Inovasi Dari Desa Tanjung Bunga, Launching Kapal Tongkang Pengangkut Eceng Gondok

Suaramedannews.com, Samosir – Seperti diketahui Danau Toba selalu menyuguhkan pemandangan alam yang cukup indah, namun keindahan tersebut agak sedikit terganggu karena tumbuh suburnya Eceng Gondok di perairan Danau Toba.

Demi menjaga keindahan alam dan mendukung program Pemkab Samosir, Desa Tanjung Bunga, Kecamatan Pangururan, Launching Kapal Tongkang Pengangkut Eceng Gondok di tepi danau Toba belakang kantor Desa, Kamis,(25/04/2024).

Kapal tongkang yang dibuat dari anggaran dana desa tersebut bertujuan untuk mengangkut Eceng Gondok Yang selalu mengambang di perairan Danau Toba tepatnya yang mengambang di dekat perairan Pulau Samosir.

Eceng Gondok yang nantinya diangkut ke kapal tongkang langsung di cacah menggunakan mesin pencacah, yang nantinya akan dilanjutkan untuk diolah menjadi pupuk organik.

Launching kapal tongkang pengangkut Eceng Gondok dihadiri langsung, Camat Pangururan Robintang Naibaho, Kepala Desa Tanjung Bunga Lasper Sitanggang, Kabid Pemanas Dinsos Donal Silalahi, Ketua PKK Desa Tj Bunga, BPD Tj Bunga, PPL dan masyarakat Desa Tanjung Bunga.

Kepala Desa Tanjung Bunga Lasper Sitanggang dalam sambutannya menjelaskan pembuatan Kapal Tongkang Pengangkut Aceng Gondok berasal dari Dana Desa Tanjung Bunga Tahun 2023.

“Anggaran dana pembuatan Kapal Tongkang Pengangkut Aceng Gondok yang saat ini sedang kita naikki berasal dari anggaran dana Desa Tanjung Bunga Tahun 2023″beber Lasper Sitanggang

Ditambahkan, Kepala Desa berharap dengan diresmikannya kapal tongkang pengangkut Aceng gondok, bisa membersihkan Danau Toba dari Aceng gondok.

“Kelak Aceng gondok yang diangkut akan kita buat menjadi pupuk organik atau pupuk kompos, karena belakangan ini telah terjadi kelangkaan pupuk, akhirnya Desa Tanjung bunga berinisiatif membuat pupuk organik yang layak untuk petani kita”tutup Kepala Desa Tanjung Bunga

Ditempat yang sama Camat Pangururan Robintang Naibaho mengapresiasi launching kapal tongkang pengangkut Eceng Gondok yang kelak bisa menjadi contoh untuk desa yang dekat dengan danau Toba.

“Saya sangat mengapresiasi atas inisiatif Kepala Desa Tanjung Bunga dan masyarakat Tanjung bunga yang berinisiatif membuat kapal tongkang pengangkut Eceng Gondok, karena ini loncatan baru bagi kemajuan pertanian, bagi kepedulian lingkungan maupun peningkatan pariwisata di Kabupaten Samosir”kata Camat Pangururan

“Maka dari kegiatan ini kami berterima kasih kepada Pak Kades, Staf dan masyarakat Desa Tanjung Bunga, Semoga kapal tongkang ini bisa bermanfaat dan mendukung perekonomian masyarakat di Desa Tanjung Bunga melalui pupuk organik sekaligus bisa untuk membersihkan danau toba, sebagai destinasi super proritas”tambah Robintang Naibaho

Hal senada di sampaikan Kabid Penmas Donal Silalahi mewakili Kadis Dinas Sosial Samosir Mengapresiasi dan penghargaan kepada Desa Tanjung Bunga.

“Saya mewakili Kadis Sosial Samosir mengapresiasi dan memberi penghargaan kepada Desa Tanjung Bunga, karena telah membuat inovasi membuat kapal pengangkut Eceng gondok, kalau dari filasofi undang undang desa, inilah yang kita harapkan, artinya desa membuat inovasi yang bermanfaat bagi semua masyarakat” tutupnya

Kegiatan launching kapal tongkang pengangkut Eceng gondok ditutup dengan acara adat untuk ucap sukur atas berjalannya lancar kegiatan peresmian.

(Reporter:Fery Sinaga/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *