Dalam Tausiah Idul Adha Kyai Amir Panatagama “Hikmah Ibadah Kurban dan Haji Terlihat dari Lima Dimensi”

Suaramedannews.com, Deliserdang – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deliserdang, Kyai Amir Panatagama bertindak sebagai Khatib di ibadah Shalat Idul Adha 1443 H yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Deliserdang bersama ribuan umat muslim di Lapangan Tengku Raja Muda, Lubukpakam, (10/07/2022).

Dalam khutbah setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha yang dipimpin Imam Miftahuddin Nasution SH tersebut, Ketua MUI Deliserdang menyampaikan, dalam rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha 1443 H, pada ibadah kurban dan haji terdapat berbagai hikmah yang bisa terlihat dari lima dimensi, yakni agama, jiwa, akal, keturunan, serta harta.

“Kesemuanya itu menunjukkan ketaatan kita kepada Allah, sejatinya adalah untuk kemaslahatan kita sendiri. Dan perintah Allah sejatinya adalah bentuk cintaNya kepada hambaNya. Maka marilah kita jalani ibadah ini dengan penuh cinta kepadaNya,” ajak Kyai Amir Panatagama.

Setelah pelaksanaan Shalat Idul Adha, Bupati didampingi Wakil Bupati, HM Ali Yusuf Siregar dan Sekda, Darwin Zein SSos melepas dan menyerahkan hewan kurban kepada panitia untuk disembelih di pelataran parkir Kantor Bupati Deliserdang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Kurban Pemerintah Kabupaten Deliserdang, yang juga Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setdakab Deliserdang, H Mukti Ali Harahap MSi dalam laporannya mengatakan, keseluruhan hewan kurban yang berasal dari Aparatur Sipil Negara sejajaran Pemkab Deliserdang pada Idul Adha kali ini sebanyak 6.664 ekor lembu dan 4.743 kambing.

Jumlah sebanyak itu, sebut Mukti, tersebar di seluruh desa/kelurahan di Kabupaten Deliserdang.

“Saat ini kami juga laporkan, hewan kurban yang disiapkan Sekretariat Daerah Kabupaten Deliserdang berjumlah 41 ekor lembu dan lima ekor kambing. Dari 41 ekor lembu itu, 20 ekor akan kita distribusikan ke beberapa tempat di Kabupaten Deliserdang. sedangkan untuk di Sekretariat Daerah, jumlah hewan kurban terdiri dari lembu 21 ekor dan kambing lima ekor,” jelas Mukti Ali.

Untuk kupon yang didistribusikan, terang tokoh ormas keagamaan Islam yang juga tokoh pesantren ini, sebanyak 2.200 lembar.

Hadir mendampingi Bupati dalam penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban tersebut, Ketua TP PKK Deliserdang, Hj Yunita Ashari Tambunan, Wakil Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar dan istri, Sekretaris Daerah Deliserdang Darwin Zein SSos beserta istri, para asisten, seluruh OPD Pemkab Deliserdang, Camat Lubukpakam Danang Purnama Yudha SSTP MAP beserta istri, Sekcam Lubuk Pakam, Yudhi Aditya Sita SSTP beserta istri, Lurah Petapahan M Bob Widiansyah SSTP, Lurah Tanjungmorawa Pekan Fuad Ikhwan Hasibuan SSTP.

(Reporter:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *