Asam Kumbang Kecamatan Medan Selayang. Ditaman ini anda bisa melihat buaya yang baru lahir sampai buaya yang berusia 25 tahun dan sebagain buaya telah dilatih untuk melakukan atraksi yang menakjubkan. Taman Buaya Medan terletak di Jln Bunga Raya II No. 59 Sunggal dan buka saat pukul 09.00 Wib hingga Pukul 17.00 Wib

 

 

18. Masjid Raya Medan

Salah satu ikon Sumatera Utara yang berada Kota Medan adalah Masjid Raya Medan. Mesjid yang dibangun dengan nilai budaya dan sejarah yang tinggi ini merupakan Mesjid terbesar di Sumatera Utara. Masjid Raya Medan merupakan tujuan tempat wisata para pendatang kota Medan. Jika anda ingin mengunjungi Masjid ini, anda dapat menemukannya di Jln Sisingamangaraja, Medan

 

 

 

19. Istana Maimun

Istana Maimun merupakan istana Kesultanan Deli yang juga telah menjadi salah satu ikon kota Medan. Instana ini berada di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun. Jika anda gemar berwisata ketempat tempat bersejarah, maka Istana Maimun adalah tempat yang pas untuk anda datangi. Selain dari sejarahnya, Istana ini juga memiliki desain interior yang unik, dimana paduan unsur warisan kebudayaan Melayu tergabung dengan gaya Islam, Spanyol, India serta Italia yang dapat membuat para wisatawan terpukau.

 

 

20. Rahmat International Wildlife Museum and Gallery

Obyek wisata yang satu ini merupakan sebuah museum dan gallery yang memamerkan koleksi berbagai hewan yang diawetkan. Tempat wisata di Sumatera Utara yang berada di kota Medan ini ternyata memiliki koleksi hewan yang diawetkan paling lengkap se-Asia, lho! Hebat, bukan? Anda bisa mengunjungi museum ini di Jalan S. Parman, Medan. Anda bisa menikmati wisata di museum ini pada siang hari atau malam hari dengan program safari malamnya, seperti di Taman Safari, Cisarua. Anda akan dikenakan biaya untuk tiket masuk, dan biaya tambahan jika

 

 

21. Museum Bukit Barisan

Museum ini mulai dibuka tahun 1971, yang merupakan tempat wisata menarik untuk dikunjungi karena didalamnya tersimpan benda-benda bersejarah pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia melawan pemberontakan pada tahun 1958. Nilai-nilai sejarah dimuseum ini memberikan gambaran kehebatan Perjuangan Pahlawan dimasa lalu. Museum ini terletak di Jln. Zainul Arifin dan relatif mudah untuk ditemukan.

 

 

 

22. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

Taman Wisata Rohani
Taman Wisata Rohani

Monumen yang berbentuk salib ini dibangun di atas Dolok Siatas Barita. Tujuan pembangunan monumen adalah untuk mengenang jasa serta pengabdian Dr. Ingwer Ludwig Nommensen yang merupakan missionaris dari Jerman Utara. Dialah yang membawa ajaran kristen di Tanah Batak, sehingga masyarakat terbebas dari keterbelakangan peradaban dan kepercayaan animisme.

Di puncak Dolok ini, Nommensen pernah hendak dibunuh oleh warga Batak yang saat itu sedang melakukan ritual menyembah Simbaon Siatas Barita (roh alam). Pemimpin ritual meminta para pengikut untuk membunuh. Tetapi Nommensen menolak dan mengatakan roh alam adalah roh setan.

Tiket masuk Salib Kasih sebesar Rp 2.000,- per orang. Salib ini tingginya 30 meter dan berhias lampu, sehingga monumen yang berdiri di Kaki Bukit Siatas Barita itu dapat terlihat dengan jelas dari Kota Tarutung. Apa saja yang ada di Taman Wisata Rohani Salib Kasih? Ada Rumah Doa (untuk memanjatkan doa) yang berukuran kecil, tempat duduk yang biasa dipakai untuk kebaktian berkapasitas 600 orang, dan lain-lain. Alamat : Bukit Siatas Barita. Tarutung.

