Langkah Konkrit Cetak 1.000 Kader Pengusaha Muda : Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel Dirikan Koperasi Produsen

suaramedannews.com, Medan – Menindaklanjuti Pelatihan Kewirausahaan di Aula Dispora Sumut, Sabtu, 19 Maret 2022, Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel terus melakukan langkah yang konkrit dan progresif dengan melakukan pembentukan dan pendirian Koperasi Produsen Majuma Pemuda Tabagsel di Doktor Kopi Jl.Selamat Ketaren Blok Q No.22-23 MMTC Percut Sei Tuan.Kamis, (24 Maret 2022)

Narasumber Jusuf Pardosi menyampaikan materi Prosedur dan Tata Cara Pembentukan dan Pendirian Koperasi (foto:Indra Matondang / dok.suaramedannews.com)

Agenda Pembentukan Koperasi ini sebelumnya didahului dengan Penyuluhan Pembentukan Koperasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara yang diwakili Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi Pugo Irfan Sukmo Utomo, SP M.Si didampingi Petugas Penyuluh Koperasi Jusuf Pardosi, SE dan Jhon Fredy Lumbanraja, SE.

Dalam perhelatan tersebut Ketua PP Pemuda Tabagsel, Marwan Ashari Harahap dalam sambutannya mengatakan bahwa penyuluhan koperasi yang dirangkai dengan Rapat Pembentukan Koperasi Majuma Pemuda Tabagsel adalah sebagai implementasi dari estafeta Pelatihan Kewirausahaan Pemuda Tabagsel sekaligus sebagai langkah progresif untuk mencetak 1000 kader wirausahawan Pemuda Tabagsel.

“Kita terus bergerak mewujudkan RTL (rencana tindak lanjut – red) Pelatihan Kewirausahaan yang baru saja kita lakukan,” ungkap Marwan.

“Ini juga sebagai langkah konkrit mewujudkan visi dan misi Pemuda Tabagsel mencetak 1000 kader pengusaha muda,” imbuhnya.

“Pendirian Koperasi ini bertujuan untuk memberdayakan dan memback-up UKM dan pelaku usaha yang dijalankan oleh Pemuda dan masyarakat Tabagsel”, sambung Marwan.

lanjutnya, “Dengan adanya koperasi diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan dan memajukan perekonomian khususnya anggota Pemuda Tabagsel dan masyarakat Tabagsel pada umumnya.”

Pada kesempatan yang sama setelah sambutan Marwan, mewakili Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut, Pugo Irfan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Koperasi pada masa kini adalah Koperasi yang modern, atau koperasi yang berbasis digital.

“Mulai dari penyediaan bahan baku dan proses produksinya dapat dikerjakan sendiri oleh Koperasi itu sendiri dan pemasarannya mengikuti perkembangan laju kemajuan IT”, jelas Kepala Seksi Kelembagaan Koperasi ini.

Sebagai motivasi, Pugo mengatakan, “Kegiatan UKM di Koperasi Pemuda Tabagsel boleh melakukan kegiatan pengadaan barang jasa di OPD-OPD, Sesuai amanat Peraturan Presiden, ia juga menambahkan “Pemerintah wajib mengalokasikan minimal 40% belanja Pengadaan Barang dan Jasa kepada UMK dan Koperasi.

“Untuk itu koprasi yang ingin di bentuk harus sudah mempunyai akte pendirian dan berkas pendukung, otomatis Koperasi sudah bisa langsung mengikuti Pengadaan Barang dan Jasa di Instansi Pemerintah”, jelasnya.

“Perizinan-perizinan lainnya, mengikuti peraturan, sesuai dengan OSS, KBLI-nya harus diurus di Dinas Perizinan dan harus terdaftar di LPSE”, tambahnya.

Selanjutnya, Pugo juga menghimbau Pemuda Tabagsel agar berkomitmen, “Jangan hanya sekedar melakukan pembentukan koperasi yang tadinya berniat untuk membesarkan usaha-usaha anggotanya, tetapi setelah besar cuma menjadi kepentingan beberapa kelompok saja”, pesannya.

Sesi acara dilanjutkan dengan pemaparan langkah-langkah dan tata cara membentuk dan mendirikan koperasi yang disampaikan narasumber Petugas Penyuluh Koperasi, Jusuf Pardosi, didampingi Jhon Fredy Lumbanraja dan dipandu moderator M Indra Matondang yang didengarkan dan disimak oleh sejumlah 20-an pengurus dan anggota Pemuda Tabagsel yang hadir.

Selesai Penyuluhan Koperasi, sebagai bentuk penghormatan dan rasa terima kasih Pemuda Tabagsel, Marwan Ashari Harahap didampingi Sekretaris Umum, M Sulyan Pulungan, M.Pd memberikan cenderamata kepada Dinas Koperasi dan UKM Sumut yang diterima Pugo Irfan Sukmo Utomo yang disaksikan Jusuf Pardosi, Jhon Fredy, dan sejumlah Pimpinan Pusat Pemuda Tabagsel serta seluruh peserta penyuluhan yang hadir.

Usai penyuluhan, acara dilanjutkan dengan Rapat Pembentukan dan Pendirian Koperasi yang berhasil menghasilkan keputusan di antaranya pemilihan nama koperasi yang diberi nama Koperasi Majuma Pemuda Tabagsel dan memilih Koperasi Produsen sebagai jenis koperasi.

Selain itu Rapat Pembentukan Koperasi juga menghasilkan keputusan terpilihnya Ishak Juharsa Harahap, SE M.Si sebagai Ketua Koperasi, M Indra Matondang SE sebagai Sekretaris dan M Sulyan Pulungan M.Pd sebagai Bendahara serta beberapa rancangan anggaran dasar dan beberapa keputusan lainnya.

Serah terima sukarela dari Ketua terpilih Ishak Jurharsa Harahap SE, M.Si kepada bendahara terpilih Mhd Sulyan Pulungan M.Pd

Di penghujung acara, sebagai peletakan modal dasar pertama koperasi sekaligus menjadi inspirasi, motivasi dan penggugah semangat berkoperasi, Ishak Juharsa, menyerahkan Simpanan Sukarela sebesar Rp 5.000.000 yang diterima oleh Bendahara terpilih M Sultan serta disaksikan Ketua Umum Marwan Ashari Harahap dan seluruh pengurus dan anggota Pemuda Tabagsel.

(Penulis:Amri Harahap/Editor:Indra Matondang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.