UMSU Gandeng Unimed Tingkatkan Mutu Lulusan

SUARAMEDANNEWS.com, Medan – Dalam meningkatkan mutu lulusan dan kualitas proses akademik, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggandeng Universitas Negeri Medan (UNIMED). Hal itu ditandai dengan penandatanganan MoU yang diawali dengan Kegiatan AA (applied approach) bagi dosen-dosen Fakultas Kedokteran (FK) UMSU, Kamis (23/3/2017) di Ruang Pertemuan FK UMSU, Jalan Gedung Arca, Kota Medan.

Penandatanganan MoU langsung ditandatangani Rektor UMSU, Dr Agussani MAP dan Rektor Unimed, Prof Dr Syawal Gultom MPd. Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur pimpinan UMSU, Sekretaris Rektor Gunawan MTh, para Dekan di lingkungan UMSU. Sementara dari Unimed turut hadir diantaranya Ketua LP2AI Prof Dr Effendi Napitupulu MPd, dan beberapa Guru Besar yang ditugaskan sebagai narasumber kegiatan AA.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan MoA antara Fakultas Kedokteran UMSU dengan LP2AI yang langsung di tandatangani Dekan FK UMSU, dr Ade Taufiq SpOG, dan Ketua LP2AI Unimed, Prof Dr Effendi Napitupulu MPd sebagai awal terlaksananya Kegiatan AA bagi dosen-dosen FK UMSU.

Rektor UMSU dalam sambutannya mengatakan pihaknya (civitas UMSU-red) sangat bangga dan berterimakasih kepada bapak Rektor Unimed, telah berkenan menjalin MoU dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Kita berharap melalui MoU ini, UMSU terus dapat meningkatkan kualitas sumber daya dosen dan mutu lulusan yang siap bersaing di pasar kerja. UNIMED sekarang sudah menjadi kampus terakreditasi A pertama dan satu-satunya di Sumut dan saya tahu kualitas dan mutunya tidak diragukan lagi. Atas dasar itu, kami bersyukur hari ini secara resmi telah menjalin kerjasama dengan Unimed. Semoga akan muncul energi positif di Unimed untuk kita tiru dan dikembangkan di kampus UMSU,” ujar Agussani.

Lanjut Agussani, langkah awal sebagai wujud nyata, mulai hari ini kita gandeng Unimed untuk melatih para dosen-dosen FK UMSU dalam kegiatan AA. Kegiatan tersebut bertujuan agar dosen FK UMSU dapat merancang, melaksanakan dan mengevaluasi proses perkuliahan secara baik dengan hasil maksimal yakni mampu melahirkan lulusan yang bermutu.

“Hari ini kita hadirkan tujuh orang Guru Besar Unimed untuk melatih dosen FK. Saya berharap kedepannya harus kita laksanakan juga bagi semua dosen di lingkungan UMSU, karena tidak mungkin mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan bermutu jika dosennya belum terstandar. Semoga kedepan bisa kita kembangkan dalam join supervisi pembimbingan mahasiswa Pascasarjana, join research, dan kegiatan akademik secara bersama,” terangnya.

Sementara itu, Rektor Unimed juga menyambut baik atas inisiasi Rektor UMSU untuk jalin kerjasama dengan Unimed.

“Kita pimpinan Unimed sangat menyambut baik kerjasama ini, dengan harapan apa yang menjadi tujuan dan harapan dapat kita capai bersama. Semoga pertemuan ini akan membawa kebaikan bagi kami Unimed dan UMSU dalam melakukan perubahan terbaik untuk kemajuan universitas kita,” ujar Syawal Gultom.

Selain itu, lanjut Syawal Gultom, dirinya berharap ada tindaklanjut secepatnya dalam bentuk kegiatan pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

“Kami sangat terbuka kepada semua pihak dalam menjalin kerjasama, baik bidang pendidikan, industri, pemerintahan dan lain sebagainya. Sesuatu hal yang baik kalau kita lakukan bersama dengan kesungguhan, pasti akan membuahkan hasil yang positif untuk kemajuan kampus yang kita banggakan,” pungkasnya. (FAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close