23. Kota Tarutung

Kota Tarutung
Kota Tarutung

Ibukota Kabupaten Tapanuli Utara ini merupakan pusat wisata keagamaan di daerah Sumatera Utara. Kota Tarutung dengan hawa dingin dan keindahan alam mempesona, mempunyai beberapa tempat wisata menarik, diantaranya adalah pemandian air soda bernama Aek Rara Tarutung.

Perlu diketahui bahwa pemandian ini hanya ada dua buah di dunia, yang satu lagi ada di Venezuela. Selanjutnya ada Sijaba Huta Ginjang, salah satu taman wisata alam yang ada di Sumatera Utara dan menghadap ke Danau Toba, juga Taman Wisata Rohani Salib Kasih. Alamat : Kabupaten Tapanuli Utara.

 

24. Pulau Nias

Pulau Nias
Pulau Nias

Tempat wisata di medan berikutnya dalah pulau nias. Pulau ini terkenal dengan kegiatan lompat batu dan selancarnya. Pulau ini pun memiliki keindahan alam yang memikat hati. Para pemuda di Pulau Nias dapat dengan mudah menaklukkan dinding batu dengan tinggi 2 meter. Ini merupakan atraksi yang populer di Pulau Nias. Dan bagi anda yang ingin menyaksikannya dapat berkunjung ke Desa Bawomatauo.

Tradisi lompat batu lahir karena adanya kebiasaan warga masyarakat yang suka berperang antar desa. Sedangkan untuk menyaksikan pertunjukan tari perang dengan penari berkostum tradisional, hiasan kepala berupa bulu burung yang mempunyai warna cerah bisa dilihat di dua desa, yaitu Desa Hilisimae dan Bawatomataluo. Kegiatan lain yang dapat dilakukan yaitu berselancar di pantai berombak besar dan menantang.

Pulau Nias lokasinya di bagian barat Sumatera, tepatnya di Samudera Hindia. Selain beberapa kegiatan yang sudah dibahas di atas, kita juga dapat kunjungi Museum Pusaka Nias, yang mempunyai koleksi benda-benda budaya masyarakat Nias sebanyak 6.500 buah. Wisata Pulau Nias juga sudah terkenal namanya sampai ke luar negeri, sama seperti Danau Toba.

25. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Gunung ini adalah salah satu gunung api yang masih aktif. Keindahan alamnya menjadi daya tarik para wisatawan. Keindahan Kota Medan akan tampak jelas dari gunung ini. Dan bagi anda yang ingin menyaksikan matahari terbit atau sunset, dapat kunjungi obyek wisata ini.

Perlu diketahui bahwa Gunung Sibayak dikenal pula dengan nama Gunung Raja. Untuk mencapainya, kita dapat ke Brastagi lebih dahulu yang jaraknya 77 km dari Kota Medan dan dapat ditempuh dalam kurun waktu 2 jam. Yang ingin mendaki Gunung Sibayak dikenakan tiket seharga Rp 4.000,- per orang. Alamat : Kecamatan Sei Bingai, Langkat.

26. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

Graha Santa Maria
Graha Santa Maria

Salah satu obyek wisata rohani di Medan yang terkenal. Gereja umat katolik yang mempunyai bentuk unik, mirip dengan kuil hindu. Gereja ini awalnya dibangun untuk umat katolik tamil yang ada di Kota Medan, tetapi lama-kelamaan terbuka juga untuk umum.

Annai Velangkanni (Bunda Velangkanni) dibangun dengan tujuan sebagai persembahan untuk Bunda Maria yang pernah terlihat ada di daerah pesisir Velangkanni, Tamil Nadu, India abad ke-17. Selain berdoa, di sini banyak pengunjung yang menyempatkan diri untuk mengambil gambar. Sudut lain dari tempat wisata rohani ini adalah Kapel Maria yang biasa dipakai untuk berdoa pada Bunda Maria. Alamat : Jalan Sakura III No.7-10 Tanjung Selamat, Kecamatan Medan Tuntungan.

27. Taman Alam Lumbini

Taman Lumbini
Taman Lumbini

Obyek wisata alam dengan udara sejuk ini dapat dikunjungi tanpa harus bayar tiket. Lokasinya di Kaki Gunung Sibayak, mempunyai keunikan berupa pagoda paling tinggi di Indonesia. Pagodanya merupakan replika Pagoda Shwedago Myanmar.

Ciri khas ada pada stupa budha yang tingginya mencapai 46,8 meter dengan panjang 69 meter. Di sini ada 2.500 patung budha dengan cat warna kuning emas. Keliling lokasi ini akan sangat menyenangkan. Alamat : Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Brastagi, Karo.

 

28. Taman Wisata Iman Dairi

Iman Dairi
Iman Dairi

Taman wisata ini adalah sejenis wisata rohani. Semboyan Indonesia yaitu Bhinekka Tunggal Ika, walau berbeda tetap satu, inilah yang meyatukan perbedaan. Terbukti dengan adanya 5 tempat ibadah keagamaan (sesuai jumlah agama yang diakui di Indonesia) dalam satu wadah bernama Taman Wisata Iman di kawasan Dairi.

Jika ingin berkunjung, dari Kota Medan kita butuh waktu tempuh selama 5 jam dengan jarak 154 km. Alamat : Bukit Sitinjo, Kabupaten Dairi.

 

29. Huta Siallagan

Huta Siallagan
Huta Siallagan

Ketika berkunjung ke lokasi wisata yang satu ini, dapat anda saksikan pemandangan berupa deretan rumah bolon dan sopo. Keunikan terletak pada adanya batu parsidangan, yaitu deretan kursi batu yang mengintari meja batu. Letak batu ada di tengah kampung, bawah pohon hariara yang tergolong pohon suci. Batu parsidangan terletak di 2 lokasi.

Pertama di bawah pohon, melingkar dan tertata dengan rapi yang dimanfaatkan sebagai tempat rapat. Kursinya diperuntukkan bagi raja, permaisuri, tetua adat, raja dari huta tetangga, serta orang pintar (pemilik ilmu kebatinan). Yang kedua, batu parsidangan untuk tempat eksekusi. Sebenarnya sama dengan batu parsidangan pertama, tetapi ditambah dengan batu besar panjang untuk berbaring para terdakwa yang hendak dipenggal.

30. Museum TB Silalahi

Museum Tb Silalahi
Museum Tb Silalahi

Tempat wisata di Medan selanjutnya ada Museum TB Silahi. Apabila kita berkunjung ke museum ini, kita akan diajak untuk kenal budaya batak dengan lebih dekat. Lokasinya dekat Danau Toba, tak heran kalau panorama alamnya sungguh cantik.

Museum ini memiliki 3 lantai, dengan desain interior modern berbalut ukiran gorga. Di lantai 2 dan 3, dapat anda saksikan panorama Danau Toba dan lanskap kawasan Balige yang begitu jelas. Alamat : Jalan Pagar Batu 88 Balige, Sumatera Utara.

31. Cagar Alam Sibolangit

Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit

Hiruk pikuk Kota Medan terkadang membuat penat. Jika hal ini terjadi pada anda, cobalah untuk berlibur ke Cagar Alam Sibolangit yang masih memiliki suasana yang asri dan segar. Untuk sampai lokasi wisata jika dari Kota Medan, jaraknya sekitar 40 km. Naik kendaraan butuh waktu sekitar 1 jam.

Tempat wisata yang satu ini cukup menjadi rekomendasi bagi para penyuka alam. Udara yang sejuk menjadi penenang pikiran sekaligus penghilang penat dari segala macam aktivitas yang telah dijalani. Cagar alam sibolangit juga menjadi salah satu contoh tempat wisata untuk mengkkampanyekan go green karena semakin panasnya bumi akibat pemanasan global. Alamat : Kecamatan Sibolangit, Deli Serdang.

 

32. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit
Hillpark Sibolangit

Nah, bagi anda yang mencari lokasi wisata yang tepat bagi buah hati, datanglah ke Hillpark Sibolangit. Ini adalah taman bermain dengan beragam wahana yang menarik. Pas jadi tujuan wisata keluarga.

Beraneka ragam permainan yang bisa dinikmati di tempat ini, mulai dari roller coster yang menjadi bagian wahana ekstrim hingga kora-kora dan bianglala yang menjadi favorit para pengunjung yang patut untuk di coba. Tak hanya itu, banyak wahana lain yang bisa di nikmati oleh anak-anak dan orangtua. Hillpark Sibolangit cukup lengkap untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Alamat : Green Hill City.

 

33. Menara Padang Tele Samosir

Menara padang Tele Samosir
Menara padang Tele Samosir

Untuk menikmati indahnya Danau Toba dan Pulau Samosir memang dapat dilakukan dari berbagai lokasi. Salah satunya adalah dari Menara Padang Tele Samosir.

Tempat ini menjadi tempat paling pas untuk melihat semua keindahan pulau samosir. Lokasinya yang berada di ketinggian di tambah lagi menara yang bertingkat-tingkat ini membuat siapa saja yang melihat keindahan pulau samosir dari tempat ini akan terkagum-kagum. Terutama pada saat matahari terbenam, akan menambah view yang luar biasa bagusnya. Keindahan danau toba dan pulau samosir akan tergambarkan dari menara padang tele samosir ini.

34. Pantai Pandan

Pantai Pandan
Pantai Pandan

Wisata Pantai Pandan memiliki ombak yang biru bergulung dengan hamparan pasir lembut. Wisata pantai menjadi salah satu lokasi wisata favorit bagi semua orang. Indonesia yang merupakan negara kepulauan, tak heran kalau punya banyak pantai nan indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pandan ini.

View yang cukup indah membuar para pengunjung akan betah beralama-lama dan kembali lagi untuk menikmati keindahan laut yang cukup mempesona. Pastinya pantai ini akan sangat menarik untuk di jarikan surfing para peselancar.

 

35. Gundaling

Gundaling
Gundaling

Bukit Gundaling memiliki keindahan alam yang tak kalah mempesona dengan Bukit Lawang dan Gunung Sibayak. Ini termasuk dalam obyek wisata alam di pinggiran Brastagi. Salah satu kegiatan favorit yang dapat dilakukan ketika berlibur kemari adalah menyaksikan secara langsung indahnya matahari terbit dan tenggelam.

Untuk mencapai Gundaling, dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Jarak yang ditempuh dari Kota Medan ke obyek wisata ini sekitar 60 km. Bukit Gundaling ini tak hanya ramai oleh wisatawan domestik, lho. Tetapi juga banyak dikunjungi wisatawan asing.

 

36. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap
Air Terjun Sikulikap

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Sikulikap, kita harus menempuh perjalanan dari gapura Air Terjun Sikulikap di sebelah kiri jalan dekat Gerbang Selamat Datang di Kabupaten Karo. Turun lewat anak tangga tak jauh dari gapura tersebut, butuh waktu sekitar 20 menit.

Setelah melewati hutan, barulah sampai di Air Terjun Sikulikap. Air terjun dengan ketinggian 30 meter ini memiliki banyak tebing di sekeilingnya. Banyak yang menggunakan tebing-tebing tersebut untuk olahraga panjat tebing.

 

37. Kebun Raya Tongkoh

Kebun Raya Tongkoh
Kebun Raya Tongkoh

Anda yang menyukai seni bercocok tanam sayuran, buah, bahkan tanaman hias, cocok mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Namanya Kebun Raya Tongkoh. Sesuai dengan namanya, obyek wisata ini memang terletak di Desa Tongkoh.

Sepanjang perjalanan di kiri dan kanan Desa Tongkoh ini banyak terdapat kebun warga, diantaranya kebun stroberi, markisa Brastagi, dan jeruk Brastagi yang dapat dipetik sendiri. Panorama alam Brastagi kian mempesona dengan latar belakang Gunung Sinabung dan bermacam warna dari tanaman hias yang memenuhi Desa Tongkoh.

