Kajari Samosir Pimpin Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum

 

Suaramedannews.com, Samosir – Kajari Samosir Andi Andika Wira Putera SH.MH Pimpin langsung pemusnahan barang bukti tindak pidana umum, yang diadakan di Kantor Kejaksaan Negeri Samosir.Selasa,(18/07/2023).

Dalam kegiatan pemusnahan barang bukti tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir yang di wakili Asisten 3 Pemerintah Kabupaten Samosir Rudi Siahaan, Kajari Samosir Andi Andika Wira Putera SH.MH, Kapolres Samosir yang di wakili Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean SH, Kalapas Kelas III Pangururan Krisman Ziliwu SH, Mewakili Danramil Pangururan Sertu T. Sihotang, dan Kabid Kesehatan dr. Ganda Nainggolan

Kajari Samosir Andi Andika Wira Putera SH.MH dalam sambutannya menjelaskan bahwa barang bukti yang akan dimusnahkan meliputi 775,3 gram ganja, 6,5 gram sabu serta sejumlah handphone yang digunakan sebagai sarana transaksi narkoba.

“pentingnya memusnahkan barang bukti tersebut agar tidak dapat digunakan lagi dalam tindak kejahatan” Jelasnya

Ditempat yang sama Wakapolres Samosir Kompol Saut Tulus Panggabean SH dalam kata sambutannya menambahkan bahwa pemusnahan barang bukti ini merupakan bukti nyata kinerja Kejaksaan Negeri Samosir yang sekaligus rangkaian dalam rangka memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-63.

“Hal ini juga menunjukkan komitmen aparat penegak hukum dalam memberantas tindak pidana”kata Wakapolres Samosir

Sebelum dilakukan pemusnahan, Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir melakukan pemeriksaan keaslian barang bukti narkoba dengan menggunakan alat tes, yang disaksikan langsung Kajari Samosir, Wakapolres, Asisten 3 Pemerintah Kab.Samosir.

Dari Hasil pemeriksaan Dinas Kesehatan menunjukkan bahwa narkoba jenis sabu dinyatakan positif. Adapun narkoba jenis ganja langsung diperlihatkan kepada seluruh peserta yang hadir.

Kemudian, Forkopimda Kabupaten Samosir yang juga hadir dalam acara tersebut memusnahkan barang bukti, dengan cara meletakkan semua barang bukti ke dalam drum kaleng dan membakarnya bersama-sama.

Langkah ini dilakukan sesuai dengan putusan Pengadilan Negeri Balige dan surat perintah dari Kepala Kejaksaan Negeri Samosir Nomor: Print-126/L.2.33/KPA.5/07/2023 tanggal 7 Juli 2023 yang memerintahkan pemusnahan barang bukti.

Bupati Samosir Vandi T.Gultom yang di wakili Asisten 3 Pemerintah Kab.Samosir Rudi Siahaan sebelum menutup kegiatan pemusnahan barang bukti tindak pidana umum, mengatakan Media sebagai alat kontrol, hari ini telah kita lihat sendiri bahwa kejaksaan Negeri Samosir telah menunjukkan transparansi dari tugas nya untuk melakukan pemusnahan barang bukti ini.

“Bapak Ibu sekalian hari ini kita telah menyaksikan pemusnahan barang bukti atas putusan pengadilan yang telah berkekuatan hukum tetap seperti yang disampaikan tadi oleh Kajari Samosir bahwa ini adalah wujud daripada transparansi tugas, bahwa seluruh Barang bukti yang telah disampaikan kekejaksanaan telah sama-sama kita lihat untuk dimusnahkan”

“saat ini kita telah menyaksikan sendiri bahwa apa yang telah dimusnahkan hari ini adalah benar-benar sesuai dengan ketentuan maka kami menyampaikan Terima kasih Pak Kajari atas kinerja hari ini, ini semua bisa terwujud cukup baik karena kita semua di Samosir selalu berkoordinasi”

“maka pada kesempatan ini kami ucapkan selamat dan berterimakasih kepada Kajari Samosir dan jajaran” tutup Asisten 3 Pemerintahan Kab.Samosir

Perlu di ketahui kegiatan Pemusnahan barang bukti tindak pidana umum ini menjadi langkah konkret dalam memberantas kejahatan dan memastikan bahwa barang bukti yang telah ditetapkan oleh pengadilan tidak akan kembali digunakan. Aparat penegak hukum di Kabupaten Samosir terus berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menegakkan supremasi hukum.

(Reporter:Fery Sinaga/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *