Warga Binaan Rutan Kelas I Medan Berkreasi Buat Sandal dan Tas

Suaramedannews, Medan – Tak henti-hentinya warga binaan (WB) Rutan Kelas I Medan Kanwil Kemenkumham Sumut berkreasi dalam pembuatan sandal dan tas. Bahkan saat ini mereka memunculkan produk hasil karya mereka yaitu model sandal dan tas tangan (hand bag) terbaru.

Dibawah naungan Bimbingan Kegiatan Kerja Rutan Kelas I Medan, mereka dilatih dan dibina di program manusia mandiri untuk membuat sandal, tas dan banyak lagi yang lainnya.

Hal ini dilakukan agar mereka mempunyai bekal hidup atau skill dan keterampilan ketika mereka bebas nantinya, sehingga mereka dapat berintegrasi kembali ke masyarakat.

Seperti yang kita lihat ada model sandal dan hand bag terbaru yang mereka buat dan jual di galeri Rutan Kelas I Medan. Bukan hanya di galeri, produk hasil karya mereka juga tersedia di Online Shop Tokopedia dengan nama BimkerRagusta.

“Jadi dengan menjual hasil karya tersebut mereka turut menyumbang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), juga mereka mendapatkan upah/premi dari hasil penjualan tersebut,” terang Kepala Rutan Kelas I Medan Nimrot Sihotang, kemarin.

Nimrot Sihotang, menjelaskan bahwa, ada sekitar 300-an orang warga binaan yang bekerja di program manusia mandiri. Seperti membuat paving block, ada membuat perabot berupa kursi dan meja, menjahit, membuat sandal, beternak, berkebun dan lainnya di bawah Koperasi Karya Harapan Mandiri.

“Sehingga bisa juga menghasilkan pendapatan negara bukan pajak sebesar Rp60 juta setahun, dan mereka juga mendapat upah,” ungkap Nimrot.

Dalam hal ini, kata dia, warga binaan sudah ikut serta membangun negara, meski persentase yang dihasilkannya kecil.

“Buat sahabat ragusta yang ingin membeli produk hasil karya warga binaan bisa langsung ke Tokopedia BimkerRagusta ya,” ucap Karutan promosikan hasil karya warga binaan.(Rel/Ron)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *