Poto bersama pada acara Pembukaan Pembentukan Satgas Bela Negara Kwardasu.

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara Bentuk Satgas Bela Negara

suaramedannews.com – Medan – Gerakan Pramuka berperan dalam menanamkan rasa cinta tanah air, menumbuhkan kesadaran berbangsa dan bernegara, menanamkan kesetiaan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, menanamkan sikap rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan membekali kemampuan awal bela Negara.

Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumatera Utara, turut berpartisipasi dalam penaman cinta tanah air melalui pembentukan dan seleksi satuan tugas  (satgas) Bela Negara melalui kegiatan selama tiga hari sejak Jumat – Minggu (16-18 /9/2022) melaksanakan Pembentukan Satgas Bela Negara, di Upt Mekanisasi Pertanian Jl AH Nasution, Pangkalan Masyhur Medan.

Ketua Kwarda Sumut, H Nurdin Lubis SH MM , saat membuka Kegiatan ini, mengatakan dalam sambutannya bahwa Kegiatan Bela Negara sangat sesuai dengan kode kehormataan Satya dan Darma Gerakan Pramuka, sehingga adik-adik peserta kegiatan ini adalah yang akan menjadi generasi penerus bangsa pada masa yang akan datang.

Kegiatan tersebut menapilkan materi kognitif dan implementatif yang sangat mendukung program bela negara dan cinta tanah air. Menurutnya, tujuan dan program dalam pramuka menjadi salah satu pertimbangan pemerintah akhirnya mengatur kedudukan pramuka dalam undang-undang Pramuka.
“Sebelumnya, pramuka hanya diatur melalui kepres, yaitu Kepres RI Nomor 238 Tahun 1961. Lalu tahun 2010 diperkuat dalam UU No 12. Artinya, gerakan pramuka sangat diperhitungkan sebagai faktor pendukung program bela negara,” Kata Nurdin

Kolonel Azhar Muliyadi, SE selaku Wakil Ketua Bidang Bela Negara di Kwartir Daerah Sumatera Utara, memberi apresiasi kepada para peserta, panitia dan semua pihak sehinnga kegiatan dapat berlangsung dengan baik.

Ketua Panitia Kak Supriadi mengatakan Sementara ini kegiatan di ikuti oleh 64 anggota Pramuka Penegak dan Pandega Utusan Dari Kwartir Cabang yang ada dalam Wilayah Kwartir Daerah Sumut. Kegiatan ini juga merupakan seleksi awal untuk calon peserta kontingen kwardasu pada kegiatan kemah bela negara nasional yang akan di gelar pada bulan desember 2022 di Bengkulu.

Pembukaan Pembentukan Satgas Bela Negara Ini juga di hadiri oleh sejumlah pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Sumut. (Harianto/Editor Supriadi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.