 

 

38. Muara Tapanuli Utara

Muara Tapanuli
Muara Tapanuli

Salah satu kota kecil dekat Danau Toba bernama Muara. Ini adalah satu kecamatan di Tapanuli Utara. Indahnya Danau Toba dapat tampak jelas dari sini. Berbeda dengan kota atau daerah lain yang dipakai untuk melihat keindahan Toba.

Dari Muara kita bisa menikmati indahnya Danau Toba lewat berbagai sudut. Antara lain tepi pantai dengan perahu kecil, atas bukit, bahkan naik sedikit lewat jalan raya, Danau Toba pun telah memancarkan keindahan.

 

39. Desa Lingga

Desa Lingga
Desa Lingga

Desa ini letaknya di Kecamatan Simpang Empat, dari Kota Brastagi sekitar 15 km. Selain terdapat Museum Lingga yang memiliki aneka macam koleksi Kerajaan Karo masa lalu, ada pula rumah-rumah bersejarah yang usianya sudah lebih dari 250 tahun. Cikal bakal wilayah Karo, konon berasal dari daerah ini.

Desa yang cukup unik ini menjadi salah satu tempat wisata untuk melihat rumah adat yang sejak dahulu menjadi tradisi jaman nenek moyang. Tempat wisata di medan ini menjadi list yang wajib untuk di kunjungi saat berlibur.

 

40. Pemandian Air Soda Desa Parbubu Tarutung

Pemandian Air Soda Desa Parbabu Tarutung
Pemandian Air Soda Desa Parbabu Tarutung

Pemandian air soda ini adalah salah satu wisata alam yang perlu dicoba. Selain keindahannya, kita patut bangga karena pemandian yang satu ini hanya ada 2 buah di seluruh dunia, dan salah satunya adalah Indonesia.

Ditemani keindahan alam di sekitar kolam menjadikan tempat ini cukup memiliki banyak peminat, terlebih berendam air soda cukup jarang ada di beberapa tempat di Indonesia. Oleh karenanya, tempat ini tak pernah sepi pengunjung terlebih saat hari libur.

 

41. Bukit Kubu

Bukit Kubu
Bukit Kubu

Sesudah lewat Desa Tongkoh, kita akan melewati sebuah bukit bernama Bukit Kubu. Deretan pohon pinus lebat dengan rerumputan terbentang, membuat lokasi ini cocok untuk wisata keluarga.

Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat berpiknik di Bukit Kubu antara lain adalah main layang-layang, naik ATV dan kuda, juga menengok rumah persinggahan Presiden Soekarno saat jaman Belanda.

 

 

42. Funland Mickey Holiday

Funland Mickey Holiday
Funland Mickey Holiday

Seperti Dufan yang ada di Jakarta, Brastagi mempunyai Funland Mickey Holiday. Ada beragam wahana permainan menarik yang dapat kita coba, setidaknya berjumlah 34 buah.

Diantaranya adalah shoot game, rafling, paint ball, serta outbond, dan lain-lain. Kita bisa bermain sampai puas di semua wahana setelah membeli tiket all in one.

Tak hanya wahana permainan, disini juga dapat menikmati wisata lainnya seperti taman bermain dan wahana air yang menyenangkan. Berbagai macam restoranpun juga tersedia di tempat wisata ini.

 

Masih banyak pesona alam nan indah yang ada di Medan Sumatera Utara.

Suara Medan Organizer yang bekerjasama dengan Starrcomm Organizer dan beberapa lembaga pariwisata lainnya di Sumut siap menemani anda untuk mengunjungi pesona alam wisata di Medan Sumatera Utara Indonesia.

Kami memiliki Event Organizer yang melayani jasa untuk acara Outbound – Gathering – Study Banding – Kunjungan Dinas – dan Pemandu Wisata.

JASA WISATA MEDAN SUMATERA UTARA 061-80440514

Selamat menikmati keindahan Alam Sumatera Utara yang tidak akan pernah anda lupakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *